KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiIkuti Program-Program Istimewa Selama Masa Pendaftaran PMOH oleh : Redaksi-kabarindonesia
21-Jan-2018, 03:19 WIB


 
 
KabarIndonesia - Selamat Tahun Baru! "Tahun Baru, Aktifitas Baru" adalah suatu pernyataan yang umum dan sering kita dengar. Di tahun baru 2018 ini, adakah aktifitas baru yang akan Anda lakukan? Bila Anda menyukai dunia tulis-menulis atau ingin belajar menulis, bergabunglah bersama
selengkapnya....


 


 
BERITA KESEHATAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sekeping hati 06 Jan 2018 16:05 WIB

 

 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
KESEHATAN

Dua Persen di Kendari, Remaja Mengaku Pernah Berhubungan Bebas
Oleh : Rustam | 22-Des-2008, 15:44:38 WIB

KabarIndonesia, Kendari -  Ternyata dua persen usia remaja di Kendari pernah melakukan hubungan seks. Kantor Wilayah Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat ada sekitar 2 persen remaja putri dan putra di kota Kendari berusia 14-19 tahun pernah melakukan hubungan seks. Ini belum termasuk 11 kabupaten dan kota se-Sultra. Sedangkan jumlah remaja di Sultra saat ini mencapai 31,40 persen.

Angka ini lebih besar dari nasional  yang mencapai 34,70 persen (perempuan) dan 30,90 persen (laki-laki). Sedangkan remaja putri dan remaja putra yang bersusia 20-24 tahun lebih tinggi yakni 48,60 persen dan 476,50 persen.

Kepala BKKBN Sultra  Djohansyah mengatakan, perilaku remaja yang melakukan hubungan seks pranikah akibat rendahnya pengetahuan mereka tentang Kesehatan Repoduksi Remaja (KRR) dan hubungan pergaulan bebas. Peran orang tua di rumah sangat penting mengendalikan perilaku putra dan putri remaja mereka.
Menurut Djohansyah, akibat pemahaman yang rendah remaja putri dan remaja putra usia 15-24 tahun yang mengetahui masa subur hanya 29 persen dan 32,30 persen saja, dan yang mengetahui resiko kehamilan jika melakukan hubungan seksual diusia tersebut adalah 49,50 dan 45,50 persen.

Tidak hanya perilaku seks, separuh atau 2,70 persen dari kasus AIDS di Indonesia adalah kelompok remaja berusia 15-19 tahun, dan umur 20-29 tahun mencapai 54,70 persen. Sedangkan penyalahgunaan narkoba pada usia yang sama mencapai 78 persen dari 3,2 juta penduduk Indonesia yang menggunakan napza.

"Sekalipun di Sultra kasus AIDS jumlahnya masih sedikit namun sudah pada tingkat mengkhawatirkan, disebabkan sudah merambah 10 kabupaten dan kota. Ini adalah tanggung jawab kita bersama-sama mengatasi persoalan remaja saat ini," kata Djohansyah disela-sela acara seminar tentang Kesehatan Reproduksi dan pembentukan forum kesehatan reproduksi remaja di Kendari, Sabtu (20/12).

Direktur advokasi dan KIE BKKBN Pusat, Rukman Heriyana mengatakan, untuk mengatasi persoalan remaja tersebut, BKKBN bersama DPR telah menyepakati program kesehatan reproduksi remaja sebagai bagian dari program nasional 2000-2004 dalam rangka meningkatkan kualitas SDM, dengan melibatkan unsur Depkes, Depdiknas, Depsos, Depag, BKKBN dan anak sekolah.

Pada tahun 2004-2009, BKKBN telah menyusun strategi dasar dan menetapkan sasaran strategis yang harus dicapai. "Salah satu sasaran tersebut sangat berkaitan dengan kesehatan reproduksi remaja, yaitu setiap kecamatan memiliki pusat informasi konseling kesehatan reproduksi remaja," kata Rukman Heriyana.  (*)


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
KTP-El Tetap Berlaku Seumur Hidup 20 Jan 2018 07:58 WIB


 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia