KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiTawaran PRESS CARD untuk Para Penulis KabarIndonesia oleh : Kabarindonesia
30-Nov-2020, 14:05 WIB


 
 

KabarIndonessia - Alphen Kami dari Harian Online KabarIndonesia (HOKI) bermaksud memberikan kesempatan kepada para penulis maupun photographers untuk bisa mendapatkan International Press Card Harian Online KabarIndonesia (HOKI)

Berikut beberapa alasan mengapa International Press Card HOKI bukan sekedar Press Card biasa:

-
selengkapnya....


 


 
BERITA POLITIK LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
POLITIK

Freddy Numberi: Pendekatan Kekerasan di Papua Tak Tuntaskan Masalah
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 16-Jun-2020, 16:12:22 WIB

KabarIndonesia - Sebagaimana dilansir kantor berita Antara, bahwa Kesamaan kasus George Floyd dengan perlakuan terhadap orang asli Papua lewat fakta adalah ketidakadilan dan ketimpangan.

Tokoh sepuh Papua Freddy Numberi mengatakan bahwa pendekatan kekerasan yang terjadi di Papua tak menyelesaikan masalah seperti ketidakadilan dan ketimpangan. Ia meminta Presiden Jokowi untuk mengubah perspektif pemerintahannya dalam menyelesaikan Papua.

"Kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Pendekatan represif pemerintah selama ini berpotensi mengobarkan konflik yang berkepanjangan dan berujung pada kebencian terhadap pemerintah, apalagi mendapat dukungan 'angin sorga' dari luar Papua," katanya seperti dilansir Antara, Jumat (12/8/2020).

Freddy Numberi orang asli Papua yang pernah menduduki jabatan strategis di pemerintahan Indonesia, di antaranya Menteri Perhubungan.

Ia angkat bicara situasi politik terkini mengenai kaitan gerakan anti-rasisme di Amerika Serikat pasca-kematian George Floyd, pria kulit hitam di Minneapolis dengan rasisme terhadap orang asli Papua.

Menurutnya, dua hal itu berbeda. Hanya saja ada persamaannya."Dua kasus itu sebenarnya berbeda. Namun, ada persinggungan begitu dikaitkan dengan ketidakadilan, kesejahteraan, dan hak-hak masyarakat Papua dibandingkan dengan daerah lain," ujar Freddy. 

Kematian George Floyd diakuinya memantik simpati di Indonesia, khususnya di Papua. Baginya, kaitan tindakan Floyd dengan perlakuan rasis kepada orang Papua bergantung perspektif.

"Ada unsur ketidakadilan, kesejahteraan, dan hak-hak masyarakat yang terabaikan sejak awal integrasi dan pendekatan represif pemerintah yang silih berganti terus berlangsung," ujarnya.

Tindakan pemerintah Indonesia yang dinilai kalangan pejuang hak asasi manusia represif adalah penahanan sejumlah orang Papua yang mengibatkan bendera Bintang Kejora.

Semasa Indonesia dipimpin Presiden Abudrrahman Wahid, bendera itu diakui sebagai simbol budaya, sehingga pengibarannya tak memicu masalah pidana.

Freddy mendesak pemerintahan Jokowi agar hak-hak sipil orang Papua tak diberangus dan direpresi terus-menerus, karena tidak akan menyelesaikan masalah Papua secara tuntas.

Ia meminta di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, rezim pemerintah yang ada harus memulai kembali komitmennya untuk menjamin Papua yang lebih aman, damai, sejahtera, dan demokratis tanpa diskriminasi.

"Jokowi harus meninggalkan legacy dengan mengubah memoria passionis [ingatan penderitaan] dengan memoria felicitas [ingatan kebahagiaan] di Tanah Papua," kata Freddy Numberi.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Papua Nyatakan Dukungan Agar Otsus Jilid II Dilanjutkan pada Peringatan Hari Pahlawan Menyadari bahwa sejarah perjuangan pahlawan nasional Republik Indonesia khususnya yang tercermin pada peristiwa 10 November 2020 patut dikenang dan diteladani sebagai upaya generasi muda Indonesia dalam menghormati para pejuang yang telah merebut bangsa ini dari zaman penjajah hingga nyawa mereka
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
MENJAGA INTEGRITAS INTELEKTUAL. 19 Okt 2020 01:59 WIB

 

 

 

 
Kenaikan Cukai Rokok Ditunda 04 Nov 2020 00:50 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia