KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKota Pintar akan Ciptakan Peluang Besar, Bagaimana dengan Indonesia? oleh : Rohmah Sugiarti
20-Mei-2017, 05:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sejumlah negara di dunia, menerapkan kemajuan teknologi informasi pada proses adaptasi untuk melahirkan model pendekatan pembangunan yang relatif baru yang disebut Kota Pintar (Smart City).

Kota Pintar didesain mampu meningkatkan produktivitas manusia yang tinggal di dalamnya,
selengkapnya....


 


 
BERITA KESEHATAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Kesdam III Siliwangi Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

 
KESEHATAN

Kesdam III Siliwangi Tingkatkan Pelayanan Kesehatan
Oleh : Stanley Teguh | 18-Nov-2016, 16:06:22 WIB

Kabar Indonesia-Bandung, Kesehatan Kodam III/ Siliwangi merupakan salah satu dari Badan Persida Kodam yang memiliki fungsi dan tugas mendukung kesehatan, baik kesehatan Prajurit dan PNS serta keluarganya dan melayani kesehatan masyarakat umum di wilayah Kodam III/Siliwangi.

Dukungan dan pelayanan kesehatan ini dilaksanakan melalui Rumah Sakit (tingkat II, Tingkat III, Tingkat IV),  Poliklinik yang berada di setiap Satuan, serta beberapa Pusat Pelayanan Kesehatan I (PPK I) jajaran Kodam III/Siliwangi.

Satuan-satuan di bawah Kodam III/Siliwangi merupakan satuan yang mendapatkan pelayanan kesehatan baik secara preventif, kuratif, rehabilitatif dan promotif oleh Kesdam III/Siliwangi. Sedangkan satuan di luar jajaran Kodam III/Siliwangi tetapi berada di wilayah Kodam III/Siliwangi menjadi bagian pembinaan secara fungsi medik oleh Kesdam III/Siliwangi.

Oleh karena itu Kesdam III/Siliwangi selaku staf pembantu di bidang kesehatan bagi personil militer, PNS dan keluarganya selalu berusaha menjaga, mempertahankan dan memperbaiki kualitas kesehatan personil, PNS dan keluarga di jajaran Kodam III/Siliwangi dan satuan yang berada di wilayah Kodam III/Siliwangi.  

Kapendam III/Siliwangi Kol. MD Arianto menjelaskan kepada KabarIndonesia, hari Kamis (10/11) bahwa upaya yang dilakukan oleh Kesdam dan jajarannya tidak hanya sekedar memperbaiki atau menyembuhkan anggota yang sakit menjadi sehat seoptimal mungkin, tetapi juga melakukan pemeliharan secara rutin terhadap kesehatan Prajurit, PNS serta keluarganya.

Pemeliharaan kesehatan prajurit, PNS dan keluarganya dilakukan melalui cek-up kesehatan berkala setiap 6 bulan sekali kepada prajurit dan PNS dengan kualifikasi usia tertentu. Pemeriksaan kesehatan berkala dilaksanakan sesuai dengan jumlah alokasi yang disediakan bagi personil Kodam III/Siliwangi dan satuan di wilayah Kodam III/Siliwangi.

Selain pemeriksaan berkala, Kesdam juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi pasukan yang akan melaksanakan tugas operasi dan pulang dari penugasan. Karena hal ini merupakan program pemeliharaan pasukan dan personil maka senantiasa dilaksanakan secara berkelanjutan. 
Peningkatan pelayanan Kesehatan yang telah dilakukan dan akan terus diupayakan, sesuai visi dan misi Puskesad yang juga harus di realisasikan oleh Kesdam III/Siliwangi. Visi tersebut adalah “Menjadi Penyelenggara dan Pelaksana Dukkes dan Yankes yang dipercaya.” Visi tersebut diwujudkan melalui misi menyelenggarakan dan melaksanakan pelayanan kesehatan yang prima, dukkes yang handal serta melaksanakan fungsi organik dengan saksama.

Melalui Visi dan Misi Puskesad tersebut maka Kesdam III/Siliwangi akan terus berupaya melaksanakan Dukkes dan Yankes yang bertanggungjawab dan bisa diandalkan serta melaksanakan pelayanan kesehatan secara prima dengan melaksanakan fungsi organik secara saksama. Untuk itu, Kakesdam III/Siliwangi beserta staf jajarannya senantiasa berupaya meningkatkan profesional personil kesehatan serta pemberian pelayanan dan dukungan kesehatan yang lebih baik dari hari ke hari.  
Hal-hal yang sudah dilakukan adalah membuat pelayanan kesehatan melalui PPK 1 dan 2 semaksimal mungkin. Diawali dengan sosialisasi kepada segenap personil militer, PNS dan keluarganya cara menggunakan layanan BPJS dengan mudah. 
Selanjutnya masing-masing institusi kesehatan yang ditunjuk sebagai PPK1 dan PPK2 di wilayah Kodam III/Siliwangi terus memperbaiki sarana dan prasarananya agar layak pakai dan layak pandang sehingga menimbulkan kenyamanan dan keamanan bagi pasien yang berkunjung di PPK1 dan PPK2.

Disamping itu dilaksanakan berbagai kegiatan preventif yaitu Penyuluhan, pemberian pamlet, brosur dan poster ke satuan-satuan wilayah Kodam III/Siliwangi, pemeriksaan narkoba, HIV, pemberian vaksin kepada perserta didik serta pelaksanaan kesehatan lingkungan, KKB dan kegiatan Peerleader HIV AIDS.

Selain memberikan dukungan kesehatan bagi angota dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum, Kesdam III/Sliwangi juga melaksanakan pemeriksaan kesehatan militer pada saat penerimaan personil baik militer maupun PNS,Tugas lainnya yang dilaksanakan Kesdam adalah pemberian dukungan kesehatan kepada setiap kegiatan personil yang dinilai perlu untuk mendampingi dalam menjalankan kegiatan lapangan, berkaitan dengan hal tersebut tim kesehatan lapangan yang melaksanakan kegiatan dukungan kesehatan ini memiliki tugas termasuk pemeriksaan food security.Untuk kegiatan food security ini diberikan bagi Presiden RI dan keluarganya, Wakil Presiden RI dan keluarganya, Panglima TNI, dan Kasad.

Selain kegiatan kedinasan, juga melayani kegiatan non kedinasan pada saat hajatan / kegiatan yang dimaksudkan melibatkan personil tersebut di atas. Kesdam III/Siliwangi memiliki beberapa rumah Sakit dan Pusat Pelayanan Kesehatan I (PPK I) untuk melakukan Dukungan Kesehatan dan Pelayanan kesehatan. Saat ini semuanya telah ditingkatkan, baik dari segi fasilitas maupun kemampuan sumber daya manusianya.

Kesdam memiliki 6 buah rumah sakit, yang tersebar di wilayah Jawa Barat dan Banten. Rumah Sakit tersebut adalah Rumah Sakit tingkat II Dustira Cimahi, Rumah Sakit Tingkat III Ciremai di Korem 063/SGJ Cirebon, Rumah Sakit Tk IV Sariningsih di Kota Bandung, Rumah Sakit Tk.IV Kencana di Korem 064/MY Serang, Rumah Sakit Tk.IV Salak di Korem 061/SK Bogor, serta Rumah Sakit Tk.IV Guntur di Korem 062/TN Garut.***: *)

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babeloleh : Rohmah Sugiarti
17-Mei-2017, 12:26 WIB


 
  Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babel Gubernur Babel Erzaldi Rosman (berdiri) menyemangati peserta Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 didampingi Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana UI Emil Salim (kedua kiri) dan Wamen Diknas RI 2010-2012 Fasli Jalal (ketiga kanan), Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013 Hardinisa
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia