KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRektor Universitas Pendidikan Indonesia Tutup Usia oleh : Barnabas Subagio
23-Apr-2017, 20:52 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bandung, Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Furqon, MA. Ph.D., menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (22/4/2017) pukul 10:25 WIB di Rumah Sakit Advent, Jl. Cihampelas No.161, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung.
Menurut informasi yang dihimpun pewarta KabarIndonesia, awalnya beliau sedang
selengkapnya....


 


 
BERITA KESEHATAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB

Dalam Diam... 12 Apr 2017 17:58 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
Ajak Warga Jakarta Bersatu 10 Apr 2017 22:11 WIB


 

 

Cegah Penularan HIV/AIDS dengan Memperkuat Pendidikan Agama

 
KESEHATAN

Cegah Penularan HIV/AIDS dengan Memperkuat Pendidikan Agama
Oleh : Harso Utiarahman | 10-Mar-2017, 04:06:36 WIB

Kabarindonesia - Gorontalo, Dari waktu ke waktu jumlah pengidap HIV/AIDS terus bertambah.  Data terakhir yang diperoleh, khusus di Kota Gorontalo telah mencapai angka 174. Hal ini menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Gorontalo. Walikota Gorontalo Marthen Taha yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Gorontalo terus gencar mengajak segenap lapisan masyarakat di daerah tersebut untuk tidak takut memeriksakan diri, guna mencegah sedari dini penularan penyakit mematikan tersebut.

"Permasalahan tidak bisa diselesaikan bila pada hulunya tidak diantisipasi, yakni dengan lebih memperkuat pendidikan dan agama. Pasalnya, penularan virus tersebut pada saat ini berdasarkan data yang ada lebih banyak menular melalui seks bebas" ujar Sekertaris KPA Kota Gorontalo, Dr. Yana Yana Yanti Suleman, SH, (7/3).


Menurutnya, persoalan ini harus menjadi tanggung jawab semua pihak. "Oleh karena itu, " kata dr Yana yang juga Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) pada Dinas Kesehatan Kota Gorontalo ini di tahun 2016 kemarin, "KPA Kota Gorontalo melaksanakan kegiatan Tes HIV/AIDS yang jumlah pesertanya di luar dugaan bahkan bisa mengalahkan jumlah peserta di kegiatan serupa di Banjarmasin yang hanya dua ribuan orang".

"Peserta yang secara sukarela memeriksakan diri mencapai jumlah 3.004 orang, pada kegiatannya dilaksanakan sehari di beberapa tempat, yakni di Mall Gorontalo, SMK 2, Pasar sentral, Universitas Negeri Gorontalo, Pasar Sentral, dan Pelabuhan.  Dengan Jumlah tersebut, maka Kota Gorontalo berhasil memecahkan rekor MURI yang insyaallah piagamnya akan diserahkan pada puncak HUT Kota Gorontalo tanggal 20 nanti," jelasnya.

Dikatakannya, Rekor MURI bukan target atau tujuan Pemerintah Kota Gorontalo. Yang lebih penting, bagaimana menyadarkan dan mengajak masyarakat untuk tidak malu dan lebih terbuka untuk memeriksakan diri ke tempat-tempat pelayanan kesehatan, rumah sakit, puskesmas serta klinik-klinik.

"Tenaga kesehatan yang ada pada Puskemas-puskemas telah diberi pelatihan untuk melakukan pemeriksaan atau tes HIV/AIDS. Ini salah satu upaya untuk mendeteksi dan mencegah penularan virus tersebut, dan hasilnya dari pihak kami akan mengarahkan dan memberi pendampingan agar pengidap tersebut rutin memeriksakan diri dan mengkonsumsi obat, Upaya ini agar dapat menekan laju perkembangan virus, karena untuk Kota Gorontalo jumlah penderita telah mencapai 171, namun angka kita masih berada di bawah tingkat prevalensi HIV nasional yang 0,05 persen," jelas dr.Yana.*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Koreografi Tari Kontemporeroleh : Zulkarnaen Syri Lokesywara
04-Apr-2017, 01:32 WIB


 
  Koreografi Tari Kontemporer Mahasiswa jurusan Seni Tari Semester IV ISI Surakarta melaksanakan ujian koreografi tari kontemporer menggunakan media benda keras di Teater Kecil ISI Surakarta, Senin, 3 April 2017. Berbagai benda keras digunakan sebagai media para mahasiswa mengeksplorasi gerak, mulai dari payung, kurungan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
MAKASSAR: Kota Plural dan Nyaman 19 Apr 2017 22:12 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia