KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilSang Perancang Mode Batik oleh : Redaksi HOKI
14-Apr-2018, 18:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Anthony Bachtiar memang dikenal dengan rancangannya yang mengeksplorasi kain-kain tradisional Indonesia seperti batik dan tenun ikat. Bahkan ia sering sekali merancang batik sebagai gaun pesta. Ini adalah kreativitas di luar pakem, karena batik sebelumnya hanya dimanfatkan sebatas kain untuk
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemimpin 01 Mar 2018 12:42 WIB

Penghianat 22 Feb 2018 12:07 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Penataan Kota Pangururan Sebagai Ibukota dan Pusat Destinasi Wisata Samosir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 30-Mar-2018, 12:03:44 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Kota Pangururan ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, empat belas tahun lalu seiring dengan pembentukan Samosir menjadi kabupaten yang baru dimekarkan dari Kabupaten Toba Samosir sesuai dengan UU RI Nomor 36 Tahun 2003 pada tanggal 18 Desember 2003.

Sesungguhnya, Pangururan merupakan satu dari sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Samosir. Wilayah kota Pangururan sebagian besar berada di Pulau Samosir (di tengah Danau Toba) dan sebagian kecil di daratan Sumatera (desa Tanjungbunga dan kelurahan Siogungogung). Luas Kota Pangururan 121,43 km2 dengan jumlah penduduk (tahun 2012) mencapai 29.889 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya 246 jiwa per km2.

Seiring dengan perkembangan masyarakat dan kemajuan, sebagai ibukota kecamatan sekaligus ibukota kabupaten, kendatipun kantor pemerintah berada di luar wilayah kota yakni di Desa Rianiate (8 km) dan Desa Parbaba (12 km), tetapi pusat kotanya sudah seharusnya mendapat penanganan terutama infrastuktur jalan, drainase dan bangunan.

Mencermati kondisi kota Pangururan yang akan dikembangkan menjadi pusat perekonomian, pendidikan dan kesehatan, Pemerintah Daerah melakukan rapat penataan kota Pangururan di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir.

Rapat dipimpin Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga, dihadiri Kadis Perhubungan Nurdin Siahaan, Kadis Komunikasi dan Informatika Drs. Kitman Malau, Kasatpol PP Darwin Sihombing, Kepala Badan Pendapatan Daerah Hotraja Sitanggang ST, MM; Kadis Koperindag Viktor Sitinjak, Kadis Lingkungan hidup Sudion Tamba, Kadis PUPR Pantas Samosir, Kadis Pera KPP Marang Situmorang, Sekretaris Camat Pangururan Belman Dabungke dan Kepala Desa Pardomuan I Torang Silalahi.

Wakil Bupati Samosir dalam arahannya menyampaikan bahwa perkembangan penataan kebersihan dan tingkat kerapian di kota Pangururan dianggap lambat, oleh karenanya diharapkan kerjasama dari berbagai OPD dalam menata kota pangururan untuk menjadi lebih baik.

Untuk wilayah pasar Onan Baru, Wakil Bupati Samosir menyampaikan peran Kasatpol PP diharapkan mampu menertibkan para pedagang yang berjualan tidak pada tempatnya seperti di teras pertokoan dan gerbang masuk pasar. Demikian juga kepada Dinas Perhubungan, dimintakan untuk melakukan penertiban parkir secara tegas agar tidak mengganggu lalu lintas jalan.

Selanjutnya, Juang Sinaga meminta Badan Pendapatan Daerah untuk benar-benar menjalankan tugasnya mengawasi perdagangan di dalam pasar dan untuk luar pasar peran Dinas Koperindag sangat diharapkan. Dinas PERA KPP sebagai Dinas yang mempunyai tupoksi dalam penataan kota, "diharapkan mampu menata kota Pangururan menjadi lebih menarik seperti penataan pinggiran pantai untuk menjadi lebih bersih, rapi dan tertata dengan indah dan diharapkan wilayah pinggiran pantai dapat ditata menjadi tempat wisata yang indah," pintanya.

Suatu hal yang mendapat perhatian serius dari Bupati dan Wakil Bupati adalah masalah kebersihan lingkungan. Pengamatan media, pada setiap hari Jumat yang ditetapkan sebagai hari berolah raga dan bersih lingkungan, seluruh ASN digerakkan untuk gotong royong kebersihan. ASN dari setiap OPD mendapat bagian kawasan yang harus dibersihkan.

Pemandangan yang sangat ironi, saat Bupati/Wakil Bupati turut serta gotong royong kebersihan, menggali parit yang dipadati sampah atau memotong rumput di tepi jalan, justru masyarakat menonton dari depan rumahnya, membiarkan ASN membersihkan parit atau halaman rumahnya. Artinya kesadaran warga akan kebersihan dan kerapian lingkungan masih kurang.

Mencermati hal ini, Wakil Bupati menyampaikan himbauan khusus kepada Camat dan para Kepala Desa. "Kebersihan lingkungan tidak semata-mata hanya peran dari Dinas Lingkungan hidup namun peran Kepala Desa dan Camat juga sangat diharapkan. Kepala desa harus berkomitmen yang tentunya dikoordinir Camat dalam menjaga kebersihan dan ketertiban. Lakukan dengan pendekatan terhadap masyarakat," ujar Wabup.

Selain arahan mendengarkan Wakil Bupati, masing-masing Kepala OPD juga memberikan penjelasan atas tugas yang telah dilaksanakan dan yang harus akan dilaksanakan untuk membenahi kota Pangururan.

Sebelum menutup rapat ini, Wakil Bupati kembali menegaskan, "jika seluruh stakeholder dan masyarakat bersama-sama menjaga ketertiban dan kebersihan maka apa yang kita harapkan pada kota Pangururan untuk menjadi ibukota dan daerah wisata yang bersih, rapi dan indah akan dapat tercapai."(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaikoleh : Munir Werlin
17-Apr-2018, 06:58 WIB


 
  Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaik Anthony Bachtiar, Designer Batik Terbaik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Pengabdian Tentara di Pojok Desa 10 Apr 2018 14:27 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia