KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiBerkat di Balik Wabah Corona oleh : Fida Abbott
09-Apr-2020, 01:17 WIB


 
 
KabarIndonesia - Tahun 2020 ini merupakan tahun bersejarah bagi dunia. Siapa yang tak kenal Covid-19? Makhluk kasat mata ini menjadi populer di mana-mana saat ini. Dia bukan pahlawan dunia yang umumnya dikenang sepanjang masa melainkan sebuah musuh yang dikenal oleh masyarakat
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemunafik 05 Apr 2020 16:00 WIB

Rembulan di Celah Matamu 07 Mar 2020 15:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Samosir Selenggarakan Musrenbang RKPD 2021
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 21-Mar-2020, 02:04:12 WIB

KabarIndonesia< - Samosir. Di tengah adanya himbauan Pemerintah untuk mengurangi dan atau menunda pertemuan-kerumunan sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19, Pemkab Samosir menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2021, Kamis (19/3/2020), di Hotel JTS Parbaba.

Musrenbang RKPD 2021 dengan tema “Mendorong Kemandirian Masyarakat untuk Memantapkan Nilai Tambah bidang Pariwisata dan Pertanian", dibuka secara resmi Bupati Samosir Rapidin Simbolon didampingi Wakil bupati Juang Sinaga.

Turut hadir Ketua DPRD Saut Martua Tamba, Kapolres Samosir, Kejari Samosir, Danramil Pangururan, Staf Kementerian PUPR, Kementerian Parekaf, Kementerian Pertanian, dan Kepala Bappeda Provsu, Sekdakab, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para pimpinan OPD, Camat, Kepala Desa, BUMN/BUMD, Instansi vertikal, Ketua dan Wakil ketua TP. PKK, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, LSM dan Pers.

Dalam sambutannya Bupati Samosir menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya Musrenbang merupakan mekanisme perencanaan tahunan dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat. Sekaligus sebagai wadah partisipasi para stakeholder untuk merumuskan dan menyepakati rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif dan transparan. Akan dapat difungsikan atau dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian.

Dikatakannya, pemerintah daerah bersama dengan lembaga legislatif akan selalu konsisten dalam meningkatkan pelayanan publik di semua sektor untuk pencapaian visi dan misi kabupaten Samosir yaitu “Terwujudnya Masyarakat Samosir Yang Sejahtera, Mandiri dan Berdaya Saing Berbasis Pada Pariwisata dan Pertanian”.

Selain itu, dipaparkan Bupati, Musrenbang RKPD juga bertujuan untuk menyelaraskan program-program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah dengan arah kebijakan, yang sesuai dengan sasaran pembangunan Nasional dan Provinsi. Mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada Pemerintah Daerah pada musrenbang kecamatan sampai tingkat Desa. Mempertajam indikator dan target kinerja program pembangunan daerah serta menyepakati prioritas pembangunan daerah dan rencana kerja sekaligus pendanaannya.

Berdasarkan thema diatas, ada 6 program prioritas yang akan dilaksanakan, yaitu ” Peningkatan kualitas SDM dan penurunan angka kemiskinan, Peningkatan aksesibilitas dan kualitas infrastruktur untuk mendukung pariwisata dan pertanian, Peningkatan nilai tambah ekonomi melalui kreativitas dan inovasi daerah, Pengelolaan sumber daya air dan peningkatan kualitas lingkungan hidup, Percepatan reformasi birokrasi dan peningkatan sistem pemerintahan berbasis elektronik serta Fasilitasi dan dukungan program KSPN super prioritas Danau Toba.

“Kepada seluruh Masyarakat kabupaten Samosir dan seluruh stakeholder-shareholder, mari kita bersama-sama membangun kabupaten samosir ke arah yang lebih baik dengan tulus dan ikhlas”, papar Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba mengatakan, bahwa pemerintah dan masyarakat harus bermusyawarah terbuka didalam Musrenbang. Hal ini akan menjadi forum tentang menentukan dalam rangka menilai konsistensi kita terhadap rencana pembangunan jangka panjang yang sudah kita sepakati tahun 2016 sampai dengan 2021.

"Oleh karena keberhasilan dalam mengikuti rencana pembangunan jangka bertahap yang sudah disepakati pada hari ini. Dengan demikian kepada kita sekalian supaya memberikan sumbangsih pemikiran yang terbaik dalam rangka sukseskan program - program pembangunan yang akan kita laksanakan," sebutnya.

Menurut Saut Martua, Pemkab Samosir sebelumnya telah mendapatkan beberapa laporan -laporan pembangunan Kabupaten Samosir, Saut Martua Tamba, DPRD Kabupaten Samosir memberikan apresiasi atas prestasi - prestasi yang tercapai tersebut. "Akan tetapi masih banyak hal yang harus kita sepakati bersama untuk dilakukan kedepan sehingga Kabupaten Samosir ini menjadi yang terbaik" ujarnya.

Saut juga menghimbau agar forum ini tidak hanya terfokus dalam program - program pembangunan fisik dan infrastruktur tetapi termasuk rencana peningkatan kualias SDM dan pemberantasan angka kemiskinan. Dan berharap seluruhnya stakeholder untuk lebih aktif dalam menyelesaikan masalah ini.

Himbauan terakhir dari ketua DPRD Samosir adalah di dalam mengantisipasi menularnya virus cov-19 masyarakat untuk saling was - was dan membatasi diri terhadap hal - hal yang menimbulkan penyakit.

Terkait himbauan ketua DPRD Samosir ini, disela-sela acara pembukaan Kadis Kominfo, Rohani Bakkara selaku ketua gugus bidang komunikasi publik mengatakan bahwa Pemkab Samosir telah menerbitkan surat edaran serta menyosialisasikannya kepada masyarakat di Samosir.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 
Cara Mudah Mulai Investasi Saham 27 Mar 2020 16:14 WIB


 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia