KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahPeringatan HUT Kemerdekaan Indonesia Ke-73 dari Kota Banda Aceh oleh : Bang Rachmad
17-Aug-2018, 22:46 WIB


 
 
KabarIndonesia - Banda Aceh, Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 diperingati di seluruh Indonesia begitu pula di kota Banda Aceh.
 
Ratusan bendera merah putih berkibar di sepanjang jalan kota Banda Aceh, kantor-kantor pemerintahaan dan swasta serta
selengkapnya....


 


 
BERITA POLITIK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Rindu 28 Jul 2018 11:02 WIB

Hujan 28 Jul 2018 11:02 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Pilkada Taput 2018 Diprediksi Lebih Kompetitif

 
POLITIK

Pilkada Taput 2018 Diprediksi Lebih Kompetitif
Oleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak | 29-Nov-2017, 01:42:20 WIB

KabarIndonesia - Tarutung, Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) di Tapanuli Utara yang dijadualkan antara Juni-Juli 2018 mendatang, diprediksi akan lebih seru dan kompetitif dibanding pilkada 2014. Suhu politik memang belum begitu memanas di permukaan. Suhu politik jelang penetapan calon oleh KPU Januari 2018, masih sebatas diwarnai polemik adu argumentasi di media sosial oleh kalangan relawan/simpatisan.

Sejauh ini, catatan reporter KabarIndonesia, nama-nama bakal calon (balon) yang muncul ke permukaan baru ada 5 (lima) figur, yakni Jonius Taripar Hutabarat (JTP), Nikson Nababan (incumbent), Samuel Basar Hutauruk, Juliski Simorangkir, dan Crismanto Lumbantobing. Sementara nama calon wakil hingga kini masih belum jelas, kecuali Nikson Nababan menurut berita versi medsos yang telah menyatakan nama calon tandemnya Sarlandy Hutabarat mantan Sekdakab Taput. Selain Crismanto yang menggandeng Hutasoit dan sudah terpampang pada balihonya yang beredar luas sampai pelosok desa.

Yang menarik dalam konteks pilkada kali ini, munculnya sosok AKBP Taripar Hutabarat yang baru beberapa bulan menjabat Kapolres Tapanuli Utara. Namanya paling santer mengemuka dalam pusaran bursa pergunjingan, dan menjadi figur yang dianggap calon kuat memenangkan pilkada tahun depan. Bila itu jadi kenyataan menjadi catatan sejarah untuk pertama kalinya Taput dipimpin seorang polisi. Sebelumnya pada era orde baru, daerah ini pernah dipimpin sosok militer Letkol MSM Sinaga (alm).

Sementara sisi menarik lainnya, munculnya Crismanto Lumbantobing dari jalur independen. Crismanto yang masih muda belia adalah putra mantan bupati Torang Lumbantobing. Meski banyak yang menganggap Crismanto kurang berpeluang menang, namun banyak juga yang menjagokannya bisa "menumbangkan" calon lainnya. Tidak mustahil Crismanto bisa menang, tandas suara optimis dari kubu Crismanto.

Jika ditautkan dengan peran marga yang ikut bertarung pada pilkada 2018, maka marga yang terlibat dalam perebutan kursi nomor 1 nantinya terdiri dari marga PGM (Guru Mangaloksa) seperti Taripar Hutabarat, Juliski Simorangkir, Crismanto Lumbantobing. Dua balon lainnya Nikson Nababan dari marga Toga Sihombing dan Samuel Basar Hutauruk yang bertanah ulayat di seputaran Sipoholon. Namun dalam konteks tatanan Dalihan Natolu, Samuel masih terpaut dengan marga PGM karena ibunya Fatima Hutabarat (sekarang wakil Ketua DPRD Taput).

Pengamat politik pilkada mengatakan pemilihan kepala daerah di Tanah Batak tidak terlepas dari dukungan marga seperti juga halnya dalam pemilihan kepala desa. "Meskipun tidak harus mutlak, namun faktanya dukungan marga terkait marga calon tetap dominan", ujar seorang pemerhati politik pilkada. Kini,menjadi topik perbincangan di tengah khalayak Taput, jika benar nantinya Nikson Nababan menggandeng Sarlandy Hutabarat apakah itu sebuah trik politik khusus, sementara yang jadi rival utama adalah Taripar Hutabarat yang satu marga dengan Sarlandy. Kalangan marga Hutabarat merasa risau jika itu nantinya yang akan terjadi. Namun sejarah juga nanti yang menjawab, ujar seorang warga Hutabarat.(*)

Teks foto:
Kapolres Taput Taripar Hutabarat yang sangat dekat dan populer dengan ibu-ibu pedagang dan gemar berbincang tentang keluhan rakyat kecil.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sang Ratu Sampah Akhirnya Menjadi Sarjanaoleh : Rohmah S
17-Aug-2018, 22:49 WIB


 
  Sang Ratu Sampah Akhirnya Menjadi Sarjana Amilia Agustin menjadi salah satu narasumber Adiwiyata Learning Center (ALC) Goes to School 2017 yang digelar oleh PT Astra International Tbk dalam rangka memperingati Hari Ozon Sedunia, Oktober 2017. Ami sering kali dipercaya menjadi narasumber suatu acara, baik oleh perusahaan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia