KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
RohaniDualitas Ghaib-Nyata (2): Menemukan Resonansi Ilahi oleh : Tonny Djayalaksana
10-Des-2018, 15:05 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pada tulisan "Dualitas Ghaib-Nyata Bagian 1" telah dipaparkan tentang adanya fenomena manusia yang bisa berbicara dengan flora dan fauna. Temuan kenyataan tersebut serupa dengan yang diceritakan dalam Al Quran tentang Nabi Daud dan Nabi Sulaiman yang diberi keutamaan
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Musrenbang Tahun 2019 Sembilan Kecamatan di Kabupaten Samosir Berakhir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 02-Mar-2018, 16:30:00 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Setelah secara maraton Pemkab Samosir menyelenggarakan Musrenbang Kecamatan (musrenbangcam) di 8 kecamatan, maka tibalah saatnya untuk melakukannya di Kecamatan Palipi. "Pada hari Jumat (2/3) merupakan hari terakhir pelaksanaan musrenbangcam dan Palipi menjadi kecamatan terakhir dari 9 kecamatan di kabupaten Samosir" sebut Siswanto Sinambela, Kabag Humas Samosir kepada pewarta kabarindonesia.

Musrenbangcam untuk kecamatan Palipi dilaksanakan di aula HKBP Mogang, kecamatan Palipi, hari Jumat (02/03), dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Samosir, Danramil Palipi, perwakilan dari Polres Samosir, para pimpinan OPD dan Camat Palipi, beserta para kepala Desa, ketua BPD, juga perwakilan tokoh masyarakat.

Camat Palipi Darwin Parhusip dalam laporannya menyampaikan, "selamat datangnya kepada seluruh yang hadir pada acara musrenbang ini. Musrenbang kecamatan merupakan lanjutan dari musrenbang desa yang sudah terlaksana pada bulan sebelumnya".

Pada pembukaan acara, Wakil Bupati Samosir menjelaskan bahwa musrenbang merupakan pertemuan pemerintah dengan masyarakat untuk bermusyawarah dalam membuat skala prioritas yang bukan karena keinginan namun karena keperluan yang dilaksanakan secara bertahap.
Kepada seluruh yang hadir, Wakil Bupati Samosir mengharapkan agar fokus dalam mendengarkan penjelasan dari Kepala Bappeda yang akan memberikan pemaparan. "Kita harapkan usulan pembangunan yang menjadi skala prioritas merupakan pembangunan yang akan berdampak luas bagi seluruh masyarakat", sebut Juang Sinaga.

Sementara itu, Kepala Bapeda Rudi Siahaan dalam paparannya menyampaikan konsep program kerja untuk tahun 2019 dan program/kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2018. "Usul pembangunan yang disampaikan masyarakat dilaksanakan berdasarkan skala prioritas, dilakukan demikian mengingat keterbatasan anggaran. Jadi kita memakai Sistem informasi perencanaan, kita sudah menggunakan E-planning yang akan berjenjang sampai ke tingkat Kabupaten." sebut Rudi mengakhiri penjelasannya.

Saat acara diskusi, beberapa pertanyaan dan usulan disampaikan masyarakat, dan sesuai dengan tupoksinya masing-masing Kepala OPD memberikan penjelasan.

Kepala Dinas PU Ir. Pantas Samosir menyampaikan bahwa dari usulan kegiatan yang tertera dalam formulir, ternyata masih terdapat usul yang belum dimasukkan. "Mengingat anggaran yang terbatas, Dinas PU akan menyerahkan nama-nama kegiatan yang secara tehnis yang akan ditangani oleh Dinas PU untuk disampaikan kepada Bapeda," sebut Pantas Samosir.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudkan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lemen Manurung S.Pd, menghimbau agar para perangkat desa mendata masyarakatnya dalam hal kepemilikan administrasi kependudukan dan catatan sipil. Menjawab usul masyarakat yang meminta untuk mempermudah dalam mengurus administrasi kependudukan, Kadis Dukcapil menyampaikan bahwa syarat yang ada tidak dibuat-buat, namun sudah merupakan ketentuan peraturan Undang-undang nomor 23 tahun 2004 dan UU nomor 24 tahun 2010 tentang Adimintrasi Kependudukan.

Kepala BKD Tombor Simbolon yang dalam tupoksinya menangani kepegawaian atau ASN, menjawab pertanyaan salah seorang Kepala sekolah SD yang menyebutkan kekurangan guru PNS dan tentang gaji honorer."Secara umum PNS di Kabupaten Samosir masih sangat kurang dan untuk gaji honorer kemampuan APBD Samosir masih sangat minim.", tegasnya.

Usai sesi diskusi dan menjawab pertanyaan peserta, sambil menunggu kehadiran Bupati Samosir dari monitoring panen bawang masyarakat di Desa Siparmahan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara kesepakatan hasil musrenbang oleh perwakilan Kepala OPD, seluruh kepala desa se kecamatan Palipi dan Camat Palipi Darwin Parhusip. Berita acara kesepakatan kemudian diserahkan kepada Kepala Bapeda Rudi Siahaan untuk dibahas pada Musrenbang Kabupaten.

Sebelum menutup musrenbang, Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM., menyampaikan penegasan bahwa musrenbang bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat yang dilaksanakan berdasarkan skala prioritas. Dia mengharapkan para petani agar benar-benar memanfaatkan bantuan yang sudah diberikan pemerintah sehingga dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup.

"Akhirnya, dengan ridho Tuhan Yang Maha Esa, saya Bupati Samosir dengan resmi menutup musrenbang untuk tingkat Kecamatan se Kabupaten Samosir" sebut Rapidin Simbolon menutup rangkaian Musrenbangcam.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia