KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Tepat 45 tahun lalu, Argopandoyo Tri Hanggono dilahirkan di Kota Jakarta, sebagai anak ketiga dari pasangan W. Sudaryo dan Martha Beetje.

Ayah dua anak ini memiliki ketertarikan pada dunia jurnalistik sejak mengikuti kegiatan penerbitan Warta Yohanes
selengkapnya....


 


 
BERITA KESEHATAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sabar dan Syukur 12 Okt 2017 01:07 WIB

Di Padepokan Om Jin 12 Okt 2017 01:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
"Tangisan" Ridho Irama 12 Okt 2017 10:00 WIB


 

 

Dua Pasang Kembar Siam Dirawat RS Adam Malik

 
KESEHATAN

Dua Pasang Kembar Siam Dirawat RS Adam Malik
Oleh : Jenda Bangun | 02-Apr-2017, 15:19:17 WIB

KabarIndonesia – Medan, Dalam empat hari pada bulan Maret 2017, dua pasang bayi kembar siam dengan berbeda kondisi masuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik Medan untuk dirawat. Kedua pasang bayi kembar siam ini dirawat di Ruang Rawat Inap Anak Rindu B Perinatologi rumah sakit milik Kementerian Kesehatan RI.

Bayi pertama berjenis kelamin perempuan berasal dari Kisaran anak dari orangtuanya berinisial A dan bayi kedua dengan jenis kelamin laki-laki anak dari D. Bayi kembar siam yang pertama masuk ke RS Adam Malik pada hari Jumat, 24 Maret 2017 dan bayi kembar siam kedua masuk pada hari Selasa, 28 Maret 2017. Jarak kedatangan kedua pasang bayi kembar siam ini hanya empat hari.

Hal ini diutarakan Sekretaris tim penanganan bayi kembar siam RSUP H Adam Malik Medan dr Rizki Adriansyah SpAK kepada wartawan.dr Rizki mengatakan kondisi bayi kembar siam pertama lengket di bagian tulang dada dan bagian perut depan. Kondisinya masih stabil, namun terdapat lobang kecil di bagian jantung. “Operasi pemisahan bayi, katanya, masih memungkinkan dengan tingkat keberhasilan 80 persen,” ujarnya.

“Sejak kedatangan bayi pertama ke rumah sakit kondisinya stabil. Hanya sedikit ada lobang di jantung. Tapi sangat memungkinkan dilakukan pemisahan. Ini tantangan bagi kami untuk bisa menanganinya agar nanti bisa dilakukan operasi,” katanya.

Sedangkan kondisi bayi kembar siam kedua memiliki dua kepala dengan satu badan serta dua pasang tangan dan kaki.Penanganan bayi kembar siam ini lebih rumit. Karena salah satu bayi mengalami kelainan jantung bawaan kompleks. Bayi ini hanya memiliki satu serambi dan satu bilik pada jantung sehingga sangat tidak mungkin dilakukan pemisahan. Hanya doa keluarga dan masyarakat untuk menyelamatkan jiwa bayi kembar siam yang kedua.

Sebab kasus yang kedua ini, jika dioperasi, maka sulit untuk menyelamatkan bayinya. “Saat ini kita periksa jantung dulu, karena kondisi jantungnya gawat. Kita belum tahu bagaimana usus dan hatinya. Katup jantungnya satu, padahal normalnya dua,” ujar dr Rizki.

Melihat kondisi itulah, kata dr Rizki Adriansyah SpAK, tim dokter memutuskan tidak akan melakukan operasi terhadap bayi kembar siam pada kasus kedua ini. Bayi ini tidak mungkin dipisahkan walaupun masing-masing punya jantung dan tulang belakang. Bahkan untuk kasus yang seperti ini sangat jarang bertahan.

Bayi ini kalau bisa bertahan sampai dewasa tetap dengan kondisi itu dengan memiliki dua kepala dan satu badan. Dengan kelainan kompleks itu sangat tidak memungkinkan dilakukan pemisahan. Apalagi bayi ini hanya memiliki satu anus. Tim dokter, akan memberikan penanganan maksimal terhadap dua pasang bayi ini. Karena terpenting, penanganan kesehatan harus dilakukan secara optimal.

Secara umum, tim dipimpin seluruh senior. Semua tenaga ahli yang dibutuhkan tersedia di rumah sakit ini. Kasus bayi kembar siam ini termasuk jarang bertahan. Semua manusia berhak hidup, tentu kita tetap berikan pelayanan optimal. Apapun kasusnya yang paling sulit pun kita terima,” ujar dr Rizki.

Tidak hanya orangtua bayi kembar siam itu saja yang berharap anaknya bisa bertahan hidup. Tapi tim dokter ahli yang menangani bayi kembar siam ini juga berharap dan berupaya agar bayi tersebut bisa selamat dan hidup sehat. Tapi semua itu terpulang kepada Tuhan dan doa kita semua yang diharapkan bisa menolong bayi tersebut.(*)


KEMBAR SIAM: Kedua pasang bayi kembar siam yang berada di RSUP H Adam Malik Medan dalam penanganan tim dokter.(*)

Blog: http://www.pewarta-kabarndonesia.blogspot.com
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera: www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pesona Tahun Ketiga Hong Kong Cyclothon 2017oleh : Rohmah Sugiarti
12-Okt-2017, 06:52 WIB


 
  Pesona Tahun Ketiga Hong Kong Cyclothon 2017 Hong Kong Cyclothon kembali di tahun ketiga, tepatnya pada hari Minggu, 8 Oktober kemarin. Diikuti sekitar 5.000 pesepeda dari seluruh pelosok dunia. Tujuh belas tim balap profesional akan berlaga di UCI Asia Tour Class 1.1 Road Race pertama di Hong
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Danau Toba Bukan Danau Tuba 14 Okt 2017 05:14 WIB


 

 

 

 

 

 
Pimpinan Redaksi HOKI 2017 09 Okt 2017 20:02 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia