KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
RohaniDualitas Ghaib-Nyata (2): Menemukan Resonansi Ilahi oleh : Tonny Djayalaksana
10-Des-2018, 15:05 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pada tulisan "Dualitas Ghaib-Nyata Bagian 1" telah dipaparkan tentang adanya fenomena manusia yang bisa berbicara dengan flora dan fauna. Temuan kenyataan tersebut serupa dengan yang diceritakan dalam Al Quran tentang Nabi Daud dan Nabi Sulaiman yang diberi keutamaan
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Peringatan Hari Ulang Tahun Otonomi Daerah ke-22 di Kabupaten Samosir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 25-Apr-2018, 10:00:07 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke- 22 Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Samosir di halaman Kantor Bupati Samosir, Rabu (25/04). Tema Nasional HUT OTDA ke- 22 Tahun 2018 ini adalah "Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah Yang Bersih dan Demokratis ".

Upacara peringatan HUT dipimpin oleh Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Drs. Jabiat Sagala, M. Hum, Pimpinan OPD beserta seluruh pegawai Organisasi Pemerintah Kabupaten Samosir. Demikian kabar yang disampaikan Ricky Sirumapea, Kabid Kominfo Samosir melalui akun WA kepada pewarta media ini.

Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo dalam pidato sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Samosir menyampaikan bahwa cara utama yang paling efektif mewujudkan kesejahteraan rakyat adalah melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis.

Menurut Mendagri, bersih dan demokratis artinya bukan hanya mengharuskan daerah-daerah menjalankan kewenangan otonomi daerah berlandaskan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, tetapi juga harus menjadikan transparansi dan partisipasi publik sebagai dasar dan tolak ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan sehingga apapun kebijakan itu dapat dipertanggungjawabkan kepada rakyat.

"Mewujudkan nawa cita sama artinya dengan mewujudkan kesejahteraan rakyat di setiap jengkal tanah air kita. Mewujudkan kesejahteraan akan menjadi sebuah keniscayaan jika otonomi daerah diselenggarakan secara akuntabel, transparan, berkepastian hukum dan partisipatif." kata Tjahjo Kumolo.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya menjadi syarat utama terwujudnya tujuan utama otonomi daerah yaitu peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan daya saing, kreatifitas, serta inovasi yang mengandalkan kekhasan daerah. Penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah proses demokrasi, karena hal ini menjadi syarat mutlak bagi pembangunan yang menyeluruh dan berimbang.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Menteri Dalam Negeri menegaskan tiga hal yang menjadi perhatian bersama, yaitu: "Integritas dan Etika profesionalisme bagi para pemimpin dan penyelenggara pemerintahan daerah, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good govermance) serta upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kualitas pelayan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing perekonomian daerah harus terus menjadi prioritas utama kebijakan di semua level pemerintah."

Sementara itu diperoleh informasi bahwa kabupaten Samosir adalah salah satu daerah otonomi baru dan telah merayakan hari jadinya yang ke-15 yang ditetapkan dalam UU no.36 Tahun 2004, bersama sama dengan kabupaten Serdang Bedagai. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Toba Samosir di kawasan Danau Toba Sumatera Utara. Saat ini Samosir sedang berkembang menjadi salah satu daerah destinasi wisata dalam program Kawasan Pariwisata Strategis Nasional.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia