KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Olah RagaJadwal Piala Dunia 2018 oleh : Badiyo
13-Jun-2018, 04:50 WIB


 
 
KabarIndonesia – Pesta sepak bola terakbar di dunia akan segera dimulai. Piala Dunia 2018 akan diselenggarakan di Russia mulai tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018.

Sebanyak 32 tim nasional akan berlaga di putaran final Piala Dunia 2018.
selengkapnya....


 


 
BERITA KESEHATAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

Surat Untuk Wakil Rakyat 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Miris, Pertahun 40 Juta Kehamilan yang Tidak Dikehendaki Berakhir dengan Aborsi

 
KESEHATAN

Miris, Pertahun 40 Juta Kehamilan yang Tidak Dikehendaki Berakhir dengan Aborsi
Oleh : Wahyu Ari Wicaksono | 26-Sep-2017, 22:22:03 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Miris melihat data yang ditemukan dari Global Figure Data, World Contraception Day 2017 yang  menyatakan bahwa setiap tahun di dunia terdapat  80 juta kelahiran dari kehamilan yang tidak dikehendaki. Yang lebih mengerikan lagi 40 juta kelahiran itu berakhir dengan aborsi. Dan ternyata 16 juta kelahiran tersebut datang dari wanita usia muda antara 15 sampai dengan 19 tahun, usia yang berisiko tinggi untuk melahirkan. Bagaimana dengan Indonesia? Menurut data BKKBN tahun 2016 terdapat 4 juta kelahiran setiap tahunnya. Jumlah 4 juta kelahiran ini setara dengan penduduk Singapura.

Fakta-fakta diatas akan terus diingatkan kepada khalayak ramai pada momentum Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia, yang jatuh setiap tanggal 26 September. Hari Kontrasepsi Sedunia diperingati guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkeluarga berencana, dengan tujuan menurunkan angka kehamilan yang tidak diinginkan, menurunkan angka aborsi, menurunkan angka kematian ibu dan anak serta mewujudkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan bagi wanita, anak-anak dan keluarga.

Dalam rangkaian Hari Kontrasepsi Dunia, Kontrasepsi Andalan menggelar acara #ThanksToBirthPlanning, yang bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat akan arti pentingnya penggunaan kontrasepsi. Ditemui di acara ini, Aditya Anugrah Putra, GM Family Planning & Reproductive Health DKT Indonesia yang juga membawahi Kontrasepsi Andalan, mengungkapkan, “Berdasarkan data terkini dari World Contraception Day Coallition diperkirakan bahwa penggunaan kontrasepsi dapat mengurangi 112 juta aborsi, 1,1 juta kematian bayi, dan 150 ribu kematian ibu. Bahkan, setiap 1 dolar yang diinvestasikan untuk kontrasepsi, dapat menghemat 1,47 dolar dalam perawatan kesehatan untuk kehamilan. Hal tersebut juga berdampak pada berkurangnya jumlah angka kematian ibu melahirkan, dan juga angka kematian bayi yang baru lahir”.
Di hari ini pula, Kontrasepsi Andalan meluncurkan Tools Kontrasepsi bit.ly/ToolsKontrasepsi, yang dapat digunakan ketika merencanakan penggunaan kontrasepsi bagi wanita Indonesia. “Memahami bahwa pemilihan kontrasepsi merupakan hak personal bagi setiap wanita, untuk itu kami meluncurkan Tools Kontrasepsi, sehingga memudahkan setiap wanita dapat memilih kontrasepsi yang tepat berdasarkan kondisi kesehatan dan kenyamanannya”. Sementara itu, Direktur Kesehatan Keluarga Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, Dr. Eni Gustina, MPH mengungkapkan, “Penelitian telah menunjukkan bahwa kontrasepsi, merupakan alat investasi kesehatan untuk menyelamatkan kehidupan dan meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak. Pada skala global, kontrasepsi memainkan peran penting dalam memberikan kontribusi bagi bagi tujuan pembangunan berkelanjutan jangka panjang, khususnya dalam penurunan Angka Kematian Bayi dan Angka Kematian Ibu“.

Manfaat Kontrasepsi Bagi Kesehatan Wanita

Salah satu kendala penggunaan kontrasepsi di Indonesia adalah masih banyaknya mitos serta miskonsepsi mengenai penggunaan kontrasepsi yang beredar di masyarakat. Ditemui di acara yang sama, spesialis kandungan Brawijaya Women & Children Hospital dr.Tirsa Verani, Sp.OG menanggapi “Kontrasepsi memainkan peran penting dalam kesehatan fisik dan emosional seorang wanita. Kontrasepsi memungkinkan wanita menjadi orang tua yang lebih baik; Pasangan yang merencanakan anaknya cenderung lebih berbahagia. Sementara pasangan yang mengalami kehamilan tidak direncanakan, sering mudah depresi dan cemas. Lebih lanjut, mereka yang tidak siap menjadi orang tua lebih cenderung mengembangkan hubungan buruk dengan anak mereka. Selain itu pula, kehamilan dengan jarak yang berdekatan salah satunya dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat lebih rendah”. 

“Selain itu, seiring dengan kemajuan riset dan kebutuhan wanita masa kini, kontrasepsi generasi baru diciptakandengan memberi nilai lebih. Ada yang memiliki kandungan zat besi, dapat membantu mencegah jerawat, membuat kulit halus, serta berbagai manfaatkecantikan lainnya. Sehingga semakin menambah kualitas bagi penggunanya,” pungkas dr.Tirsa. (*)
Keterangan Foto:

Brand Ambassador kondom sutra yaitu duo biduan ikut mengkampanyekan “Ayo, Pakai Kondom Untuk Kontrasespsi” pada media gathering Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia yang digelar oleh DKT Indonesia.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Buka Puasa Bersama di Aula Katedral Jakartaoleh : Rohmah S
01-Jun-2018, 01:15 WIB


 
  Buka Puasa Bersama di Aula Katedral Jakarta Sebagai wujud dari aksi untuk menguatkan toleransi, persaudaraan dan solidaritas kemanusiaan, mengusung tema "Gereja Katedral dan Kerja Bakti Demi Negeri" menggelar Buka Puasa Bersama yang diadakan bertepatan dengan peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2018.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Peradaban Barat dan Timur 22 Mei 2018 13:51 WIB

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia