KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPolri dan Bawaslu Siap Optimalkan Kelancaran Pelaksanaan Pemilu 2019 oleh : Rohmah S
13-Sep-2018, 16:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Terkait dengan pelaksanaan pemilu tahun 2019 mendatang, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjamin  semua akan berjalan aman dan lancar.  Guna memaksimalkan melaksanakaan pengamanan pemilu, Polri sudah bersiap diri lebih dini dengan mematangkan strategi pengamanan. Adapun dalam pelaksanaan pengamanan
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

Hidup adalah Belajar 29 Aug 2018 06:45 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 
 
DAERAH

Tim Provinsi Sumut Monitoring Desa Binaan Sembilan Kategori di Samosir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 07-Sep-2018, 14:33:26 WIB

KabarIndonesia - Sebagaimana dikabarkan melalui relis pemkab Samosir, bahwa pada hari Jumat (7/9) Tim Provinsi Sumatera Utara melaksanakan monitoring Desa Binaan sembilan kategori di Desa Siopat Sosor JTS Hotel Parbaba.

Menurut Ketua Tim, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan kegiatan desa/kelurahan binaan Kabupaten yang diperlombakan ke tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2018. Juga untuk menyamakan persepsi secara berjenjang antara TP PKK Desa/Kelurahan, TP PKK Kecamatan dan TP PKK Kabupaten dalam rangka pelaksanaan Desa Binaan kabupaten Samosir sebagai mitra pemerintah untuk mengimplementasikan sepuluh program pokok PKK.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat dan Desa Rawati Simbolon, S. Pd, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan khusus kegiatan pembinaan desa dengan sembilan kategori untuk mendekatkan pembangunan kepada masyarakat agar tercapai kualitas keluarga yang baik dan sejahtera dengan melaksanakan dan mewujudkan implementasi sepuluh program pokok PKK dalam pembinaan desa/kelurahan.

Adapun Desa yang diperlombakan untuk sembilan kategori ke tingkat Provinsi adalah:
1. Desa Sibonor Ompu Ratus, kecamatan Nainggolan sebagai desa binaan kategori tertib administrasi PKK;
2. Desa Ginolat kecamatan Sianjur Mulamula sebagai desa binaan kategori Perempuan Anak dan Remaja (PAAR).
3. Desa Siopat Sosor kecamatan Pangururan sebagai desa binaan UP2K PKK;
4. Kelurahan Tuktuk Siadong kecamatan Simanindo sebagai kelurahan binaan pemanfaatan tanah pekarangan (Hatinya PKK);
5. Desa Sipira kecamatan Onan Runggu sebagai desa binaan pelaksanaan IVA TEST;
6. Desa Huta Namora kecamatan Pangururan sebagai desa binaan KESRAG PKK KB KESEHATAN;
7. Desa Boho kecamatan Sianjur Mulamula sebagai desa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS);
8. Desa Pallombuan kecamatan Palipi sebagai desa binaan Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS);
9. Desa Suhut Nihuta Pardomuan kecamatan Palipi sebagai desa binaan POSYANDU.

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Samosir Ibu Tina Juang Sinaga boru Panjaitan menyampaikan bahwa seluruh upaya yang telah dilakukan oleh Gerakan PKK harus diarahkan pada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih maju, bahagia, sehat, dan sejahtera. Wakil Ketua Penggerak PKK Samosir tersebut selanjutnya menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan gerakan PKK di Kabupaten Samosir selama tahun 2018.

Sementara itu, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga dalam sambutannya pada acara monitoring ini menyampaikan bahwa: "Gerakan PKK yang dilaksanakan selama ini telah berupaya untuk mewujudkan keluarga yang mandiri dan sejahtera melalui sepuluh program pokok PKK. Pembinaan desa/kelurahan percontohan yang dilaksanakan setiap tahun adalah salah satu upaya Pemerintah Kabupaten untuk pemberdayaan masyarakat yang motor penggeraknya Tim Penggerak PKK".

Juang Sinaga menjelaskan bahwa pelaksanaannya sepuluh program pokok PKK tidak semata mata tanggungjawab tim penggerak PKK tetapi bermitra dengan OPD sebagai Pembina dan partisipasi seluruh masyarakat desa. "Diharapkan gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya meningkatkan dan mensejahterakan setiap keluarga menuju masyarakat maju dan mandiri." sebutnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati Samosir menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran tim penggerak PKK dan para Kadernya yang telah bersusah payah bekerja. Demikian juga kepada seluruh OPD yang telah berperan aktif dalam memberi pembinaan, program dan bantuan material kepada desa binaan Kabupaten Samosir.

Ketua Tim Monitoring Provinsi Sumatera Utara Teja Saripudin menegaskan bahwa menjadi juara lomba Desa Binaan bukan sebagai tujuan akhir, tetapi sebagai motivasi kepada seluruh PKK dan Kadernya untuk bergiat dan membina masyarakat Desa, secara berkesinambungan dan mandiri.

"Pengalaman menunjukkan, banyak Desa yang berhasil menjadi juara namun hasil pembinaan tidak dirawat atau dipelihara secara kontinu, hingga beberapa tahun kemudian, Desa tersebut kembali seperti semula."kata Ketua Tim.

Sebelum Tim melakukan monitoring langsung, Ketua Tim menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah kabupaten Samosir atas sambutan dan antusias yang luar biasa. Ditegaskannya bahwa PKK tidaklah dibantu oleh OPD tetapi membantu OPD dalam melaksanakan sosialisasi program Pemerintah kepada masyarakat.

Selanjutnya Tim melakukan wawancara, dialog dengan para kader dan perwakilan warga masyarakat serta melakukan peninjauan ke lapangan untuk melihat hasil kinerja pembinaan yang dilakukan.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buat Bit Untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia