KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahUsulan Pembentukan Wartawan Unit DPRD Tidak Dijawab Pemkab Serdang Bedagai oleh : Agus Suriadi
21-Nov-2017, 20:36 WIB


 
 
Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sergai terkait pembahasan R-APBD Sergai TA 2018, Kamis (16/11)  di gedung DPRD Sergai, Dusun II Desa Firdaus, Sei Rampah.Sambil menyampaikan pandangan umum Fraksi, tiga fraksi antara lain
selengkapnya....


 


 
BERITA POLITIK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Tantowi Yahya dan Benny Wenda, Duel Diplomasi di Selandia Baru

 
POLITIK

Tantowi Yahya dan Benny Wenda, Duel Diplomasi di Selandia Baru
Oleh : Barnabas Subagio | 29-Apr-2017, 22:37:41 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Politisi Golkar Tantowi Yahya dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar RI untuk Selandia Baru di Wellington. Saat pelantikan, Tantowi menyebut ada tiga tantangan besar yang harus dihadapinya, yakni bidang politik, ekonomi, dan sosial-budaya.

"Saya diminta Presiden menjalin komunikasi yang baik dengan negara-negara Asia Pasifik karena kita punya kepentingan politik yang besar di kawasan itu soal Papua," sebut Tantowi saat ditemui seusai pelantikannya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/3/2017).

Tantowi mengakui menjadi Duta Besar adalah salah satu impiannya yang terwujud sebab dia memang senang berdiplomasi dan mengabdikan dirinya untuk bangsa dan Negara. "Merepresantasi presiden, merepresentasikan negara dan rakyat Indonesia tentang apa yang dilakukan untuk kemaslahatan Indonesia,itulah tugasku" sebutnya.

Presiden Jokowi meminta Tantowi, melanjutkan apa yang dilakukan oleh Dubes sebelumnya dan melakukan komunikasi yang lebih baik lagi dari yang sudah ada. Komunikasi yang dituntut Jokowi itu bukan hanya dengan kalangan pemerintah, tapi juga dengan kalangan parlemen, NGO, lembaga-lembaga penyiaran, dan kampus.

Tantowi dituntut mewaspadai kedatangan Benny Wenda di Selandia Baru, karena Benny Wenda akan disambut oleh kalangan pemerintah, tapi juga oleh kalangan parlemen, NGO, lembaga-lembaga penyiaran, dan pihak kampus di Orakei Marae saat ketibaannya.
 
Diperoleh kabar, Benny Wenda juru bicara United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) akan mengunjungi Aotearoa, Selandia Baru dari tanggal 8 hingga 16 Mei mendatang. Kunjungannya kali ini selain untuk tetap meminta dukungan keadilan politik dan sosial terhadap rakyat West Papua. Secara khusus Benny hendak meminta agar pemerintah Selandia Baru mendukung inisiatif bangsa-bangsa Pasifik yang mendorong isu West Papua di PBB. Seperti yang dilansir voxy.co.nz (19/4/2017).

Sebelumnya, Benny Wenda sempat dicekal oleh juru bicara Parlemen David Carter untuk tidak berbicara di hadapan parlemen negeri Selandia Baru pada tahun 2013. Saat ini, kelompok-kelompok yang cukup beragam hingga anggota-anggota parlemen lintas partai mulai makin luas mendukung West Papua. Mereka bahkan memberikan jaminan dan menyambut hangat tokoh pergerakan kemerdekaan West Papua. Untuk itulah Tantowi dituntut untuk bekerja keras melakukan komunikasi politik.

Benny Wenda juga, diundang resmi untuk memberikan sambutan pada Ngati Whatua Orakei Whanau. Sejumlah jadwal pertemuan yang cukup padat menantinya di Auckland, Wellington, Christchurch, dan menyusul Te Tai Tokerau.

Seperti kita ketahui beberapa tahun terakhir bahwa, situasi masalah Papua hangat diperbincangkan beberapa Negara tetangga dan kurang lebih tujuh bangsa-bangsa Pasifik di negara Vanuatu, Kepulauan Solomon, Tonga, Tuvalu, Palau, Kepulauan Marshall, dan Nauru. Negara bagian tersebut, secara kolektif menyuarakan situasi hak asasi manusia di West Papua di hadapan sidang umum PBB tahun lalu serta sidang Dewan HAM PBB baru-baru ini.

Hal ini, Bagi Benny Wenda dan seluruh Rakyat Papua telah memulai momentum baru bagi keterlibatan badan-badan tertinggi PBB untuk menetapkan kemungkinan resolusi baru bagi hak-hak rakyat West Papua dihadapan pemerintah Selandia Baru

Selain itu juga, Benny Wenda meminta Selandia Baru untuk tidak berdiam diri dan berada dipinggiran, melainkan mengajukan menjadi member dukungan kepada bangsa-bangsa Pasifik tersebut demi mendorong isu West Papua dan membantu perjuangan keadilan di wilayah itu. Benny Wenda akan bertemu gelombang aktivis peduli West Papua, Maori dan Pasifika, yang baru di berbagai wilayah Selandia Baru, termasuk anggota-anggota International Parliamentarians for West Papua (IPWP).

Dalam kaitan itulah kinerja Tantowi ditunggu. Apakah Tantowi mampu meredam aksi Benny Wenda di Selandia Baru demi mempertahankan kedaulatan Negara? Oleh karena itu Tantowi dapat memaksimalkan tantangan pertamanya di Selandia Baru. Kiranya, Kita dapat menunggu hasil dari duel diplomasi pada tanggal 8-16 Mei 2017 di Selandia Baru

Apakah Tantowi berhasil meredam kunjungan Benny Wenda bersama timnya IPWP dan ULMWP di Selandia Baru ataukah Benny Wenda sukses berdiplomasi mengalahkan Tantowi di Selandia Baru? Mari kita tunggu bersama.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Menjadi Guru Yang Baik 15 Nov 2017 07:00 WIB


 
Memahami Inflasi Lebih Dalam 21 Nov 2017 03:39 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia