KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
RohaniDualitas Ghaib-Nyata (2): Menemukan Resonansi Ilahi oleh : Tonny Djayalaksana
10-Des-2018, 15:05 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pada tulisan "Dualitas Ghaib-Nyata Bagian 1" telah dipaparkan tentang adanya fenomena manusia yang bisa berbicara dengan flora dan fauna. Temuan kenyataan tersebut serupa dengan yang diceritakan dalam Al Quran tentang Nabi Daud dan Nabi Sulaiman yang diberi keutamaan
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Musrenbang Kecamatan: Onan Runggu Butuh Penyediaan Air Minum dan Irigasi
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 02-Mar-2018, 15:11:49 WIB

KabarIndonesia - Samosir,  Dikabarkan bagian Humas pemkab Samosir bahwa Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga menghadiri dan membuka Musrenbang kecamatan Onan Runggu, bertempat di aula Gereja Katolik Santo Paulus Onan Runggu kabupaten Samosir, Kamis (1/3/2018).

Musrenbang kecamatan ini selain diikuti para Kepala Desa, ketua BPD dan tokoh masyarakat, juga dihadiri beberapa pejabat kabupaten mendampingi Wakil Bupati antara lain, Kadis Dukcapil Lemen Manurung, Kadis Budpora Gomgom Naibaho, Kadis PRKPP Marang Situmorang, Kadis Pertanian Erkanus Simbolon, Kadis Perhubungan Nurdin Siahaan, Kadis Lingkungan Hidup Sudion Tamba, Sekretaris Bappeda Tommy Naibaho.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa Musrenbang Kecamatan adalah salah satu dari rangkaian perencanaan pembangunan daerah untuk menampung aspirasi masyarakat terkait usulan program dan kegiatan untuk tahun anggaran 2019.

Camat Onan Runggu, Junita boru Sinaga melaporkan bahwa sebelumnya mereka sudah melaksanakan musrebang Dusun dan Desa. "Kami berterimakasih banyak kepada Bupati dengan banyaknya proyek Pembangunan di kecamatan Onanrunggu. Masyarakat berharap kiranya usulan program yang ditetapkan di dusun hingga desa, dapat ditampung dan direalisasikan tahun 2019 mendatang," lapor Junita yang sebelumnya menjabat Sekretaris Kecamatan (Sekcam).

Selanjutnya, Wakil Bupati dalam sambutan dan arahannya menjelaskan bahwa musrenbang bertujuan untuk menjaring usulan-usulan prioritas. "Begitu banyak usulan yang masuk ke Pemerintah, tapi karena keterbatasan anggaran maka kita diskusikan dulu, mana lebih penting dan lebih utama demi terwujudnya visi-misi Bupati Samosir. Semua usulan mulai dari Dusun, Desa, Kecamatan sampai Kabupaten akan ditampung dengan menggunakan teknologi informasi E-Planning, sehingga program kegiatan prioritas betul-betul tersaring dari tingkat bawah." jelasnya.

Kepada seluruh perangkat Desa, Wakil Bupati meminta agar betul-betul bekerja dengan baik. "Yang tidak bekerja baik laporkan ke Bupati, untuk diambil tindakan tegas, kalau perlu di pecat. Anggaran sudah banyak untuk gaji perangkat Desa. Perangkat Desa harus turun ke rumah-rumah, check masing-masing kelengkapan administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga, KTP dan kelengkapan lainnya, itulah salah satu tugas perangkat Desa." tegas Juang Sinaga.

Sebelum pembacaan usulan Desa, Sekretaris Bappeda Tommy Naibaho mewakili kepala Bappeda yang berhalangan hadir, memaparkan rencana program pembangunan kabupaten Samosir tahun Anggaran 2019. "Yang pasti anggaran harus dipergunakan secara efektif, dan kita sudah mempunyai Sistem Informasi Perencanaan yaitu E-Planing. Semua data usulan program harus dimasukkan ke E-Planing, kemudian diseleksi berdasarkan hasil diskusi. Jadi tidak semaunya lagi kita mengusukan program dan kegiatan," jelasnya.

Selanjutnya, para Kepala Desa se kecamatan Onanrunggu membacakan usulan program dan kegiatan prioritas dari desa masing-masing. Kemudian masuk ke sesi diskusi dan tanyak jawab oleh masyarakat peserta musrenbang. Di sesi ini, Ordel Sitinjak warga dusun III desa Sitinjak memohon agar dibuatkan checkdam atau penampungan air untuk kebutuhan air minum dan irigasi. Sementara Sangkap Gultom, Kepala Desa Sitamiang melaporkan adanya dyik penahan sawah yang longsor, sehingga diperlukan penanggulangan secepatnya.

Menanggapi berbagai usulan Desa dan laporan pada sesi diskusi, Wakil Bupati Juang Sinaga menyampaikan akan mempertimbangkan usulan tersebut dan melihat apakah sudah dimasukkan ke E-Planing tahun 2018, kalau belum akan dimasukkan ke E-Planing Tahun 2019. Sedangkan mengenai Dyik penahan yang longsor, Wabup meminta agar dinas PUPR kabupaten Samosir untuk langsung terjun ke lapangan melihat kondisi serta melaporkan ke Bupati untuk diambil tindakan.

Usai acara diskusi dan tanya jawab, dilakukan pembacaan naskah Berita Acara Kesepakatan hasil musrenbang oleh Sekcam Onanrunggu, Nurli Simbolon. Selanjutnya ditandatangani oleh 12 Kepala desa se-kecamatan Onan Runggu, perwakilan OPD dan Camat. Berita acara kesepakatan diserahkan Camat Onan Runggu kepada Kepala Bappeda untuk dijadikan bahan masukan pada Musrenbang Kabupaten.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia