KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiKapal dan Ratusan Penumpang Tenggelam di Perairan Simanindo-Tigaras, Danau Toba oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Jun-2018, 04:08 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas tenggelamnya kapal penumpang bernama KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba tepatnya 500 meter menuju dermaga Tiga Ras, Simalungun, Senin (18/6) sore sekitar pukul 17.30 wib.
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

Surat Untuk Wakil Rakyat 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Perayaan Hari Jadi XIV Kabupaten Samosir Sukses dan Meriah
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 28-Feb-2018, 15:37:42 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Sesuai UU nomor 36 tahun 2003 tentang pembentukan kabupaten Serdang Bedagai dan kabupaten Samosir di provinsi Sumatera Utara, dan Perda no. 28 tahun 2005, seyogianya hari jadi kabupaten Samosir ditetapkan tanggal 7 Januari, namun dengan berbagai pertimbangan melalui Perda no 25 tahun 2010, disepakati bahwa perayaan hari jadi dilaksanakan pada tgl. 27 Februari setiap tahunnya.

Demikian halnya, perayaan Hari Jadi ke 14 kabupaten Samosir tahun 2018
berlangsung pada Selasa, (27/2) di halaman kantor Bupati Samosir, jalan Raya Rianiate Pangururan, dengan tema "Dengan perayaan hari jadi XIV kabupaten Samosir, mari kita tingkatkan kinerja dan daya saing wujudkan Samosir bangkit, mandiri dan sejahtera".

Rangkaian kegiatan perayaan diawali dengan kebaktian/ibadah bersama mulai pkl. 10.00 wib dipimpin Ketua Pusat GPI, DR.Rev. M.H. Siburian, M.Min, dalam khotbahnya Pendeta menyampaikan bahwa ASN atau pegawai adalah pelayan jemaat sekaligus pelayan bagi Tuhan sehingga dalam pelayanannya pegawai Pemerintahan kabupaten Samosir diharapkan tetap berpedoman ke ajaran Tuhan.

Tepat pkl. 11 acara pokok perayaan dilaksanakan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan hymne "Samosir Membangun" karya cipta komponis Batak, alm. Drs.Bonar Gultom gelar 'guru Gorga'.

Usai penyalaan lilin hari jadi, ketua pelaksana panitia perayaan, Asisten Tatapraja Setda Samosir melaporkan bahwa tujuan dilaksanakannya perayaan hari jadi ke-14 ini adalah ungkapan rasa syukur atas limpahan berkat Tuhan dalam kehidupan masyarakat sehingga aktifitas pemerintahan, pembangunan dan sosial politik kemasyarakatan berjalam dengan aman-nyaman didasari tatanan adat istiadat dan suasana gotong royong dalam kekeluargaan. Juga untuk dijadikan momen permenungan dan evaluasi atas apa yang sudah dikerjakan serta arah kebijakan di masa depan.

Tampak hadir dalam acara ini, Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung, Kepala BPKP perwakilan Sumut Sihar Panjaitan, anggota DPR RI komisi V Roslynda Marpaung, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Ketua dan Anggota DPRD Humbanghas, Ketua DPRD Taput Ottoniyer Simanjuntak, tokoh masyarakat Nikson Nababan (bupati Taput), Bishop GKPI, Rektor USI, mantan penjabat bupati wilmar, Bupati Samosir periode 2005-2015 Mangindar Simbolon, Plt Sekda Humbang, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Provsu H. Nainggolan, mewakili Pemkab Simalungun.

Dari tuan rumah Samosir, hadir lengkap Forkompimda Kapolres Samosir, Dandim 0210/TU, Kejari Samosir, Ketua dan para wakil ketua DPRD Samosir, Ketua TP PKK dan Ketua DWP, Ketua GOW, pimpinan OPD, BUMN-BUMD, OKP, FKTM, Tokoh adat, tokoh agama, Ulama, Pemrakarsa, LSM dan Insan Pers. Turut hadir Camat, Kepala Desa dan perangkat desa se-kabupaten Samosir, Seniman-budayawan dan para ASN.

Perayaan resmi ditandai penyalaan lilin dan pemotongan kue ulang tahun dilakukan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara bersama Bupati dan Wakil Bupati Samosir serta undangan yang diiringi lagu selamat ulang tahun oleh semua hadirin. "Jaga samosir dari arah hal yg negatif, sebentar lagi kawasan danau toba tujuh kabupaten akan menjadi seperti bali, minimal adiknya bali, selamat dan sukses utk Samosir," sebut Nurhajizah Marpaung, sambil menyalakan lilin di atas kue ulang tahun. Dengan penuh semangat Wakil Gubernur memotong dan membagikan kue kepada Bupati, Wabup, Forkompimda, dan seluruh masyarakat yang hadir.

Selanjutnya acara penyampaian ucapan selamat dan kata-kata sambutan, diawali mantan penjabat Bupati Wilmar Simanjorang dan mantan Bupati Samosir Mangindar Simbolon. Keduanya bersama-sama naik ke panggung dan yang memberi sambutan disepakati Wilmar Simanjorang.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan sangat bangga dengan kepemimpinan Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga yang bekerja keras untuk pembangunan di Kabupaten Samosir . "Sudah makin terlihat nyata, begitu banyak pembangunan yang dilakukan di kabupaten ini," sebutnya.Berikutnya, Darwin Siagian, Bupati Toba Samosir mewakili bupati tetangga di kawasan Danau Toba. "Saya mewakili bupati dari Tapanuli Raya mengucapkan selamat hari jadi ke 14 Samosir yang merupakan "anak" kabupaten Toba Samosir, kita bangga atas kerja keras pak bupati dan jajarannya," sebutnya. Darwin Siagian menginformasikan bahwa pada bulan Mei tahun ini Tim Assesor UNESCO akan hadir di kawasan Geopark Nasional Kaldera Toba. "Bulan Mei akan datang Unesco dalam menilai GKT, mudah-mudahan Oktober, GKT tercatat sbg anggota Geopark Unesco" katanya.

Selanjutnya, turut memberi kata sambutan dan ucapan selamat antara lain Kepala BPKP Perwakilan Sumut, Sihar Panjaitan; Nikson Nababan (Bupati Taput sedang cuti) yang didaulat mewakili Tokoh Masyarakat kawasan Danau Toba, dan Ketua DPRD Rismawati Simarmata sekaligus mewakili Forkompimda Samosir.

Sementara itu Roslynda Marpaung, Anggota Komisi V DPR RI, mengucapkan Selamat ulang tahun Kabupaten Samosir. Dikatakannya, "kami akan terus berjuang di Pusat untuk tetap mengarahkan dana Pusat untuk disalurkan sebagian ke Kabupaten Samosir. Dengan dibangunnya jembatan 'tano ponggol' nantinya menjadi 'jembatan dalihan natolu' sebagai icon pariwisata Samosir".

Selanjutnya, Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga berdiri bersama di panggung. Wakil Bupati Samosir terlebih dahulu menyapa undangan dengan menyampaikan terimakasih atas kehadiran para tamu undangan. "Samosir akan terus melaksanakan pembangunan dengan lebih baik dan masyarakat sejahtera. Untuk mencapai tujuan itu butuh kerjasama yang baik untuk antara pemerintah dan masyarakat" imbaunya singkat dan menyilahkan Bupati untuk naik podium.

Rapidin Simbolon dalam pidatonya menyampaikan kepada para tamu dan undangan tentang berbagai hal yang sudah mereka kerjakan (red: Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga), seperti peningkatan jalan kabupaten, penataan kawasan perkotaan di Pangururan dan Nainggolan, lanjutan peningkatan jalan strategis antar Desa.

"I love you Samosir, kami juga sudah membangun pompa besar di kecamatan Palipi untuk penyediaan kebutuhan air ke persawahan dan akan kita lakukan juga di beberapa kecamatan yang lain, makanya jangan ragu untuk masyarakat bisa bertanam dua kali yang akan panen padi 2 kali setahun," ucap Bupati dengan semangat.

Selain menginformasikan keberhasilan melaksanakan pembangunan di berbagai sektor yang didanai APBD Samosir, Bupati juga 'melaporkan' pembangunan di Samosir yang didukung Pemerintah Pusat melalui dana APBN. Didahului dengan ucapan "I love you Samosir", Rapidin menyampaikan, " Samosir berterimakasih kepada pemerintah pusat yang memberikan pembangunan yang cukup besar ke Samosir, antara lain preservasi dan pelebaran jalan Pangururan-Ambarita-Tomok-Onanrunggu sebesar 367 Milyar lebih, preservasi jalan Tele-Pangururan-Nainggolan-Onan Runggu sebesar 174 Milyar lebih, pelebaran jalur tano ponggol sebesar 313 Milyar lebih".

Selanjutnya dilaporkan Rapidin, "pembangunan toilet internasional percontohan 3,5 Milyar berada di Menara Pandang Tele, peningkatan pelabuhan Simanindo dan Ambarita sebesar 18 Milyar lebih, untuk menghindari antrian panjang khususnya di masa liburan, penataan destinasi Tomok 4 Milyar lebih. Pembangunan SPAM Strategis Simanindo oleh satker SPAM Kementerian PUPR sebesar 26 Milyar lebih sehingga Simanindo, Tomok dan Tuktuk akan terlayani dari rumah ke rumah. Pembangunan jembatan Tano Ponggol oleh Balai Jalan Nasional-II.

"I love you Samosir, ini adalah program dari pusat ke wilayah kawasan danau Toba khususnya ke Samosir. Ini adalah program Presiden Jokowi, terimakasih, semoga bapak Jokowi sehat walaifat," ucapnya dengan tetap semangat.

Selain bantuan pemerintah Pusat, Bupati Samosir juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi juga sudah banyak memberikan bantuan ke Samosir. "Seperti hari ini, Gubernur memberikan lanjutan bantuan sepeda motor dan beras. Terimakasih kepada Gubernur yang sudah memberi bantuan." sebut Rapidin sambil mengarahkan pandangannya kepada Wagub Nurhajizah.Sebelum mengakhiri pidatonya, Bupati Samosir melaporkan kepada Gubernur Sumut bahwa panjang jalan Provinsi sekarang di Samosir sudah nol kilometer, karena sudah diambil alih Pusat menjadi jalan Nasional. Sehingga Samosir berharap kepada Pemerintah Provinsi agar mengambil alih penanganan jalan kabupaten menjadi jalan provinsi.

"Terkait aksesibilitas pariwisata, Samosiri juga menyediakan bus dari dan menuju Bandara Silangit, kami berikan gratis sehingga orang yang mau ke Samosir tidak terhalang. Kepada Wakil Gubernur Sumatera Utara mohon frekwensi ferry ditambahkan lagi, jika sebelumnya 2 kali seminggu menjadi tiap hari untuk fery Balige-Onan runggu dan ferry Muara-Nainggolan." pinta Bupati Rapidin Simbolon.

" I love you Samosir, kunjungan Wisata untuk tahun 2017 berjumlah 278 ribu orang terdiri dari 222 ribu orang wisatawan Nusantara dan 55 ribu orang wisatawan mancanegara berarti meningkat sebesar 4,57% dari tahun 2016 yakni sebesar 190 ribu orang. Mudah-mudahan kami Samosir memberi kontribusi yang lebih besar buat target 1 juta wisatawan ke Danau Toba yang disebut Presiden Jokowi. Peningkatan wisatawan akan meningkatkan perekonomian masyarakat sebagai efek multiplayer. Dari sisi Pendapatan Asli Daerah meningkat dari 30 Milyar menjadi 70 Milyar akibat percepatan pembangunan kawasan Samosir sebagai destinasi wisata prioritas. Untuk mendukung Pariwisata kita sudah membentuk tim Kebersihan yang ditempatkan pada pos destinasi wisata dan perkotaan, dan membenahi taman-taman kota", pungkasny seraya menambahkan bahwa untuk pelebaran Jalan Nasional ditargetkan pembebasan lahan dengan harus tuntas menyerap 180 Milyar rupiah, karena untuk Tano ponggol sudah selesai 95 %.

Acara kata sambutan terakhir disampaikan Gubernur Sumatera Utara dalam acara ini oleh Wakil Gubernur Nurhajizah Marpaung. "Saya menyampaikan terimakasih kepada Bapak Rapidin Simbolon yang sudah memberi banyak kepada rakyat, kita adalah pelayan masyarakat kita yang melayani masyarakat. Kita harus prihatin bahwa Sumatera Utara adalah ranking pertama soal Narkoba selain Jakarta." sebutnya mengawali sambutan

" Kita jangan hanya membangun fisik tapi bangunlah juga karakter, moral generasi anak-anak kita. Mohon perhatian Forkompimda untuk menyeriusi masalah Narkoba. Bupati, Wakil Bupati, Ibu Ketua PKK, Ibu ketua DWP, Ibu Ketua DPRD Samosir, segenap ASN, mari lindungi anak kita dari Narkoba." -pinta Wagub.

Lebih lanjut, Wagub meminta kepada para Bupati di kawasan Danau Toba agar secara tegas menolak investasi yang menyebabkan pencemaran air Danau Toba. "Pergub sudah menetapkan hanya 10 ton hasil KJA yang diperkenankan, jadi tujuh kabupaten harus sepakat, ini bukan persoalan ekonomi, tapi persoalan air sebagai kebutuhan hidup orang banyak-masyarakat di kawasan ini" tegasnya mengakhiri.

Usai sambutan dan arahan Wagub, acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan Gubernur berupa sepeda motor dan beras. Pemberian penghargaan kepada berbagai unsur masyarakat yang berprestasi di Kabupaten Samosir, cenderamata kepada undangan yang hadir. Juga diberi piagam penghargaan kepada mitra kerja pariwisata yakni para pelaku/pengusaha wisata, seniman, budayawan.

Dilanjutkan penandatanganan prasasti Kantor Bupati pengembangan dan Kantor DPRD Pengembangan oleh Bupati Samosir, pengguntingan pita oleh Ibu Bupati Samosir Ny.Sorta Rapidin Simbolon.

Acara pokok perayaan diakhiri makan bersama dan menyaksikan acara hiburan musik, tari serta atraksi olahraga karate dan whushu.

Disela-sela berlangsungnya hiburan musik dan lagu, Bupati Samosir dan Forkompimda menggelar konperensi pers sebagai wadah menjalin hubungan kemitraan antara Insan pers-media (cetak/online) dengan pemkab Samosir, terutama menyongsong pelaksanaan pembangunan dan agenda Nasional di daerah, termasuk Pilkada serentak (pilgubsu) dan rencana perayaan Paskah Nasional bulan April 2018.

Demikian diberitakan pewarta kabarindonesia yang turut hadir memenuhi undangan panitia. HOKI turut menyampaikan "Selamat dan Sukses Hari Jadi XIV Kabupaten Samosir" semoga berjaya menjadi "negeri indah kepingan surga".(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Indonesia Idol Guncang Tarutungoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
02-Jun-2018, 13:11 WIB


 
  Indonesia Idol Guncang Tarutung Maria Simorangkir juara Indonesia Idol 2018 mengguncang ribuan massa yang menghadiri kampanye akbar pasangan cabup/cawabup Tapanuli Utara JTP Hutabarat/Frengky Simanjuntak Kamis (31/5). Dua pasangan lainnya Nikson Nababan/Sarlandy Hutabarat dan Chrismanto Tobing/Hotman Hutasoit sudah melaksanakan kampanye akbar sesuai urutan yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Peradaban Barat dan Timur 22 Mei 2018 13:51 WIB

 

 

 

 
Jadwal Piala Dunia 2018 13 Jun 2018 04:50 WIB

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia