KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir 2019 Sebutkan PAD Tahun 2017 Sebesar 72,2 Milyar Rupiah.
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 28-Mar-2018, 06:52:15 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Dinas Kominfo kabupaten Samosir melalui akun web resminya menginformasikan, bertempat di Hotel JTS Parbaba kecamatan Pangururan, telah dilaksanakan Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir 2019 pada tangal 26-27 Maret 2018.

Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon, dihadiri Kabid Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Provinsi Sumatera Utara Marihot Sormin, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Deputi pengembangan destinasi Pariwisata kementerian Pariwisata, Kepala Balai besar pelaksana jalan nasional Medan mewakili Kementerian PUPR, Direktur Badan Otorita Pengelolaan Pariwisata Danau Toba (BOPDT), Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Samosir, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah kabupaten Samosir, mewakili Bupati se-kawasan Danau Toba.

Hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir, Pimpinan OPD dan Camat se-kabupaten Samosir, Staf ahli Bupati Samosir, para Asisten, staf Khusus Bupati Samosir dan Kepala Bagian Setdakab Samosir, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Samosir, Pimpinan BUMN/BUMD, Instansi Vertikal, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Samosir, Ketua DWP Kabupaten Samosir, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Ormas dan LSM.

Musrenbang ini yakni “Melanjutkan Pembangunan Infrastruktur dan Meningkatkan Nilai Tambah Sektor Pertanian dan Kepariwisataan Untuk mendorong pertumbuhan Ekonomi”.

Kepala Bappeda kabupaten Samosir Rudi SM Siahaan menyampaikan bahwa tema Musrenbang 2018 ini adalah "Melanjutkan Pembangunan Infrastruktur dan Meningkatkan Nilai Tambah Sektor Pertanian dan Kepariwisataan Untuk mendorong pertumbuhan Ekonomi".

Selanjutnya disampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Musrenbang RKPD yakni pertama, menyelaraskan program dan kegiatan prioritas kabupaten Samosir yang sudah disusun berdasarkan RPJMD tahun 2016-2021 dan rancangan awal RKP Nasional dengan usulan program kegiatan hasil musrenbang Kecamatan. Kedua, mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan prioritas sesuai RPJMD Kabupaten samosir tahun 2016-2021. Ketiga, menyepakati prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja pembangunan daerah tahun 2019 dan pendanaannya.

Usai laporan kepala Bappeda, Bupati Samosir dalam sambutannya menyampaikan berbagai perubahan dan keberhasilan dari tahun ke tahun di Kabupaten Samosir antara lain:

"Peningkatan Penghasilan Asli Daerah (PAD) dimana realisasi PAD tahun 2017 sebesar 72,2 Milyar Rupiah meningkat sebesar 32,9 Milyar Rupiah lebih dari realisasi PAD tahun 2016 sebesar 39,2 Milyar Rupiah.

Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dimana IPM Kabupaten Samosir meningkat sebanyak 0.39 poin dari tahun 2015 sebesar 68,43 menjadi 68,82 poin pada tahun 2016.

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Samosir melambat sebesar 0.5 % dari tahun 2016 sebesar 5,77 % menjadi 5,27 % pada tahun 2017. Pelambatan ini terjadi akibat gagal panen karena kemarau yang berkepanjangan di kabupaten Samosir Tahun 2016.

Peningkatan Kunjungan Wisata sebanyan 87,331 orang yang sebelumnya 190.728 orang tahun 2016 menjadi 278.059 orang tahun 2017 dan telah terlaksananya penataan dan kebersihan pada Ibukota Kabupaten, Ibukota Kecamatan dan lokasi objek wisata tahun 2017 dan akan terus dilanjutkan sampai tuntas."

Mengakhiri sambutan dan paparannya, Bupati Samosir juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya pemerintah Pusat dan pemerintah Provinsi yang telah mengalokasikan berbagai program dan dana pembangunan di Kabupaten Samosir. "Sejalan dengan berbagai kebijakan pemerintah pusat untuk mengembangkan kawasan Danau Toba, kami masih tetap mengharapkan dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam rangka peningkatan pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata di kabupaten Samosir." pungkasnya.

Dilaporkan, pada hari pertama tanggal 26 Maret 218 kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari pembukaan dan paparan dari narasumber instansi pemerintahan atasan serta diskusi umum. Sedangkan pada hari kedua tanggal 27 Maret 2018 dilaksanaan diskusi kelompok forum lintas bidang yang dilanjutkan dengan pemaparan lintas bidang serta penandatanganan berita acara kesepakatan prioritas pembangunan tahun 2019.

Pada acara penutupan, Sekretaris Daerah kabupaten Samosir memberikan arahan dan penegasan. "Dengan adanya musrenbang ini sudah didapati kesepakatan bersama program 2019 yang akan datang dan mari kita perbaiki titik lemah kita untuk perbaikan dimasa yang akan datang." jelas Jabiat Sagala.

Sementara itu khusus kepada para pimpinan OPD dikatakannya, "mari untuk komit, konsisten, dan kawal program kegiatan 2019 ini. Moga apa yang sudah disepakati dapat membuahkan hasil," pungkas Sekretaris Daerah sekaligus menutup Musrenbang RKPD Kabupaten Samosir.(*)


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia