KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPolri dan Bawaslu Siap Optimalkan Kelancaran Pelaksanaan Pemilu 2019 oleh : Rohmah S
13-Sep-2018, 16:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Terkait dengan pelaksanaan pemilu tahun 2019 mendatang, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjamin  semua akan berjalan aman dan lancar.  Guna memaksimalkan melaksanakaan pengamanan pemilu, Polri sudah bersiap diri lebih dini dengan mematangkan strategi pengamanan. Adapun dalam pelaksanaan pengamanan
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

Hidup adalah Belajar 29 Aug 2018 06:45 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 

Pilkada Tapanuli Utara:  Terindikasi Kecurangan KPU dan Panwaslih Didemo Massa

 
DAERAH

Pilkada Tapanuli Utara: Terindikasi Kecurangan KPU dan Panwaslih Didemo Massa
Oleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak | 05-Jul-2018, 08:51:43 WIB

KabarIndonesia - Tarutung, Pemilihan kepala daerah Tapanuli Utara (Taput) 27 Juni lalu hingga kini hasilnya belum bisa ditetapkan, karena terindikasi adanya kecurangan. Ribuan massa sejak Kamis (28/6) turun ke jalan memprotes keras banyaknya temuan permainan curang untuk memenangkan pasangan nomor urut 1 Nikson Nababan- Sarlandy Hutabarat (Niksar). Massa pendemo adalah pendukung fanatik pasangan nomor 2 JTP Hutabarat- Frengky Simanjuntak.

Pantauan reporter KabarIndonesia, kecurangan itu terbongkar saat ditemukannya kotak suara kosong di kecamatan Siborongborong. Diduga ada konspirasi mengubah hasil perhitungan suara di kecamatan itu untuk kepentingan calon lain. Selain itu juga ketahuan adanya permainan di KPUD Taput melibatkan sejumlah oknum pegawai di sana. Ada praktik pencoblosan kertas suara kosong untuk memenangkan calon petahana (Nikson Nababan). Tim JTP-Frends yang menemukan kasus kecurangan itu mengklaim, bahwa dari perhitungan suara murni seharusnya pasangan nomor 2 yang menang. Rata-rata di setiap TPS pasangan itu meraih suara terbanyak.
Disebutkan, ada sebanyak 15 poin kasus kecurangan yang dilapor ke Panwas. Termasuk berbagai intervensi dan intimidasi yang dilakukan terhadap pendukung JTP-Frends. Selain juga pelanggaran yang dilakukan melibatkan camat dan pimpinan SKPD saat kampanye berlangsung dan sesudahnya. "Kami tak bisa terima dikatakan kalah berdasarkan quick count lokal, yang menyebutkan pasangan yang kami dukung mencapai 40 persen," teriak massa saat demo ke kantor KPUD di Tarutung.
Selain demo ke KPU, ribuan massa juga menggeruduk kantor Panwaslih di desa Hutagalung. Massa meminta keadilan dan ketegasan Panwas menindaklanjuti laporan penyimpangan yang dilakukan secara sistematis dan konspitatif itu. Massa juga sempat menduduki gedung DPRD di pusat kota, meminta wakil rakyat itu jangan hanya duduk manis mendiamkan apa yang terjadi. 
Ketua DPRD Ir Ottoniyer Simanjuntak, yang beberap hari sebelumnya dipecat DPD PDI-P (ketua Nikson Nababan, paslon no.1), mencoba menenteramkan massa dengan pernyataan siap memperjuangkan aspirasi massa.
"Kami bukan tak siap kalah asalkan jujur. Kami punya data akurat adanya kecurangan untuk memenangkan petahana," teriak massa yang sedang emosi karena aspirasinya dianggap kurang direspon KPU.
Suasana di Tarutung pasca penghitungan suara terlihat ramai dengan massa yang berhimpun dari 15 kecamatan. Bahkan hingga larut malam massa terus bertahan di sekitar kantor KPU dan Panwas. Namun sejauh itu aksi demo tetap berjalan tertib, tidak menjurus anarki seperti dihimbau kandidat JTP Hutabarat dan Frengky Simanjuntak. Sementara dari pihak Panwas menyatakan akan menindaklanjuti semua temuan itu sesuai prosedur.
Dilaporkan bahwa sejak Jumat (29/6) utusan dari KPU dan Bawaslu Sumut sudah turun ke Tarutung untuk meneliti keadaan sebenarnya sesuai laporan yang masuk. Sementara pimpinan untuk mengendalikan keamanan sudah diambil alih Polda dengan menugaskan Kombes Hendri Marpaung.
Tim dari paslon JTP-Frends kepada media menegaskan, permainan yang diperagakan dalam memenangkan paslon nomor 1 sudah keliwat batas dan itu tak bisa ditolerir. Pasangan nomor 2 itu telah meminta kepada Panwas dan KPU agar pemilihan tanggal 27 Juni diulang tetapi dengan catatan salah satu pasangan (nomor 1) didiskualifikasi. Namun jawaban dari Panwas dan KPU sejauh itu masih belum jelas. Panwas juga terkesan tidak tegas.
Sementara itu perkembangan terakhir, kubu Toman (paslon nomor 3) sudah menyatakan untuk menyatu dengan kubu JTP-Frends (nomor 2). Dalam konperensi pers yang diadakan Jumat sore (29/6), kedua kubu sepakat meminta pemilihan diulang dengan catatan i pasangan Nikson-Sarlandy didiskualifikasi karena terbukti sudah melakukan kecurangan. Mantan bupati Taput Torang Lumbantobing (Toluto) selaku ketua tim pemenangan paslon nomor 3 (Toman) menegaskan hanya dua pasangan yang bertarung jika nantinya pemilihan ulang, yakni JTP-Frends versus Toman.
Sampai hari Senin (2/7), lima hari sejak pemungutan suara di TPS, aksi demo damai ke Panwas dan KPU masih berlangsung. Penjagaan dari pihak keamanan juga ditingkatkan melibatkan unsur TNI.  Lalu, apa reaksi kubu pasangan Nikson - Sarlandy terkait tuduhan kecurangan yang mereka perbuat. Sejauh ini belum ada reaksi atau respon resmi yang dikemukakan oleh kubu pasangan Nikson - Sarlandy terkait tuduhan kecurangan yang mereka perbuat.(*)
Teksfoto: Kantor Panwaslih Taput di Hutagalung yang terus dikepung massa pro keadilan dari kubu JTP-Frends

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia