KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 
 
DAERAH

Penemuan Mayat ABK Kapal Nelayan Mega Top III yang Hilang
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 14-Feb-2018, 01:53:56 WIB

KabarIndonesia - Sibolga, 'Update' Berita hilangnya kapal nelayan KM Mega Top III di perairan laut samudera Indonesia kawasan Aceh. KM Mega Top III yang berangkat dari Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga tanggal 27 Desember 2017 lalu, membawa 28 ABK,

"Anggota keluarga ABK KM Mega Top III mengaku mengenali sosok mayat yang ditemukan di Pulau Wunga Nias Utara, tanggal 9 Februari 2018 lalu. Mayat itu dikenali atas nama Rizwan Naim warga Jalan Sisingamangaraja, gang Kenanga, kelurahan Aek Parombunan kota Sibolga." tulis Jason Gultom, batakpos.com kepada kabarindonesia.

Diberitakan kemarin Senin (12/2) sekira pukul 22.15 WIB sosok mayat tiba di KNTM Sibustak-bustak, Kecamatan Sibolga Selaatan yang dibawa oleh KM Sempurna. Mengetahui hal ini, keluarga ABK langsung mencari tahu dan Ayu salah seorang ibu rumah tangga yang suaminya juga sebagai ABK di Mega Top III mengaku kenal dengan mayat. Dikenalinya mayat yang mengenakan kaos kampanye Walikota Sibolga tahun 2015 pasangan Syarfi Hutauruk-Edy Polo Sitanggang. “Iya, saya kenal dari bentuk belang kepala dan tali pinggang yang masih terpasang di tubuh nya,” katanya sembari menagis di ruang mayat RSU FL Tobing Sibolga, Selasa, (13/2).

Sementara itu pihak kepolisian belum memberikan keterangan resmi, dan belum dapat memastikan apakah sosok mayat tersebut salah satu dari ABK KM Mega Top III. Pihak kepolisian masih menunggu kedatangan tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Sumut yang dikabarkan tiba di Kota Sibolga. Sembari menunggu kedatangan tim DVI Polda Sumut, jenazah saat ini berada di ruang mayat RSU FL Tobing Sibolga. Dkabarkan pula, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bambang Soelistyo akan turun ke Sibolga untuk memberikan keterangan resmi.

Banyak pihak menduga bahwa mayat yang ditemukan perairan Nias Utara itu adalah ABK KM Mega Top III yang hilang kontak. Hal itu diperkuat titik koordinat penemuan mayat di N0030034 E 9540170, sesuai dengan lokasi terakhir KM Mega Top III.

Sebelumnya, diberitakan, pada Senin (5/2 ) yang lalu nelayan Aceh menemukan blong yang berisikan baju dan alat pancing milik salah seorang ABK KM Mega Top III yang hilang sejak 3 Januari 2018. Pakaian tersebut diyakini milik Rahmad selaku wakil nahkoda kapal atau anggota tekong KM Mega Top III.

“Benar itu adalah pakaian Rahmad dan blong yang digunakan itu adalah milik Rahmad. Karena sebelumnya blong (tempat simpan baju dan tempat ikan) dibeli Rahmad dari saya. Makanya saya kenal betul, blong dan baju yang ada di dalam blong ini adalah benar bajur Rahmad, karena sebelum Ramhad bekerja KM.Mega Top III, kami sama-sama kerja di KM Usaha Besama," kata Arisman dan Asman Tanjung teman dekat Rahmad, Senin, (5/2).

Berdasarkan pengakuan nelayan Aceh yang menemukan blong itu, posisi berada di Kordinat N.0017500E9549500. Blong ini ditemukan nelayan Pompong Aceh di perairan Aceh. Blong itupun dititipkan ke kapal KM Serasi, namun karena KM Serasi masih bertahan di laut Aceh untuk menangkap ikan, sehingga blong itu dititipkan ke KM Alam Jaya yang akan pulang ke Sibolga dan bersandar di Sibolga.

Menanggapi hal itu, Jamil Zeb Tumory yang cukup getol berjuang untuk mencari keberadaan KM Mega Top III ini meminta, agar penemuan awal ini segera ditindaklanjuti instansi terkait dan kembali melakukan pencarian di titik koordinat ditemukannya blong. Dia meminta kepada Basarnas, dan juga TNI-AL agar menurunkan tim dan alat pencari di kawasan koordinat yang dimaksud. Ini demi perjuangan kemanusiaan.

"Saya atas nama Wakil Ketua DPRD Sibolga memohon dukungan dan bantuan dari pemerintah pusat, provinsi dan daerah untuk kembali bekerja keras mencari keberadaan KM Mega Top III. Dan kepada keluarga ABK tetap bersabar dan berdoa, jangan menyimpulkan yang tidak-tidak dulu. Kita berharap ada upaya tindak lanjut segera,” pinta Jamil. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia