KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
RohaniDualitas Ghaib-Nyata (2): Menemukan Resonansi Ilahi oleh : Tonny Djayalaksana
10-Des-2018, 15:05 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pada tulisan "Dualitas Ghaib-Nyata Bagian 1" telah dipaparkan tentang adanya fenomena manusia yang bisa berbicara dengan flora dan fauna. Temuan kenyataan tersebut serupa dengan yang diceritakan dalam Al Quran tentang Nabi Daud dan Nabi Sulaiman yang diberi keutamaan
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Pelebaran Alur Terusan Tano Ponggol Samosir Berbiaya 313 Milyar Mulai Dikerjakan
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 26-Feb-2018, 15:08:25 WIB

KabarIndonesia - Samosir, "Ground Breaking Pelebaran Tano Ponggol, ini info terkini dari Samosir, diawali Ibadah singkat dari salah seorang Pendeta dari gereja di Samosir. dimulainya penggalian pertama pembangunan Alur Tano Ponggol dgn panjang kurang lebih 1.500 m dan lebar 80 m, dan 20 m lebar untuk jalan kiri-kanan alur tano ponggol. Proyek ini adalah merupakan bagian dari komitmen Bapak Presiden Jokowi untuk pengembangan Kawasan Strategi Prioritas Parawisata Nasional Danau Toba. Proyek ini bersumber dari dana APBN, direncanakan akan tuntas thn 2019..mohon dukungan dari semua pihak dan semoga berjalan lancar," sebut Bupati Samosir, Rapidin Simbolon kepada pewarta kabarindonesia melalui akun WA pribadinya, Senin (26/2) pkl.15.59 WIB.

Sebagaimana disampaikan Bupati, acara ground breaking berlangsung ditepian Danau Toba pinggir alur terusan sebelah utara, dimulai dengan kebaktian dan doa kepada Tuhan agar proyek berjalan lancar dan berlangsung baik. Beberapa hari sebelumnya menurut informasi, tokoh masyarakat-tokoh adat menggelar ritual adat budaya sebagai sebuah bukti dukungan kearifan lokal dan kesepakatan bersama menerima pembangunan.

Usai kebaktian bersama, mengawali acara pokok, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai II Roy P Pardede menjelaskan bahwa alur terusan Tano Ponggol yang berlokasi di kelurahan Siogungogung kecamatan Pangururan, kabupaten Samosir, provinsi Sumatera Utara ini akan segera dibenahi.

Dijelaskannya, proyek ini adalah program pemerintah Pusat melalui Dirjen Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera II, bernilai Rp.313.339.211.900 yang akan dikerjakan oleh PT. Basuki Rahmanta Putra - PT. SAC Nusantara, KSO selama 2 tahun anggaran 2018/2019. Pekerjaan alur Tano Ponggol tersebut terdiri dari pelebaran alur yang dulu lebarnya 25 meter menjadi 72,6 meter, dengan panjang 1200 meter dengan kedalaman 5 meter, proteksi tebing sepanjang 2400 meter, pembuatan sempadan alur terusan sepanjang 10 meter kiri kanan untuk mendukung wisata.
"Proyek Pemerintah Pusat melalui Dirjen Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera II ini, bentuk dan ukuran proyek yang akan dilaksanakan multiyears (2 Tahun) semoga semua berjalan lancar", sebut Roy Pardede mengakhiri penjelasannya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Bendungan Kementerian PUPR Ade Rusman yang mewakili Dirjen menjelaskan bahwa setelah Danau Toba ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Parawisata Nasional (KSPN) maka anggaran diprioritaskan ke Danau Toba khususnya ke Kabupaten Samosir. "Bahkan salah salah satu anggota komisi V DPR RI Roslynda Marpaung selalu mengusul pembangunan ini. Mereka tetap berusaha untuk mengarahkan anggaran ke Pembangunan di Samosir ini. Mari kita sambut pembangunan ini dengan baik,karna semua ini adalah untuk keaejahteraan rakyat sekitar," sebut Ade Rusman.

Selanjutnya, anggota DPR RI Roslinda Marpaung yang turut hadir pada acara groundbreaking, meminta kepada seluruh pemangku kepentingan, agar turut mengawasi pembangunan pelebaran alur Tano Ponggol. "Demi kebaikan bersama dan untuk mendukung percepatan pembangunan alur Tano Ponggol, mari kita jaga dan awasi mulai dari awal pelaksanaan pembangunan alur Tano Ponggol ini," ujarnya.

Ditambahkan, Roslynda Marpaung juga mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat, atas pembangunan jalan lingkar luar Samosir, sepanjang 360 kilometer, dan dalam Samosir sepanjang 215 kilometer. "Diharapkan, selama proses pembangunan berjalan, pihak pelaksanaan kegiatan mengutamakan keselamatan kerja, kebersihan lingkungan, agar masyarakat sekitar tidak terganggu kesehatannya," pungkasnya.

Sementara itu untuk menyambut akan dimulainya proyek ini, tokoh masyarakat Pangururan O Naibaho mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Pemerintah pusat yang sudah memperhatikan Samosir khususnya Tanoponggol melalui proyek pelebaran alur dengan dana yang cukup besar. "Kami mendukung sepenuh hati agar pembangunan berjalan lancar dan memohon agar pelaksana dapat memberdayakan masyarakat setempat," pintanya.Mewakili Forum Komunikaai Pimpinan Daerah, Ketua DPRD Kabupaten Samosir Risma Simarmata menyampaikan terimakasih ke Bupati yang telah bekerja keras mendatangkan dana dari Pemerintah Pusat. "Mari kita bekerjasama mensukseskan Pembangunan di Samosir ini" ujarnya.

Sementara, Kepala Perwakilan BPKP Sumut Sihar Panjaitan dengan penuh semangat mengharapkan masyarakat mendukung pembangunan ini. "Luar biasa Bupati bisa mendatangkan Proyek besar dari Pusat yang tidak banyak daerah dapat," sebutnya, seraya menambahkan, " Kami sebagai bawahan Presiden yang bertugas mengawal proyek Strategis Nasional salah satunya proyek pelebaran ini, kami komit akan membantu bagaimana biar pekerjaan proyek seleaai dengan baik."

Bupati Samosir Rapidin Simbolon, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat, secara khusus masyarakat kawasan terusan Tano Ponggol yang sudah bersedia membebaskan tanahnya.

"Semua daerah ini akan menjadi daerah wisata. Kita berharap, masyarakat mau dibina oleh pemerintah, agar daerah ini tidak kumuh. Semua demi kemajuan masyarakat. Saya pastikan, tidak ada kepentingan pemerintah di sini, semua murni untuk kesejahteraan masyarakat, sesuai visi Pemerintah Kabupaten Samosir, mewujudkan masyarakat sejahtera, mandiri, dan berdaya saing, berbasis pariwisata dan pertanian," tegas Rapidin.

Lebih lanjut dijelaskannya, sebanyak 118 bidang tanah yang terkena dampak pelebaran alur Tano Ponggol, 75 bidang di antaranya sudah dibayarkan, dan 20 bidang lagi akan dibayarkan dalam waktu dekat.

Bupati Samosir juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Pusat atas komitmen dan dimulainya proyek pembangunan pelebaran alur Tano Ponggol Danau Toba. "Pemda dan masyarakat Samosir sangat bangga atas proyek ini. Dengan dana cukup besar bersumber dari APBN murni Tahun Anggaran 2017-2019, dengan nilai kontrak Rp 313.339.211.900., dengan masa pelaksanaan 730 hari, alur tano ponggol akan terwujud menjadi kawasan wisata," sebutnya.

Di akhir sambutan dan arahannya, Rapidin Simbolon, menyampaikan agar masyarakat mendukung pembangunan yang sedang berlangsung di Samosir. "Melihat besarnya perhatian dari Pemerintah Pusat untuk kabupaten Samosir seperti jalan lingkar Samosir, jembatan tano ponggol, pelebaran alur tano ponggol, pelabuhan Ambarita dan Simanindo, kapal ferry, yang kalau ditotalkan sekitar 2 Trilyun rupiah. Kita jaga kepercayaan Pusat agar bantuan terus mengalir," jelasnya.

"Kita sangat berterimakasih kepada Tim pembebasan lahan, juga perangkat desa, perangkat kecamatan sampai kabupaten yang bekerja keras dalam menyelesaikan proses pembebasan lahan dengan berbagai macam persoalan. Akhirnya, kami ingatkan agar masyarakat disekitar bekerjasama mensukseskan pekerjaan pelebaran alur tanoponggol.", pungkas Bupati.

Mengakhiri acara, Bupati, Wakil Bupati dan para pejabat yang hadir, secara bersama memukul gong (gondang) sebagai tanda dimulainya pekerjaan pengerukan, selanjutnya Bupati melakukan pengerukan pertama dengan alat berat yang sudah disiapkan di lokasi.

Dikabarkan, selain pejabat pusat dan anggota DPR RI, acara ini juga dihadiri Wakil Bupati, Ketua dan Anggota DPRD Boluson Pasaribu, Kapolres Samosir, Dandim 0210 Taput , Kajari Samosir, Sekda Samosir, Tiga orang Asisten Sekdakab Sinaga, para pimpinan SKPD, Tokoh masyarakat, dan masyarakat Tano Ponggol.

Dapat diinformasikan bahwa terusan Tano Ponggol (tanah terputus) adalah penghubung daratan pulau Samosir dan pulau Sumatera. Dulunya terusan ini digunakan sebagai jalur transportasi danau dengan kapal atau perahu yang meghubungkan perairan Danau Toba dari bagian Utara ke Selatan. Diatas terusan ini terdapat sebuah jembatan penghubung (jalan darat) pulau Samosir dan pulau Sumatera.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia