KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRektor Universitas Pendidikan Indonesia Tutup Usia oleh : Barnabas Subagio
23-Apr-2017, 20:52 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bandung, Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Furqon, MA. Ph.D., menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (22/4/2017) pukul 10:25 WIB di Rumah Sakit Advent, Jl. Cihampelas No.161, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung.
Menurut informasi yang dihimpun pewarta KabarIndonesia, awalnya beliau sedang
selengkapnya....


 


 
BERITA KESEHATAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Dalam Diam... 12 Apr 2017 17:58 WIB

Jiwa-jiwa Penantang Zaman 04 Apr 2017 23:08 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
Ajak Warga Jakarta Bersatu 10 Apr 2017 22:11 WIB


 

 
 
KESEHATAN

Diperlukan Rotasi Cepat atas PHW pada Kemasan Rokok
Oleh : Argopandoyo Tri Hanggono | 10-Mar-2017, 04:06:16 WIB

KabarIndonesia - Pictorial Health Warning (PHW) yang dalam bahasa Indonesia sebagai Peringatan Kesehatan Bergambar pada kemasan rokok akan menjadi tidak lagi efektif terutama bila masyarakat akan menjadi terbiasa dengan gambar yang sama. Sebab itu rotasi PHW saat ini sangat diperlukan guna menghindari terjadinya imun masyarakat terhadap gambar. Rotasi PHW tersebut layaknya berlangsung setiap dua puluh empat bulan atau setiap dua tahun sekali.

Sekretaris Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, Agus Sujatno mengatakan bahwa salah satu cara perlindungan masyarakat dari produk adiktif adalah dengan melakukan rotasi PHW pada kemasan rokok.  Bukanlah hal berlebihan bila harapan untuk melakukan rotasi PHW tersebut sudah mulai mencuat, mengingat penerapan PHW pada kemasan rokok di Indonesia genap tiga tahun pada bulan Juni 2017.

Kesadaran tersebut juga terlontar dari Lela Amelia, Kepala Sub Direktorat Pengawasan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif, Badan Pengawasan Obat dan Makanan. Lela mengungkapkan PHW yang sebelumnya efektif sebagai peringatan kesehatan kepada masyarakat akan menjadi gambar yang biasa bagi mereka yang sering melihatnya. "Beda dengan yang baru melihat," begitu kata Lela.

Lela Amelia mengungkapkan bahwa BPOM sesungguhnya mengemban amanat melakukan pengawasan terhadap produk tembakau, termasuk pengawasan label cukai pada kemasan rokok. "Berdasarkan PP No. 22 tahun 2012, itu tugas kami," ungkap Lela.
Dalam kaitan itu, BPOM sudah menginventarisir berbagai merk rokok bercukai yang beredar dari 531 pabrik rokok di Indonesia,
yang terdata pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Merk-merk yang berdasar pada data Dirjen Bea dan Cukai ini,  memiliki kewajiban meletakan gambar yang seharusnya sudah mengalami rotasi. Namun berdasarkan pantauan LKI saat ini, rotasi PHW yang seharusnya terjadi per dua tahun tersebut belum juga terjadi hingga jelang genap berusia tiga tahun.

Pelaksanaan rotasi PHW adalah hak dan wewenang pemerintah, dan menjadi wujud keseriusan pemerintah dalam melakukan perlindungan kesehatan masyarakat terhadap zat adiktif, sebagai tanggung jawab pengembang pengendalian tembakau.

Di Indonesia, PHW adalah merupakan salah satu instrumen  pengendalian rokok, selain instrumen cukai tembakau, harga rokok, dan kawasan tanpa rokok. Oleh karena itu tidak hanya di Indonesia, di masyarakat internasional, melalui pemerintah masing-masing dengan tertib melakukan rotasi PHW setiap dua tahun.*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Koreografi Tari Kontemporeroleh : Zulkarnaen Syri Lokesywara
04-Apr-2017, 01:32 WIB


 
  Koreografi Tari Kontemporer Mahasiswa jurusan Seni Tari Semester IV ISI Surakarta melaksanakan ujian koreografi tari kontemporer menggunakan media benda keras di Teater Kecil ISI Surakarta, Senin, 3 April 2017. Berbagai benda keras digunakan sebagai media para mahasiswa mengeksplorasi gerak, mulai dari payung, kurungan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
MAKASSAR: Kota Plural dan Nyaman 19 Apr 2017 22:12 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia