KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRudiantara: 4,6 Juta UMKM Sudah Online oleh : Sesmon Toberius Butarbutar
15-Nov-2017, 21:01 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan berdasarkan data terdapat 4,6 juta UMKM dari target delapan juta UKM hingga 2019 telah masuk akses online.

"Kami punya target mengonlinekan delapan juta UMKM hingga tahun 2019, namun sekarang baru
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Perayaan Trisuci Waisak 2561 BE/2017 M Kabupaten Sergai *Kebersamaan Dalam Kebhinnekaan Wujudkan Kebajikan *

 
DAERAH

Perayaan Trisuci Waisak 2561 BE/2017 M Kabupaten Sergai *Kebersamaan Dalam Kebhinnekaan Wujudkan Kebajikan *
Oleh : Agus Suriadi | 11-Mei-2017, 06:35:23 WIB

Kabar Indonesia-Serdang, Ratusan umat Budha se- Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) secara khidmat menggelar acara perayaan Trisuci Waisak 2561 BE/2017 M yang dipusatkan di Vihara Lokesvara Desa Pon Kecamatan Sei Bamban, Selasa (9/5) malam.
 
Dalam perayaan tersebut hadir Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Kapolres AKBP Eko Suprihanto, SH, SIK, MH, Kajari Sergai Jabbal Nur, SH, MH, Bhiksu YM Bhante Jinadhammo Mahatera, Asisten Ekbangsos Ir. Kaharuddin, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM, Kadis Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Drs. Santun Banjarnahor, Kadis Sosial Misran, SE, Ketua MUI H. Lukman Yahya, Ketua INTI Sergai Budi Sumalim, Ketua Pembina Yayasan Sosial Muara Sutra Budi Wistan, Ketua Buddha Suci Tebing Tinggi Wardi, Kabag Kesra H. Nasrul Aziz Siregar, Tokoh Pengusaha Nurni Angsana, para Camat se-Sergai, para Bhiksu/Bhiksuni dan tokoh lintas agama.

Pada puncak acara tersebut Bhiksu YM Bhante Jhinadammo Mahatera memberikan wejangan yang mengatakan dengan keberagaman dan kebhinnekaan di Kabupaten Sergai, kami selaku umat Buddha merasa terhormat atas apa yang disajikan saat ini. Begitupun dengan tari dan budaya yang kita miliki adalah berbeda-beda tapi satu tujuannya yaitu kebaikan. “Kita menyadari bangsa kita beragam, namun kita tetap bersatu. “Kebersamaan yang dibalut dengan kebhinekaan dalam umat Budhha bukanlah hanya satu kelompok umat Buddha di sini saja, akan tetapi semua agama Buddha yang pada prinsipnya jangan berbuat jahat, namun berbuat kebaikan, ujarnya.

Bhiksu YM Bhante Jhinadammo Mahatera berpesan kepada para umat Buddha agar jangan sampai kita merasa lebih baik dari yang lain, asal hal tersebut sudah benar, maka itu sudah pasti baik, akan tetapi jika baik, belum tentu benar. Oleh karenanya yang terbaik adalah kita berbuat baik untuk orang banyak, bukan hanya baik untuk diri sendiri. Didalam keadaan buruk dan tidak baik, lebih baik jangan diucapkan dan dilakukan karena itu akan merugikan diri sendiri, sebab sang Buddha adalah insan yang sadar 100% dan tidak ada sedikitpun hal negatif dalam dirinya.

 Intinya kendalikan ucapan dan selalu berbuat baik agar kita selalu dapat hidup berdampingan dengan rukun dan damai agar tercapai tujuan bersama dalam kedamaian dan kebhinekaan, terangnya.

Sementara itu Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang berkesempatan memberikan sambutan mengemukakan ucapan syukur atas kebersamaan dalam kebhinekaan dalam rangka Trisuci Waisak pada malam ini.

Penyampaian nilai-nilai karakter yang disampaikan oleh Bhante Jinadammo adalah sangat penting dalam rangka revolusi mental dan karakter yang sesuai ajaran yang dianut adalah tanggung jawab masing-masing untuk membangunnya dengan mengembangkan lahir dan bathin serta pengendalian diri untuk berperilaku yang lebih.

Disampaikan Bupati bahwa berbuat baik tidak merugikan, dalam hal hukum, pelajari hukum guna menghindari hukuman. Kabar gembira tentang pembangunan infrastruktur jalan tol, irigasi dan jalan adalah hal baik yang harus disampaikan guna memberikan semangat peningkatan taraf perekonomian masyarakat Sergai. Memaknai istilah Memayu Hayuning Bawono baik untuk kita teladani yang artinya mari kita bermanfaat untuk diri sendiri, berguna untuk masyarakat dan berguna untuk jagat raya.

Pada saatnya kita akan memanen apa yang kita buat, jika tidak kepada kita, tentu akan ke anak cucu kita. Bagaimana menghadapi situasi yang berubah ini terkait era modernisasi seperti keberagaman budaya, serta kurangnya minat baca dan bersosialisasi karena perkembangan teknologi, hal ini patut kita sikapi guna nilai-nilai kebaikan dapat sampai seperti yang diharapkan, pungkas Soekirman.

Sedangkan Kapolres Sergai AKBP Eko Suprihanto, SH, SIK, MH juga menyampaikan rasa syukur karena keberagaman agama dan budaya ditengah masyarakat sangat terjaga dengan baik. Walau nuansa Waisak, namun tetap menganut Bhinneka Tunggal Ika. Pelajaran dari belas kasih sang Buddha mengajarkan bahwa kebaikan yang kita lakukan akan menghasilkan kebaikan, demikian juga jika kita berbuat tidak baik, hasil yang diterima juga tidak baik, ujar Kapolres.

Sebelumnya Ketua Panitia Ir. Jopinter memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas perhatian Pemkab Sergai sehingga perayaan keagamaan terutama Waisak malam ini dapat terlaksana. Hal ini juga sebagai bentuk menjaga kebhinekaan dalam keberagaman yang dilakukan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

Trisuci Waisak adalah untuk memperingati 3 peristiwa yg sangat penting yaitu kelahiran sang Buddha, penerangan sempurna, dan parinibana (mangkatnya) sang Buddha. Teladani Sang Buddha yang mengajarkan untuk selalu berbuat baik kepada sesama.

Sedangkan tema perayaan Trisuci Waisak hari ini adalah "Tingkatkan Kesadaran Bersatu Dalam Kebhinekaan, Bersama dalam Kebajikan dan Hidup Rukun Dalam Kedamian, Semoga Semua Makhluk Berbahagia" ungkap Jopinter.(*)

Teks Photo:

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman sedang menyerahkan bingkisan kepada Bhiksu YM Bhante Jinadhammo Mahatera disela-sela acara perayaan Trisuci Waisak 2561 BE/2017 M yang dipusatkan di Vihara Lokesvara Desa Pon Kecamatan Sei Bamban, (10/5). ( Photo : HOKI/Agus)





 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Menjadi Guru Yang Baik 15 Nov 2017 07:00 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia