KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA POLITIK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 

Pangdam Mayjen TNI Moch. Fachrudin Memimpin Upacara Puncak Peringatan Hari Juang Kartika 2017 di Lapangan Blang Padang

 
POLITIK

Pangdam Mayjen TNI Moch. Fachrudin Memimpin Upacara Puncak Peringatan Hari Juang Kartika 2017 di Lapangan Blang Padang
Oleh : Bang Rachmad | 19-Des-2017, 15:06:27 WIB

KabarIndonesia - Banda Aceh, TNI AD memiliki hubungan 'biologis' dengan rakyat Indonesia karena dilahirkan dari rakyat, sehingga senantiasa membela dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Memang rakyat adalah pendukung dan penguat perjuangan TNI AD dalam setiap tugas yang diemban. Kondisi di atas tersirat dalam tema yang ditetapkan pada Hari Juang Kartika tahun 2017 ini, yaitu "Manunggal Dengan Rakyat, TNI AD Kuat". 

Sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 163 Tahun 1999 dan Surat Keputusan Kasad Nomor Skep/662/XII/1999, tanggal 15 Desember ditetapkan sebagai "Hari Juang Kartika", yaitu hari jadinya Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. 
Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Moch. Fachrudin memimpin upacara puncak peringatan Hari Juang Kartika 2017 di lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Jumat pagi (15/12/17). Upacara ini juga diikuti ribuan pasukan yang terdiri dari satuan tempur dan satuan bantuan tempur jajaran Kodam Iskandar Muda, prajurit Lanal Sabang, Lanud SIM, PNS Kodam IM serta mahasiswa Akademi Keperawatan Kesdam IM.  Pada kesempatan ini yang bertindak sebagai Komandan upacara Letkol Inf Mulyadi,  jabatan sehari-hari Komandan Batalyon 114/SM. 

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Mulyono yang dibacakan Mayjen TNI Moch.Fahrudin,  mengajak seluruh prajurit, ASN dan keluarga besar TNI AD untuk, mengenang jasa para pahlawan dan pendahulu yang telah melahirkan serta membesarkan TNI Angkatan Darat. 

Selanjutnya KSAD mengamanatkan bahwa ancaman-ancaman global yang saat ini dirasakan oleh seluruh dunia yaitu, krisis energi, pemanasan global, krisis ekonomi, persaingan untuk mempertahankan hegemoni antar negara-negara maju, dukungan kemerdekaan terhadap kelompok separatis, demokratisasi dan liberalisasi serta komunisme dan lain sebagainya. Ancaman serangan siber dan Perang Informasi juga terus meningkat dan sistematis. 

"Dengan situasi itu, maka setiap Negara senantiasa bersaing untuk mencapai kepentingannya. Oleh karena itu, untuk memenangkan persaingan tersebut, maka Indonesia harus memiliki daya saing berupa keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif." sebut KSAD.

Secara keseluruhan TNI AD melaksanakan acara syukuran, ziarah dan Lomba Lari 10 KM yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Kodam dan melibatkan 67.328 orang dari berbagai kalangan. Tamu undangan dan masyarakat dihibur dengan pertunjukan Demontrasi Yongmodo, yang ditampilkan oleh Yonkav 11/MSC, Tarian Laksmana Keumalahayati ditampilkan 30 Kowad Kodam Iskandar Muda, serta Drama Kolosal Sultan Iskandar Muda yang ditampilkan 580 orang dari anggota Prajurit dan Persit Rindam Iskandar Muda, Kowad Kodam IM, Mahasiswa UIN AR-RANIRI dan Universitas Syiah Kuala. 

Hari Juang Kartika yang diperingati juga terkait erat dengan salah satu peristiwa bersejarah tentang kebersamaan nyata TNI AD dengan rakyat. Pada tanggal 15 Desember 1945, di kota Ambarawa, Jawa Tengah, para pejuang pendahulu TNI AD bahu membahu bersama rakyat mempertahankan setiap jengkal tanah dari ancaman musuh yang ingin menjajah kembali bumi pertiwi. Perjuangan yang kemudian dikenal dengan Palagan Ambarawa inilah yang kemudian ditetapkan sebagai tonggak Hari Juang Kartika. Palagan Ambarawa telah menjadi tonggak sejarah perjuangan TNI AD dalam melindungi keselamatan bangsa, menegakkan kedaulatan negara, serta menjaga keutuhan NKRI.

TNI AD juga terus meningkatkan kemampuan prajuritnya sehingga menjadi prajurit yang unggul dan profesional yaitu melalui proses rekrutmen, pendidikan dan pelatihan serta penugasan yang baik. Komitmen tersebut telah mengantarkan TNI pada peringkat ke-14 dunia dan peringkat pertama di Asia Tenggara. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa pembangunan kekuatan pertahanan Negara yang dilakukan oleh pemerintah telah mendorong TNI sebagai kekuatan yang diperhitungkan dunia.
 
Peringatan Hari Juang Kartika 2017 di Blang Padang ini dihadiri Brigjen TNI Oerip Soekotyo, Wagub Prov Aceh, Wakapolda, para pejabat utama Kodam Iskandar Muda, Danlanal, Danlanud, Kapolresta Banda Aceh, Ketua LVRI Aceh, unsur Forkopimda Aceh serta para jurnalis. Selamat Hari Juang Kartika 2017, sukses selalu TNI Angkatan Darat. (SMS/WA : 0888.7211.300). (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia