KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalHumas Indonesia Butuh Dewan Kehumasan oleh : Rohmah Sugiarti
10-Des-2017, 23:29 WIB


 
 
KabarIndonesia – Profesi Hubungan Masyarakat (Humas) atau Public Relations (PR) di Indonesia butuh sebuah lembaga independen yang bertugas membina pertumbuhan dan perkembangan kehumasan nasional. Kebutuhan ini semakin relevan dan mendesak dengan dibukanya keran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang membuka akses
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

TebingTinggi Butuh Program Penanganan Sungai Untuk Atasi Banjir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 04-Des-2017, 07:49:28 WIB

KabarIndonesia - Turunnya hujan lebat selama dua hari berturut-turut di kawasan kota Tebing Tinggi, Sumut, telah mengakibatkan bencana banjir yang melanda 22 kelurahan, membuat 5.985 keluarga harus mengungsi dan terserang penyakit flu, demam, gatal-gatal. Menurut para pengamat dan warga masyarakat banjir di kota 'lemang' tersebut bukan hal yang pertama kali terjadi. Karena itu diperlukan tindakan preventif sehingga bencana banjir dapat dicegah dan tak terulang lagi. Beberapa hal yang mesti dibenahi adalah kondisi sungai serta penataan penduduk.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba meminta sejumlah stakeholder serius menangani persoalan banjir di Kota Tebingtinggi. Parlindungan mengatakan, kota Tebingtinggi belum memiliki program penanganan banjir, padahal terdapat tiga sungai besar yang melintas dan mengaliri kota itu yakni Sungai (Sei) Padang, Sei Bahilang dan Sei Sibaro, satu di antaranya berhulu di kabupaten Serdangbedagai.

"Saya mendapat informasi bahwa belum ada program penanganan banjir di Tebingtinggi. Padahal ada tiga sungai besar yang melintasi kota ini," kata Parlindungan Purba pada Nanda F. Batubara, jurnalis tribun-medan.com, di Grand Aston City Hall Medan Jalan Balai Kota, Minggu (3/12/2017).

Oleh karena itu, menurut Parlindungan, "kedua pemerintah daerah tersebut (kota Tebingtinggi dan kabupaten Sergai) mesti duduk bersama mencari solusi. Kalau tidak, ya begini-begini terus setiap. cuaca ekstrem dan curah hujan tinggi". Parlindungan mengatakan, dirinya akan segera berkomunikasi dengan BNPB agar segera mencairkan dana penanggulangan banjir di Kota Tebingtinggi.

Terpisah, Kepala Seksi Pelaksanaan Balai Wilayah Sungai II Sumut Junjungan Saragih membenarkan ada tiga sungai yang melintasi Kota Tebingtinggi. Karena curah hujan yang tinggi, ketiga sungai ini meluap sehingga membanjiri kota tersebut. Junjungan membenarkan bahwa hingga saat ini belum ada program penanganan banjir di kota tersebut.

"Di Tebing itu banjir karena curah hujan tinggi, kemudian di kota itu belum ada pengendali banjir. Dan ada yang khas, yaitu kota ini merupakan pertemuan tiga sungai. Kalau lagi curah hujan tinggi ya menuju ke Tebingtinggi," katanya Nanda Batubara melalui sambungan telepon.

Junjungan menambahkan, diperlukan pembebasan lahan di wilayah sungai-sungai yang melintasi Kota Tebingtinggi guna mencegah bencana serupa terulang. Namun, karena berbagai alasan, pembebasan lahan itu cukup rumit.

"Kalau kami sudah punya detail pengendalian banjir, memang terus terang ini masih dievaluasi. Dibutuhkan semacam bypass, jadi sungai Bahilang yang masuk ke Tebingtinggi dibuat alur baru sehingga keluar dari kota. Tapi problemnya perlu pembebasan tanah cukup luas, berkilo-kilo meter," katanya.
"Dan itu susahnya, wali kota (Tebingtinggi) tidak bisa berbuat apa-apa karena tanahnya di Serdangbedagai," pungkasnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kemeriahan Konser Akhir Tahun JOOX Festival Hura Ceria 2017oleh : Rohmah Sugiarti
10-Des-2017, 23:02 WIB


 
  Kemeriahan Konser Akhir Tahun JOOX Festival Hura Ceria 2017 Kota Bandung sempat diguyur hujan deras sejak siang, rupanya animo kaum muda dan pecinta musik tidak ikut surut sesudah hujan. Sesuai jadwal, tepat pukul 16.00, panggung “JOOX Live Festival Hura Ceria”, yang diadakan pada Sabtu, 9 Desember 2017 di Lapangan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Mengenang Hari Juang Kartika 13 Des 2017 11:39 WIB

 

 

 

 

 

 
Hasapi dan Sarune Batak 05 Des 2017 02:46 WIB

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia