KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Internasional oleh : Tonny Djayalaksana
24-Aug-2019, 15:51 WIB


 
 
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB


 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Ranperda RPJMD Provinsi Sumut 2018-2023: 5 Prioritas Pembangunan Menggapai Sumut Bermartabat
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 12-Feb-2019, 05:07:39 WIB

KabarIndonesia - Medan, Rancangan peraturan daerah (Ranperda) RPJMD (Rencana Pembangunan Menengah Daerah) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) tahun 2018-2023 disampaikan Gubernur Edy Rahmayadi dalam rapat paripurna DPRD Sumut, Senin (11/2) di DPRD Sumut.

Gubsu Edy menyampaikan Ranperda tersebut kepada DPRD untuk dibahas melalui Pansus yang sudah dibentuk lembaga legislatif. Rapat Paripurna DPRD Sumut tersebut dipimpin Wakil ketua Ruben Tarigan didampingi wakil ketua Aduhot Simamora dan HT Milwan.

Dalam pidato pengantarnya Gubsu menyampaikan bahwa provinsi Sumatera Utara masih menghadapi berbagai permasalahan, antara lain, cukup tingginya angka pengangguran dan kemiskinan; adanya ketimpangan antar strata sosial dan wilayah; belum terpenuhinya akses pendidikan dan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas.

Gubsu mengakui, masalah lain yang harus segera ditangani yakni, belum terpenuhinya penyediaan infrastruktur dan belum optimalnya pengelolaan lingkungan hidup dalam upaya mencapai pembangunan berkelanjutan serta reformasi birokrasi dan tata kelols pemerintahan yang baik dan bersih.

Untuk menghadapi berbagai permasalahan sekaligus menjawab tantangan pembangunan kedepan sebagaimana janji politiknya saat pencalonan kepala daerah tahun 2018 lalu, Gubsu menyebut misi pembangunan yakni Sumut yang maju, aman, dan bermartabat. Melalui RPJMD 2018-2023 diharapkan dapat diwujudkan Sumut bermartabat dalam kehidupan politik, pendidikan, pergaulan dan lingkungan.

Lebih lanjut Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan bahwa untuk mencapai visi tersebut, ditetapkan lima prioritas pembangunan Sumut di antaranya, peningkatan kesempatan kerja dan berusaha melalui penyediaan lapangan kerja sebagai solusi menghadapi masih tingginya angka pengangguran dan kemiskinan.

Prioritas pembangunan lainnya, peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan, pembangunan infrastruktur yang baik dan berwawasan lingkungan. Penyediaan layanan kesehatan berkualitas dan peningkatan daya saing melalui sektor agraris dan pariwisata.

Edy Rahmayadi juga memaparkan bahwa penetapan 5 prioritas pembangunan Sumut tersebut bertujuan membangun desa menata kota dengan sasaran utama yang ingin dicapai hingga tahun 2023, pertumbuhan ekonomi 5,7 persen dan angka inflasi diharapkan stabil pada kisaran 2,75 + 1 persen.

Penurunan angka kemiskinan 7,39 persen, penurunan tingkat pengangguran terbuka menjadi 5,1 persen, dan meningkatkan IPM menjadi 73,32 serta peningkatan pemerintahan pendapatan menjadi capaian indeks gini ratio menjadi 0,300. Demikian kabiro humas pemprovsu Ilyas Sitorus mengabarkan kepada kabarindonesia.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
DI ATAS LANGIT ADA LANGIT 23 Aug 2019 14:03 WIB


 

 
Investasi Dengan Uang Receh 20 Aug 2019 12:01 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 
Apakah (Cukup) Anda Senang? 16 Aug 2019 11:04 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia