KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HiburanToko Boekoe Tempo Doeloe oleh : Kabarindonesia
04-Apr-2020, 09:39 WIB


 
 
KabarIndonesia - Hampir setiap anak Tempo Doeloe senang baca komik, termasuk saya. Sebelum ada komik dalam bentuk buku, kami selalu membaca komik strip yang terdapat di koran ataupun majalah.

Misalnya, Put On yang terbit rutin di surat
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemunafik 05 Apr 2020 16:00 WIB

Rembulan di Celah Matamu 07 Mar 2020 15:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
UDAH BOSAN BINGIT EUUY! 06 Apr 2020 15:03 WIB

 
 
DAERAH

Sosialisasi 4 Pilar Berbangsa dan Pengukuhan KMDT Cabang Samosir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 09-Feb-2020, 15:06:55 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Ketua MPR RI Bamsoet diwakili Staf khususnya Jhonson Rajagukguk melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Hotel JTS jalan Simanindo, desa Parbaba, kecamatan Pangururan kabupaten Samosir , Sabtu (08/02/20).

Dikabarkan ketua MPR Bambang Soesatyo yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina KMDT ini seyogianya hadir dalam Sosialisasi 4 pilar sekaligus menyaksikan pengukuhan Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) Cabang Samosir. Namun Bansoet urung hadir karena usai Sosialisasi 4 Pilar dan pelantikan KMDT Tapanuli Utara (7/2), dari bandara Silangit langsung terbang menuju Kalimantan untuk mengikuti kegiatan Presiden Jokowi.

Menurut ketua MPR melalui Staf khusus Jhonson bahwa sosialisasi 4 pilar dimaksud bertujuan untuk mengingatkan, menumbuhkan serta mengamalkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Empat pilar dimaksud meliputi, Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, UUD NKRI sebagai konstitusi negara serta Negara Kesatuan RI sebagai bentuk negara.

Acara sosialisasi 4 pilar kebangsaan tersebut dihadiri pelajar SMA Negeri 2 Pangururan, kepala desa se-kabupaten Samosir, anggota DPRD Kabupaten Samosir Nasib Simbolon, Parluhutan Samosir dan Magdalena Sitinjak. Juga para tokoh agama dan tokoh masyarakat, pemuda termasuk DPP KMDT dipimpin Ketua Umumnya Edison Manurung, SH, MM. Hadir 50 orang berseragam putih, mereka adalah Pengurus dan anggota KMDT kabupaten Samosir.

Bupati Samosir diwakili Asisten III Lemen Manurung SPd membuka secara resmi pertemuan-sosialisasi tersebut. Dalam sambutannya mengatakan, bahwa empat pilar kebangsaan yang dilaksanakan saat ini agar diikuti dan dimaknai secara sungguh sungguh. "Hal ini mendorong kita untuk menumbuhkembangkan rasa cinta tanah air dan cinta terhadap sesama. Kemudian akan menimbulkan semangat gotong royong, saling menghargai walau berbeda suku ras dan agama." sebutnya.

Selanjutnya Jhonson Rajagukguk dalam sosialisasi menyebutkan bahwa nilai dalam 4 pilar akan mendorong adanya keberagaman akan menjadi satu yaitu Indonesia. "Saat ini bangsa Indonesia dihadapkan pada multi persoalan, sehingga perlulah kepada seluruh warga negara ditanamkam rasa dan nilai nilai kebangsaan. Sehingga, seluruh warga negara akan mengamalkannya dalam hidup dan kehidupannya. Dengan demikian godaan dan tantangan yang datang dari dalam maupun dari luar untuk mencoba merongrong NKRI akan terpatahkan," ujar Jhonson dengan mantap.

Sementara itu, mantan Bupati Samosir dua periode Ir Mangindar Simbolon dalam kesempatan itu, menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas dilaksanakannya sosialisasi 4 pilar kebangsaan tersebut di kabupaten Samosir. Hal seperti ini sesungguhnya dimasa lalu sudah melalui penataran P4, hanya pengamalannya kurang dilakukan.

Menurutnya, saat ini ada poin yang menonjolkan dan memerlukan penangan serius yaitu toleransi antar umat beragama. Warga kabupaten Samosir khususnya dan orang Batak pada umumnya sangat toleran terhadap beda agama. "Orang Batak selalu siap menerima perbedaan dan pendatang tetap dianggap sebagai raja. Karenanya, siapapun yang datang di tanah Batak, selalu diterima, dijamu dan dihargai walaupun beda agama dan suku," ujar Mangindar.

Masih menurut Mangindar, negeri ini memiliki keragaman, namun masih ada beberapa wilayah di Indonesia bahwa toleransi umat beragama tidak dihargai. Hal ini membuat hati kaum minoritas tidak nyaman dalam menjalankan ibadahnya. "Maka sangat diperlukan bagi seluruh wilayah Indonesia agar ke 4 pilar berbangsa dan bernegara itu ditanamkan, dipahami dan diamalkan," pungkas Mangindar Simbolon, tokoh masyarakat yang juga menjadi Dewan Pakar KMDT.

Di akhir acara Sosialisasi 4 Pilar berbangsa dan bernegara ini, Pemkab Samosir sebagai fasilitator kegiatan memberikan cenderamata berupa ulos kepada ketua MPR RI diwakili Jhonson Rajagukguk. Penyerahan ulos dilakukan bersama Asisten III dan anggota DPRD Samosir.

Dikabarkan, usai acara pokok dilanjutkan dengan acara pelantikan dan pengukuhan Dewan Pengurus KMDT Cabang Samosir, yang sebelumnya sudah disusun dan dikoordinir penerima mandat pembentukan Drs. Melani Butarbutar, MM.

Pelantikan Pengurus cabang KMDT Samosir ini dilakukan Ketua umum DPP KMDT Edison Manurung SH, MM bersama pengurus DPP lainnya dihadapan peserta Sosialisasi. Pengukuhan ditandai dengan pengucapan janji dan penyerahan pataka KMDT kepada ketua cabang terpilih Bolusson P. Pasaribu (mantan anggota DPRD Samosir)

Adapun susunan dewan pengurus cabang KMDT Samosir ini terdiri dari Dewan Penasehat diketuai Pdt. M T Pandiangan, STh, MM; Dewan Pakar, ketua Ir. Mangindar Simbolon, MM. Pengurus harian terdiri dari Ketua, Bolusdon P Pasaribu dengan 3 orang wakil; Sekretaris Drs. Melani Butarbutar, MM, dengan 2 orang wakil sekretaris; Bendahara dan wakil dijabat Salomo Sinaga dan Dogma Hasintongan Simbolon.

Struktur kepengurusan dilengkapi dengan ketua dan anggota 8 bidang yakni: bidang Organisasi dan SDM; Hukum dan advokasi; SDA dan Lingkungan Hidup; Pendidikan, Kesehatan dan Sosial; Kepemudaan dan Olahraga; Budaya dan Kearifan Lokal; bidang Usaha, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ; bidang Humas dan Publikasi.

Ketua umum DPP KMDT Edison Manurung, SH, MM dalam pengarahannya mengatakan bahwa komite ini adalah lembaga kemasyarakatan yang independen, tidak berafiliasi dengan partai politik dan tidak berpolitik praktis. KMDT memiliki visi dan misi Percepatan pembangunan Pariwisata kawasan Danau Toba yang mendunia, dengan tugas utama menjembatani, menjalin hubungan sinergitas antara pemerintah (eksekutif-legislatif), lembaga masyarakat, pengusaha, dan stakeholders lainnya.(*)

Foto: Staf khusus MPR RI Jhonson Rajagukguk (menyandang ulos) yang disematkan Pemkab Samosir Lemen Manurung dan anggota DPRD Samosir Parluhutan Samosir bersama Magdalena Sitinjak (creditfoto Timbul Samosir)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 
Cara Mudah Mulai Investasi Saham 27 Mar 2020 16:14 WIB


 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia