KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahUsulan Pembentukan Wartawan Unit DPRD Tidak Dijawab Pemkab Serdang Bedagai oleh : Agus Suriadi
21-Nov-2017, 20:36 WIB


 
 
Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sergai terkait pembahasan R-APBD Sergai TA 2018, Kamis (16/11)  di gedung DPRD Sergai, Dusun II Desa Firdaus, Sei Rampah.Sambil menyampaikan pandangan umum Fraksi, tiga fraksi antara lain
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

Kontemplasi (تفكر) 23 Nov 2017 09:41 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Upacara Pemberangkatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Tahun 2015

 
DAERAH

Upacara Pemberangkatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya Tahun 2015
Oleh : Dedi Sugiri | 16-Des-2015, 18:54:01 WIB

KabarIndonesia - Palembang, Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dilepas  Danrem Kolonel Inf Tri Winarno. Kegiatan diawali dari titik star di lapangan bola Suryadi Kec. Mesuji Untuk menuju etape pertama di desa Bumi Harjo Kec. Lempuing Jaya  dengan jarak tempuh sekitar 25 km.(16/12) Sedangkan untuk Peleton Inti Yudha Wastu Pramuka Jaya adalah dari Yonif 143/TWEJ.

Amanat Danpussenif Kodiklat TNI AD Mayor Jenderal TNI Prihadi Agus Irianto yang dibacakan  oleh Danrem 044/Gapo/Kolonel Inf Tri Winarno. Salah satu catatan peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah infanteri adalah peristiwa saat menghadapi agresi militer Belanda II tanggal 19 Desember 1948.Dimana pada saat itu, Panglima Besar Jenderal Sudirman memgeluarkan perintah kilat no. 1/pb/d/1948 yang ditujukan kepada angkatan perang RI untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya yaitu perintah siasat no.1/1948 tanggal 12 juni 1948, untuk melawan musuh dengan melaksanakan perang rakyat semesta dimana pasukan-pasukan yang hijrah melaksanakan aksi wingate (infiltrasi) dengan cara long mars kembali ke wilayah masing-masing dan membentuk wehrkreise (kantong-kantong kekuatan) sebagai titik-titik kuat pertempuran gerilya. Bentuk dan siasat pertempuran yang digunakan tersebut merupakan taktik dan strategi prajurit infanteri untuk melanjutkan perjuangan dalam rangka mempertahankan kemerdekaan.

Dari peristiwa tanggal 19 desember 1948 tersebut kita mendapatkan nilai-nilai ketokohan, patriotisme, kepemimpinan dari seorang panglima besar Jenderal Sudirman, nilai kejuangan, profesionalisme keprajuritan dan sifat pantang menyerah serta nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat yang harus selalu terpatri dalam jiwa, sikap dan tindakan setiap prajurit Infanteri. Untuk mengabadikan nilai-nilai tersebut,  maka TNI AD menetapkan hari tersebut sebagai "hari infanteri" yang sampai saat ini telah memasuki usia ke enam puluh tujuh tahun.

Melihat sejarah ditetapkannya hari Infanteri tersebut, maka peran, tugas dan fungsi TNI AD khususnya prajurit Infanteri tidak dapat dipisahkan dengan lingkungan masyarakat sekitarnya. Kebersamaan dengan rakyat menjadi bagian penting dan strategis dalam mendukung pencapaian tuntutan profesionalisme prajurit dan satuan Infanteri.

Jalinan persaudaraan yang ada saat ini dapat dijadikan momen penting untuk penguatan mentalitas dan jati diri bangsa yang merupakan hal mendasar dalam membangun karakter bangsa yang kokoh dan kuat. Maka bersama rakyat, satuan Infanteri harus semangat Indonesia dan semangat untuk menegakkan jati diri sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat. Bersama rakyat pula satuan beserta prajurit Infanteri takkan pernah berhenti mempersembahkan dedikasi bagi  negeri  tercinta, mengembangkan langkah-langkah untuk mengobarkan persatuan dan kesatuan.

Selain itu, perlu menjadi atensi bagi para peserta upacara sekalian bahwa menurut catatan sejarah, pada tanggal 19 desember 1948 yang bertepatan dengan agresi militer belanda II, mr. Syafruddin  prawira  negara  yang  saat itu menjabat sebagai menteri kemakmuran kabinet presiden Soekarno mendapatkan mandat dari presiden Soekarno untuk membentuk pemerintahan darurat republik indonesia (PDRI) di Bukit Tinggi, Sumatera Barat sebagai suatu bentuk perjuangan bangsa dalam  rangka mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah karena Yogyakarta yang pada saat itu sebagai ibu kota negara Republik Indonesia diserang dan jatuh ke tangan Belanda.

Usai Upacara,  Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Tri Winarno mengibarkan bendera start, sebagai tanda diberangkatkannya kegiatan Peleton Beranting etape pertama.

Upacara dihadiri oleh para Dandim OKI Letkol Inf Dwi Irbaya, Kabaglat Rindam II/Swj, Letkol Inf Rusdian, Kapolsek Mesuji, Akp Salahudin Deni, DPR OKI, H Sodik dan Camat Mesuji, Mukhlis.

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini. Kunjungi segera: http://www.kabarindonesia.com/

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia