KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 
 
DAERAH

Operasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 07-Jul-2018, 14:45:34 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun, setelah operasi pencaharian kapal dan korban jiwa yang tenggelam resmi dihentikan pada Selasa (2/7) melalui upacara tabur bunga dan ibadah penguburan, pihak terkait melakukan berbagai upaya untuk memberikan pemahaman atas peristiwa dan usaha yang dilakukan.

Mencermati hal tersebut, pada hari Jumat (6/7/18) Pemerintah Kabupaten Samosir,  yokoh agama dan masyarakat, pengusaha kapal dan ABK Kapal Ferry/Kapal Kayu, sepakat untuk mengaktifan kembali pelabuhan Simanindo dan pengoperasian kapal Ferry KMP Sumut I-II serta kapal kayu masyarakat untuk melayani trayek Simanindo – Tigaras.

Pengaktifan dan pengoperasian kembali ditandai dengan acara Ibadah sederhana yang dilaksanakan di pelabuhan Simanindo dibawakan pemuka agama dari gereja HKBP, gereja GKPI dan Katolik. Pengaktifan melalui ibadah kebaktian dan upaya perbaikan-perbaikan SOP (Standard Operational Procedur) pelayaran di Danau Toba ini diharapkan tidak ada lagi kejadian-kejadian serpa yang tidak diinginkan.

Pastor Markus Manurung dalam khotbahnya menyampaikan agar masyarakat pengguna layanan angkutan danau dan para ABK kapal untuk selalu mengandalkan Doa serta tetap komit mengikuti SOP pelayaran. Jika itu dilakukan, maka kita yakin Tuhan pasti melindungi dan mudah-mudahan semuanya berjalan lancar. Selanjutnya para tokoh Agama bersama Bupati Samosir Rapidin Simbolon mendoakan kapal-kapal yang ada di pelabuhan dan berharap agar kapal-kapal tersebut jauh dari bencana.

Setelah acara ibadah selesai, dilaksanakan pemberangkatan kapal kayu pertama dengan melakukan SOP pelayaran yaitu membuat manifest, memeriksa kelengkapan kapal, memeriksa sertifikat nahkoda, memasangkan jaket pelampung. Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Kapolres Samosir Agus Darojat dan Perwira Penghubung Kodim 0210/TU menyerahkan dan memasangkan life jacket kepada beberapa penumpang yang akan berlayar.

Pada saat itu tercatat penumpang KM. Sabar Tani yang berjumlah 19 orang penumpang menggunakan life jacket, yang berharap standard operasional seperti ini tetap dipertahankan. Selanjutnya dilakukan pemberangkatan kapal ferry KMP Sumut I menuju Tigaras.

Sementara itu, Kapolres Samosir Agus Darojat yang hadir pada acara tersebut, dalam arahannya menyampaikan agar para pemilik kapal dan ABK kapal sungguh-sungguh mematuhi SOP yang ada. "Bila tidak dipatuhi dengan tegas akan dilakukan tindakan dan tidak diberikan ijin berlayar," sebutnya.

Hal yang sama disampaikan juga oleh Bupati Samosir seraya menjelaskan bahwa Pemerintah akan melaksanakan program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang dalam menyikapi semua rekomendasi Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sehingga tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

"Secepatnya kita memperbaiki dan kita harus mengoperasikan transportasi Danau karena merupakan kebutuhan masyarakat sebagai pendukung roda perekonomian masyarakat," sebut Bupati, seraya mengingatkan petuah para orangtua saat berlayar di danau.

"Kami mengharap kepada para penumpang kapal dan ABK untuk tetap menjaga kesopanan di pelayaran, jangan meludah ke danau, jangan membuang sampah ke danau dan jangan minum-minuman keras diperjalanan. Ke depan kita akan membenahi pelayanan dengan membuatkan seragam ABK serta akan kita kaji ongkos penumpang, lebih baik dinaikkan ongkos akan tetapi penumpang aman dan nyaman," harap Rapidin dengan tegas.(*) 

 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia