KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKapolri Terbitkan Maklumat Cegah Klaster Baru Covid-19 Terutama di Pilkada 2020 oleh : Danny Melani Butarbutar
21-Sep-2020, 15:35 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Maklumat untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 di masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Maklumat Kapolri bernomor Mak/3/IX/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020.

"Jadi
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Sosok Bunian Lahir Di Tubaba
Oleh : Yunastanto | 22-Jan-2020, 17:16:51 WIB

KabarIndonesia - Tulang Bawang Barat, Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad, ikrarkan kelahiran sosok bernama "Bunian" di Kota Budaya Uluan Nughik di Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Rabu (22/01/2020).

Pernyataan orang nomor satu di Tubaba ini disampaikan saat membuka kegiatan Sharing Time: Megalithic Millennium Art yang akan dilangsungkan selama enam hari (22-26 Januari 2020). "Lahirnya makhluk ini kita sepakati bernama Bunian, yang akan menjaga kelestarian alam, dan tutur-tutur ini akan menjadi skema pembelajaran di sekolah-sekolah dasar dan menengah di Tubaba," jelas Umar.

Kenapa lahirnya Bunian tanya bupati, karena dalam konsep-konsep mitologi orang Lampung tidak mengenal konsep Pandawa sementara hanya mengenal konsep Kurawa. Jadi, orang Lampung mengajarkan kebaikan dengan banyak menyebut bagi orang yang melakukan keburukan dengan istilah sosok makhluk yang menggambarkan sifat-sifat buruk manusia seperti sifat rakus, sifat tamak dan lain sebagainya.

"Dimasa sekarang, kebaikan itu penting disebarluaskan kepada orang lain, sehingga kebaikan yang kita tanam bisa benar-benar meluas di tanah yang kita cintai," kata Umar.
Bupati juga menjelaskan kegiatan Sharing Time: Megalithic Millennium Art merupakan gagasan hasil dari diskusi bersama Alm. Mbah Prapto Suryodarmo pendiri Padepokan Lemah Putih Karang Anyar, Solo, Jawa Tengah. Ketika itu Mbah Prapto merespon sangat cepat dan menentukan satu titik yang mesti digagas di Tubaba

"Dengan kegiatan ini, kita akan menandai relasi hubungan manusia dengan alam, yang kita tempatkan di Las Sengok, yakni tempat bersifat megalitikum dan akan menjadi kenangan untuk masa-masa yang akan datang," ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu, Umar juga menjelaskan tentang Kota Uluan Nughik, Uluan berarti "atas" dan Nughik berarti "kehidupan" sehingga dapat diartikan kota yang menjadi awal kehidupan dan menjadi kota yang berbasis ekologi.
"Kepada seluruh warga masyarakat Tubaba mohon dukungannya, do'anya agar kiranya Sharing Time ini bisa benar-benar menghasilkan buah pemikiran yang berguna khususnya bagi Tubaba, dan bagi alam semesta yang kita cintai ini," tukasnya.

Selain melibatkan budayawan nasional acara tersebut juga menghadirkan budayawan dari 7 negara. Pada pembukaan kegiatan tersebut, Melati Surya Dharma ( Anak Alm Suprapto Surya Dharma ) dengan haru menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Tubaba. "Saya mengucapkan terima kasih kepada kepada Kab.Tubaba atas terselenggaranya kegiatan ini, selain sebagai bentuk perhargaan untuk ayah saya, kegiatan budaya ini merupakan upaya memajukan budaya khususnya budaya Lampung di Tubaba," pungkasnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 
Investasi Reksa Dana Kian Mudah 26 Sep 2020 19:02 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia