KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiTiga Rahasia Harmonis SBY dan Ani Yudhoyono oleh : Rohmah S
24-Apr-2018, 05:03 WIB


 
 
KabarIndonesia - Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mengungkapkan rahasia keharmonisan rumah tangga bersama Ani Yudhoyono, kala berdialog dengan warga Kota Tangerang dalam lawatan Tour de Banten, Senin (23/4/2018) malam.

Rahasia tersebut diungkapkan SBY menjawab pertanyaan seorang warga
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemimpin 01 Mar 2018 12:42 WIB

Penghianat 22 Feb 2018 12:07 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Samosir Akan MoU Transfer Tekhnologi, Pariwisata dan Pembangunan Infrastruktur Sosial dengan Banyuwangi
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 15-Mar-2018, 17:11:21 WIB

KabarIndonesia - Samosir,  Bupati Samosir Rapidin Simbolon bersama beberapa kepala OPD Samosir melakukan studi banding ke kabupaten Bayuwangi, provinsi Jawa Timur (13/3) . Kunjungan ini dikatakan sebagai studi banding bersama, sebab ada tiga daerah dari kawasan Danau Toba yang bersama-sama yakni rombongan Bupati Samosir, rombongan Bupati Tobasa Darwin Siagian dan rombongan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor.

Demikian dikabarkan Kepala bagian Humas Samosir Siswanto Sinambela dari Banyuwangi, saat mendampingi Bupati Samosir bersama rombongan antara lain Kepala Bappeda Rudi Siahaan, Kepala Dinas Pariwisata Ombang Siboro, Kadis Nakerkoperindag Viktor Sitinjak, Kepala Dinas PUPR Pantas Samosir, Kadis PPAMD Rawati Simbolon , Kabag Umum Vikbon Simbolon.

Menurut Siswanto, kunjungan ini akan berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 13/3/2018 dengan agenda melihat langsung berbagai program inovatif yang kalau memungkinkan diterapkan di kawasan Danau Toba. Rombongann studi banding ini diterima langsung Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di pendopo Kabupaten Banyuwangi.

Pada kesempatan pertemuan sambutan teesebut, Bupati Banyuwangi Abdulah Azwar Anas memaparkan berbagai hal yang sudah dilakukan dan akan dilakukan Pemkab Banyuwangi untuk meningkatkan pelayanan kemasyarakatan seperti membuka akses jalur udara, penataan SDM, hingga mengajak rakyat untuk berpartisipasi.

"Untuk mensukseskan semua program ini kita harus melibatkan masyarakat, kita buat masyarakat berperan misalnya atraksi seni yang sudah hidup di masyarakat kita berikan panggung lebih luas. Selain itu, di kawasan wisata kita bentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis), merekalah yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan kebersihan tempat wisata sambungnya," papar Azwar Anas.

Di akhir sambutannya, Bupati Banyuwangi yang didampingi wakil bupati mengapresiasi kunjungan tamunya dan menyatakan Banyuwangi juga perlu belajar pariwisata ke Danau Toba. "Kehadiran tiga kepala daerah ini juga akan dimanfaatkan Banyuwangi untuk belajar banyak hal, Danau Toba sudah kesohor, kita juga perlu belajar. Beliau-beliau adalah bupati spesial karena menjadi pemangku kepentingan sebuah destinasi luar biasa kebanggaan Indonesia, yaitu Danau Toba," jelasnya kepada awak media yang hadir pada acara penyambutan.

Menyambut paparan Bupati Banyuwangi tersebut, Bupati Samosir Rapidin mengaku bahwa kedatangan rombongan ketiga bupati ke kabupaten Banyuwangi adalah atas arahan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan. "Pak Luhut menyampaikan agar Bupati di kawasan Danau Toba melihat langsung perkembangan Kabupaten Banyuwangi sebagai salah satu daerah yang berhasil mengembangkan daerahnya yang dulunya daerah tidak dikenal," ujar Rapidin Simbolon.
Selanjutnya, seraya mengapresiasi perkembangan Banyuwangi dipimpin Abdullah Azwar Anas, Bupati Samosir dan rombongan menjelaskan bahwa mereka mendatangi Banyuwangi untuk mengetahui perkembangan kepariwisataan dan berbagai program inovatif lainnya di Banyuwangi. "Kami bertiga selaku bupati mengapresiasi pembangunan kepariwisataan di kabupaten Banyuwangi yang menitikberatkan pada partisipasi masyarakat melalui Pokdarwis dan pihak investor berbasis budaya dan kearifan lokal." sebut Rapidin Simbolon.

Usai acara penyambutan, Bupati Samosir bersama Bupati Tobasa, Bupati Humbahas dan rombongan, didampingi Wabup Banyuwangi Yusuf Widyatmoko mengunjungi beberapa objek atau destinasi. Adapun daerah-daerah yang dikunjungi rombongan yakni Lounge Pelayanan Publik, Mal Pelayanan Publik, Desa Smart Kampung Taman Sari, dan destinasi wisata Grand Watu Dodol serta Bangsring Underwater (penangkaran ikan dan terumbu karang yg dikelola masyarakat).

Disela-sela kunjungan ke berbagai objek tersebut Bupati Samosir memberi perhatian khusus pada pengelolaan desa Taman Sari. "Hal yang sangat menarik dikunjungi adalah desa Taman Sari, kecamatan Licin sebagai percontohan Smart Kampung, dimana semua pelayanan publik terintegrasi dalam satu pelayanan, mulai perencanaan, pelaksanaan dan moneva. Disini kepala desa dapat melaksanakan tugas dengan fasilitas e-gov yang sudah dibangun link langsung ke kabupaten Banyuwangi. Masyarakat terfasilitasi dengan pelayanan terpadu." ujar Rapidin mengungkapkan rasa salut atas upaya pemkab Banyuwangi.

Rapidin Simbolon juga menceritakan betapa pihak pemkab Banyuwangi telah berhasil membangun dengan terobosan dan inovasi yang dimunculkan para pejabat dan pemimpin kabupaten Samosir. Bupati Samosir ini menjelaskan hal-hal yang sudah dilakukan dan menjadi catan pelajaran buat bupati se kawasan Danau Toba.

"Peran serta masyarakat yang dibangun mulai dari kebersihan sebagai bagian dari Sapta Pesona, mengemas 77 event wisata di tahun 2018, membatasi pertunjukan seni modern oleh EO, pemberian izin usaha hotel dan resto yg harus mengadopsi ciri bangunan dan budaya lokal. Pelestarian seni budaya bagi generasi muda dengan menyediakan event lokal 310 hari panggung budaya di alun-alun kota. Dalam birokrasi dilakukan peningkatan kapasitas SDM Aparatur sampai ke tingkat Desa dengan mengembangkan aplikasi e-goverment mulai dari desa dengan program 'Smart Kampung' dan memastikan manajemen denfan 4 elemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, and Controlling) berjalan dgn semestinya. Kebersamaan dan kesejahteraan ASN menjadi modal awal membangun." jelas Rapidin Simbolon.

Usai peninjauan atau kunjingan, Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan "Kami banyak belajar di Banyuwangi. Mulai turun dari bandara kami sudah terkesima dengan bangunannya dengan konsep hijau. Setelah itu jalanan dari bandara ke kota masih banyak sawah membentang. Ini bikin segar mata," sebutnya seraya menyampaikan harapannya untuk menerapkan hasil studi banding ini di kabupaten Samosir.

"Kelanjutannya, setelah kembali dari Bayuwangi ini dikaji untuk melakukan MOU antara Pemkab Samosir dengan Pemkab Bayuwangi mengenai transfer ilmu dan teknologi khususnya mengenai IT e-goverment (smart kampung), pariwisata dan pembangunan Infrastruktur Sosial." pintanya kepada rombongan pejabat OPD yang mendampinginya di Banyuwangi. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Pelari Indonesia Pertama di FWD North Pole Marathon 2018 Wakil Direktur Utama FWD Life, Rudi Kamdani (kiri) sedang memberikan jaket FWD Life kepada Pelari Maraton Indonesia, Fedi Fianto (kanan) sebagai simbol FWD Life resmi melepas Fedi sebelum keberangkatannya ke Kutub Utara.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Pengabdian Tentara di Pojok Desa 10 Apr 2018 14:27 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia