KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahPemprov Jateng Keliru Tafsirkan UU Kebudayaan oleh : Gunoto Saparie
16-Jan-2018, 22:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dinilai keliru dalam menafsirkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Undang-undang tersebut mengamanatkan pembentukan Lembaga Wali Amanat (LWA), namun pemprov justru memfasilitasi pendirian Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN).  
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
 
Sekeping hati 06 Jan 2018 16:05 WIB

 

 
BERITA LAINNYA
 
 

 

Warga Ponorogo Gelar Tradisi Makan Ketupat Seribu Meter

 
DAERAH

Warga Ponorogo Gelar Tradisi Makan Ketupat Seribu Meter
Oleh : Muh Nurcholis | 02-Jul-2017, 23:16:45 WIB

KabarIndonesia - Ponorogo, Salah satu tradisi yang masih dilestarikan oleh masyarakat Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur adalah lebaran ketupat. Seperti diketahui tradisi lebaran ketupat ini dilaksanakan setiap hari ke 7 pada bulan Syawal atau setelah hari ke 7 Idul Fitri. Hal unik yang membedakan pada lebaran ketupat di Desa Japan, Kecamatan Babadan, Ponorogo adalah Festival Makan Ketupat Seribu Meter yang diikuti ribuan warga Desa Japan dan desa sekitarnya pada Sabtu (1/7/2017) sore bertempat di Lapangan Sepakbola Japan.
Menurut Edy Iswahyudi selaku tokoh masyarakat Desa Japan menjelaskan bahwa tradisi makan bersama ketupat sepanjang seribu meter itu dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur warga Desa Japan karena masih bisa dipertemukan dengan bulan Ramadhan, Idul Fitri dan Syawal. "Pada acara ini warga juga saling halal bihalal dan bermaaf-maafkan serta saling menjalin silaturahmi," kata Edy Iswahyudi. 

Pihaknya menjelaskan bahwa disela-sela acara juga dilaksanakan doa bersama dan pagelaran seni Reyog Ponorogo. "Silaturahmi dilanjutkan hiburan serta pada malam hari dilaksanakan pengajian akbar di tempat yang sama," tambahnya.
Pada acara makan bersama ketupat sepanjang seribu meter itu warga tinggal menikmati saja karena pihak panitia sudah menyiapkan tempat, ketupat serta sayur mayur. "Acara cukup semarak dan menarik semua yang hadir," pungkasnya. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Belajar Menjadi Orang Kaya 16 Jan 2018 08:56 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 
 

 

 
Kereta Kehidupan 03 Jan 2018 03:08 WIB

Kemarin Hari Ini dan Esok 03 Jan 2018 02:04 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia