KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKapolri Terbitkan Maklumat Cegah Klaster Baru Covid-19 Terutama di Pilkada 2020 oleh : Danny Melani Butarbutar
21-Sep-2020, 15:35 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Maklumat untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 di masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Maklumat Kapolri bernomor Mak/3/IX/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020.

"Jadi
selengkapnya....


 


 
BERITA POLITIK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Pilkada Humbang Hasundutan Berpotensi Calon Tunggal Ditentang Warga

 
POLITIK

Pilkada Humbang Hasundutan Berpotensi Calon Tunggal Ditentang Warga
Oleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak | 09-Sep-2020, 16:32:11 WIB

KabarIndonesia - Doloksanggul, Pilkada di Kabupaten Humbang Hasundutan ( Humbahas) yang berpotensi hanya menampilkan sepasang calon ( calon tunggal), tampaknya kurang disetujui sebagian warga setempat. Perbincangan warga Humbahas minggu terakhir ini diwarnai prokontra mengenai hal tersebut. <br />
Protes sebagian warga dipicu kabar bahwa DPP Partai Golkar disebut mengusung petahana Dosmar Banjarnahor dan calon wakilnya Oloan Paniaran Nababan di Pilkada Humbahas yang dijadwalkan akhir tahun ini.
Pemberian B1.KWK Partai Golkar itu kepada petahana dinilai telah memberi ruang lahirnya calon tunggal dan bakal berhadapan dengan kotak kosong. Sontak, hal itu menuai protes bahkan kecaman dari pihak yang menginginkan demokrasi murni memilih lebih dari sepasang calon.

Pada Kamis ( 3/9) puluhan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Kampus (AMK) Humbahas menggelar aksi damai ke kantor DPRD setempat, menyatakan protes atau penolakan terhadap pemilihan kepala daerah jika hanya menampilkan calon tunggal.

Dengan berjalan kaki sambil membawa sejumlah spanduk dari Lapangan Merdeka Doloksanggul, mereka tiba dan berorasi di depan gedung DPRD mencetuskan aspirasinya.

Para pendemo menyuarakan tuntutan kepada para wakil rakyat terkait kondisi perpolitikan di daerah itu yang dianggap tak bernafaskan demokrasi yang sesungguhnya.Mereka mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkada Humbahas dinilai kurang demokratis dan terkesan dicampuri para penguasa di negara ini.

Mereka juga menyebut  Pilkada Humbahas pada 9 Desember 2020 disinyalir ada pihak-pihak yang menginginkan hanya diikuti satu pasangan calon.   “Pilkada telah menipu kami. Seluruh rakyat dipaksa gembira. Hak demokrasi dikantongi oleh sepihak. Saudara-saudaraku, hidup kami belum merdeka. Seluruh partai tak dapat dipercaya. Ujung-ujungnya rakyat diintervensi,” kata seorang orator, Azari Tumanggor di hadapan Ramses Lumban Gaol selaku Ketua DPRD Humbahas, sebagaimana ditulis jurnalis Tagar.id.

Azari mengatakan, situasi perpolitikan di Humbahas satu bentuk duka cita demokrasi yang dilakukan dan dilenyapkan oleh penguasa yang haus akan kekuasaan dan rakyat jadi bulan-bulanan. “Pemilu ini hanya menjadi ajang pesta partai politik borjuasi, dan tidak akan pernah menyelamatkanmu dari penggusuran, upah murah, dan komersialisasi pendidikan. Lantas, masih relevankah pemilu dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan rakyat?”.
<br />Aliansi Masyarakat Kampus Humbahas mendesak pemerintah pusat dan daerah hendaknya menyajikan proses demokrasi yang beradab. Bukan senantiasa hanya memberi ruang kepada kelompok yang haus kekuasaan belaka.
“Kami meminta kepada seluruh elemen bangsa dari pusat hingga daerah agar senantiasa menyajikan proses demokrasi yang beradab di Humbang Hasundutan, tidak membajak kedaulatan dari tangan rakyat dengan politik dagang sapi mengebiri hak-hak politik warga negara, memaksa kehendak sehingga warga negara tidak punya pilihan terkait calon kepala daerah di Humbang Hasundutan,” seru Azari.

Pendemo menolak persekongkolan politik. Mereka meminta pejabat partai politik di negeri ini berhati nurani dengan menolak praktik kotor seperti yang diterapkan nantinya di Humbahas. Itu mengangkangi hak-hak demokrasi masyarakat Humbang Hasundutan jika hanya calon tunggal.

“AMK Humbang Hasundutan akan melawan segala bentuk persekongkolan jahat antara pemodal dan politisi busuk yang berupaya melakukan sabotase politik di Pilkada Humbahas. AMK Humbang Hasundutan juga meminta agar para pimpinan partai menjadi negarawan sejati,” tegasnya.

Tolak Politik Uang

Pada kesempatan itu, mereka mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan perlawanan atas persekongkolan jahat pemodal dan politikus busuk di Pilkada Humbahas. Juga menolak praktik politik uang yang dilakukan oleh para politikus di daerah itu.

“Politik uang adalah salah satu biang keladi korupsi dan lahirnya kebijakan tak berpihak pada rakyat. Politik uang hanya menghasilkan pemerintahan yang korup dan menghadirkan kemiskinan. Maka untuk itu, AMK Humbahas mengajak seluruh elemen di Humbang Hasundutan untuk menolak segala bentuk politik uang di Pilkada Humbang Hasundutan,” katanya.

Mereka menegaskan akan terus bergerak untuk menggalang kekuatan, melakukan perlawanan kepada pemodal besar dan politikus busuk yang merusak demokrasi dengan politik uang di daerah itu.

“AMK Humbahas akan terus berjuang mengkawal gerakan ini,” kata Azari.
  Merespons tuntutan pemdemo, Ramses Lumban Gaol yang merupakan politikus PDIP mengapresiasi kehadiran mahasiswa di gedung dewan. Di hadapan mahasiswa dia berjanji akan menyurati pimpinan pusat PDIP di Jakarta.

“Kami bangga bahwa masih ada yang peduli untuk menyuarakan aspirasi masyarakat yang ada di Humbang Hasundutan ini. DPRD adalah perwakilan dari seluruh partai politik yang memiliki kursi. Barang tentu, aspirasi ini akan kami tindak lanjuti dengan pimpinan partai politik di pusat. Dan sebagai wakil rakyat, wajib hukumnya menampung aspirasi adik-adik kami,” kata Ramses.

Dia tidak menampik sudah beredar informasi bahwa Dosmar Banjarnahor akan maju sebagai calon tunggal di Pilkada Humbahas dengan melawan kotak kosong.
<br />“Sesuai dengan informasi yang beredar ada katanya (borong parpol). Tapi karena belum pendaftaran, ya memang itu mengangkangi hak-hak demokrasi masyarakat Humbang Hasundutan jika hanya calon tunggal atau melwan kotak kosong. Yang dapat kami lakukan akan sama-sama mengawal supaya Undang-Undang Pilkada nanti disempurnakan,” ungkapnya.
<br />Pengamatan reporter KabarIndonesia, banyak warga memprediksi Harry Marbun akan diusung Partai Golkar untuk berhadapan dengan calon petahana Dosmar Banjarnahor. Para simpatisan Harry menganggap Harry Marbun pantas diperhitungkan memenangkan pemilihan untuk membawa Humbang Hasundutan lebih maju di masa mendatang.(*)

Foto: Pimpinan dan anggota DPRD Humbang Hasundutan saat menerima rombongan pendemo. ( dok/ media online)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Investasi Reksa Dana Kian Mudah 26 Sep 2020 19:02 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia