KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Menteri Perhubungan Tabur Bunga dan Periksa SOP Pelayararan Perairan Danau Toba
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 06-Jul-2018, 07:58:57 WIB

KabarIndonesia - Pasca tenggelamnya KM Sinar Bangun, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke wilayah Danau Toba dalam rangka pemeriksaaan praktek SOP pelayaran di Kapal Ferry KMP Sumut I, Kamis (5/7). Semua penumpang diregistrasi untuk membuat manifest, mengumumkan aturan-aturan yang harus dilaksanakan selama pelayaran dan pemakaian life jacket dan pelampung.

Menteri Perhubungan bersama Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw, Dirjen Perhubungan Darat, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Simalungun JR Saragih dan Bupati Tobasa Darwin Siagian, berlayar dari Tigaras menuju titik yang diprediksi sebagai tempat tenggelamnya kapal KM Sinar Bangun (18/6). Setibanya di titik lokasi, rombongan melakukan acara tabur bunga yang diawali dengan Doa dan Hening CIpta dipimpin Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Perhubungan menyampaikan bahwa tujuan kedatangannya ke Danau Toba untuk memastikan apakah pelaksanaan SOP sudah berjalan dengan baik setelah diperbaiki, memantau pendidikan 100 calon pegawai pelabuhan yang sedang berjalan, melakukan ramp check terhadap salah satu kapal kayu.

Ditegaskannya, Pemerintah pusat akan turut melakukan pengawasan kepada pelayaran di Danau Toba, dan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah memberikan beberapa rekomendasi yang harus dilaksanakan seperti memperbaiki konstruksi kapal dari 3 geladak harus menjadi 2 geladak.

Lebih lanjut Budi Karya menegaskan pihaknya akan menurunkan BKI (Biro Klasifikasi Indonesia ) untuk melakukan evaluasi terhadap kapal-kapal yang ada, akan ditentukan berapa kapasitas kapal, berapa kendaraan yang bisa diangkut bila dijinkan. "Kita akan memperbaiki level operasional dan juga di struktur organisasi kementerian perhubungan sehingga lebih maksimal melaksanakan pengawasan, yang akan dikoordinasikan dengan Kemenpan dan Kemendagri," sebut Menhub.

"Langkah kongkrit yang dilakukan adalah membangun prasarana dengan memperbaiki pelabuhan serta melakukan penambahan armada, kita sudah rencanakan penambahan kapal ferry jenis Roro sebanyak 4 unit, dan yang terakhir kita melaksanakan SOP yang baik, kita bisa melaksanakan jika SDM nya cukup makanya sekarang kita menyekolahkan 100 orang yang akan bertugas di pelabuhan," pungkas Budi Karya.

Selanjutnya, Menteri melakukan pemeriksaan kesalah satu kapal kayu (kapal rakyat) untuk melihat kondisi kapal, kesiapan peralatan di kapal tersebut. Saat itu, Menteri Perhubungan menyampaikan kepada Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Bupati Simalungun untuk betul-betul serius memperbaiki SOP sehingga tercipta pelayaran yang nyaman dan aman. Sebagai dukungan komitmen, pada kesempatan itu Menteri Perhubungan menyerahkan bantuan 'life jacket' kepada 2 (dua) orang pemilik kapal dan secara bertahap nantinya Kemenhub akan menyerahkan bantuan 5000 life jacket.

Pada kesempatan tersebut Bupati Samosir menyampaikan bahwa mulai hari Jumat (6/7) pelabuhan Simanindo akan dibuka, ferry KMP Sumut I dan KMP Sumut II beserta Kapal kayu akan beroperasi kembali. "Besok di Pelabuhan SImanindo sebelum pelaksanaan pelayaran akan dilakukan acara singkat berupa Doa dari para pemuka agama untuk meminta pada Tuhan keselamatan pelayaran di Danau Toba." sebut Rapidin Simbolon optimis.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia