KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

Kami Masih Punya Rasa Malu 31 Mei 2020 11:30 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB


 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB


 

Penebangan Liar Di Obi Utara Halmahera Selatan Picu Bentrok Warga

 
DAERAH

Penebangan Liar Di Obi Utara Halmahera Selatan Picu Bentrok Warga
Oleh : Zul/budi | 07-Jun-2020, 14:09:21 WIB

KabarIndonesia - Maluku Utara, Pembalakan liar 'Ilegal Logging' terjadi di Pulau Obi Utara, kabupaten Halmahera Selatan (Halsel)  provinsi Maluku Utara (Malut). Diduga penebangan terjadi di luar areal hutan rakyat setempat, sehingga menyebabkan warga dusun Lapanawa desa Madopolo Barat, kecamatan Obi Utara, marah dan terjadi adu fisik di lokasi penebangan, Kamis (4/6/2020).

Adu fisik yang terjadi antara warga dusun Lapanawa, desa Madopolo Barat kontra pelaku penebangan diduga sekelompok warga Desa Galala, Kec. Obi Utara. Dikabarkan  kronologis bentrok  berawal dari sekelompok Warga desa Galala yang hendak melakukan penebangan di sekitar area kebun warga dusun Lapanawa, mendapat teguran dari warga dusun Lapanawa. Salah seorang  operator Sengsor tidak terima atas teguran itu lalu terjadi adu mulut hingga adu fisik di lokasi penebangan kayu.

Dikonfirmasi salah seorang warga dusun Lapanawa yang enggan disebutkan namanya, mengatakan kepada awak media, bahwa ada terjadi masalah keributan dilokasi tempat penebangan.

"Terjadi keributan di tempat sengsor (lokasi penebangan) soalnya ada orang dari Desa Galala yang datang tebang pohon kayu di area tapal batas kebun kami, dan langsung kami naik di lokasi penebangan untuk menyuruh mereka berhenti melakukan penebangan dekat area perkebunan kami, disitu terjadi adu mulut dengan tukang penebangan sehingga terjadi perkelahian antara kami dengan mereka" kata dia melalui ponsel.

Kejadian ini sempat membuat ketegangan serta kekuatiran warga Dusun Lapanawa sehingga mereka melaporkan kejadian itu ke Danpos Obi Utara Aiptu M. Yusuf Nijar.  mendapat laporan dari warga Danpos langsung berkoordinasi dengan Polsek Kec. Obi, Kamis (4/6/2020) Danpos dan Babinsa beserta Camat Obi Utara Kasman La Nane, langsung menuju lokasi tempat kejadian.

Ketika dikonfirmasi, Kapolsek Obi Cristoffel, (4/6) membenarkan kejadian ini, bahwa telah mendapat laporan dari Danpos Obi Utara dan masalah tersebut sudah aman karena langsung di mediasi oleh Danpos dan Babinsa.

"Iya, itu hanya masalah penebangan tapi sudah di ediasi oleh Danpos dan Babinsa kemarin di lokasi kejadian, jadi sudah aman. Mungkin hari ini. Pak Camat Kasman La Nane, Danpos dan Babinsa bersama Tim Gugus Covid-19 turun ke Desa Galala mau mediasi sekaligus sosialiasi masalah Covid-19," kata Cris.

Warga yang melakukan penebangan pembalakan liar itu diduga tidak memiliki izin penebangan dan tidak mengantongi rekomendasi pelepasan areal Hutan Rakyat Dusun atau Desa setempat.

Diperoleh informasi, hasil penebangan hutan kayu ini berkisar puluhan kubik dengan ukuran 20x40. Kayu tersebut berada di Pantai Dusun Lapanawa, dan diduga kayu ini akan di bawa atau dijual ke salah satu perusahan "saw mill" di desa Jikotamo kec. Obi, kab. Halmahera Selatan provinsi Maluku Utara.

"Kayu yang mereka ambil itu banyak sekali dan rencananya akan dijual ke salah satu somel (red, saw mill) yang ada di Desa Jikotamo" kata seorang warga Dusun Lapanwa yang enggan namanya ditulis di media.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
HOW ARE YOU MY FRIEND? 27 Jun 2020 05:21 WIB

Masihkah Ada Rasa Damai Di Hati? 21 Jun 2020 14:23 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia