KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Jakarta,  Saat ini Indonesia dalam keadaan darurat ekologis yang mengancam kelangsungan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Karena itu Walhi bersama rakyat pengelola sumber daya alam, organisasi masyarakat sipil, dan unsur lainnya mendesak pemerintah kini dan ke depan menjalankan dan
selengkapnya....


 


 
BERITA KESEHATAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
KESEHATAN

Postpartum Seorang Ibu Butuh Perhatian
Oleh : Argopandoyo Tri Hanggono | 22-Jul-2017, 22:35:03 WIB

KabarIndonesia - Menyambut kelahiran seorang bayi pada umumnya menjadi suatu kebahagiaan bersama para orang tua dan keluarga besar. Namun di antara kebahagiaan itu, sering diabaikan atau tidak ada yang memperhatikan adanya ketidakbahagiaan yang berlangsung.

Ya! begitu ada terjadi, karena ternyata beberapa ibu yang melahirkan tidak selalu merasa bahagia, tapi justeru merasa bersedih. Rasa tidak bahagia pada ibu setelah proses melahirkan itu diakibatkan oleh depresi yang menimbulkan rasa sedih mendalam. Bila rasa sedih itu berkelanjutan maka akan menimbulkan rasa bersalah dan berujung pada keputusasaan.

"Depresi saat melahirkan ini disebut postpartum depression". ungkap Anisa Cahya, voluntir dari MotherHope Indonesia. Menurut pengajar di Akademi Kebidanan Sentra Bina Yudhistira, Tangerang Banten ini, setiap ibu melahirkan berpotensi postpartum.

Banyak penyebab terjadinya postpartum misalnya, si ibu merasa tidak siap dengan kehamilan, merasa ada gangguan pada bayinya saat dalam kandungan, "Atau juga karena kehamilan yang tidak diharapkan," papar lulusan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Kehamilan yang tidak diharapkan itu bukan hanya akibat kejahatan seksual, tapi juga termasuk akibat ekonomi, fisik, psikologi, dan sosial. Stigma masyarakat seperti anggapan ibu yang tidak menyusui sebagai ibu yang tidak ideal, serta beberapa anggapan yang membuat si ibu tertekan.

Lalu kondisi itu menimbulkan tekanan dari dalam diri si ibu itu sendiri. Di masyarakat Indonesia, postpartum adalah kasus depresi yang mencapai 13% sampai 18%, sedang 80% terdapat kasus lain termasuk kasus depresi ringan dan umum, yaitu babyblues. Sisa dari semuanya adalah kasus depresi terberat dari semua tingkatan kasus, yaitu postpartum phsychosis. Penanganan postpartum biasanya dilakukan dengan melakukan identifikasi gejala atau perubahan sikap pada si ibu yang baru melahirkan.

Pengidentifikasian itu adalah dengan melihat ekspresi si ibu, serta memperhatikan apa yang diucapkan, serta perkembangan (kesehatan) fisiknya. "Penanganan harus dilakukan secepatnya," begitu ungkap Anisa yang juga Dosen Akademi Kebidanan  Bhinneka Jakarta Satu. "Mengingat dampak depresi dari seorang ibu, sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak,"paparnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Mengenang Hari Juang Kartika 13 Des 2017 11:39 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia