KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahUsulan Pembentukan Wartawan Unit DPRD Tidak Dijawab Pemkab Serdang Bedagai oleh : Agus Suriadi
21-Nov-2017, 20:36 WIB


 
 
Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sergai terkait pembahasan R-APBD Sergai TA 2018, Kamis (16/11)  di gedung DPRD Sergai, Dusun II Desa Firdaus, Sei Rampah.Sambil menyampaikan pandangan umum Fraksi, tiga fraksi antara lain
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Hujan Tak Pernah Sendiri 13 Nov 2017 20:13 WIB

Ada Saat 08 Nov 2017 13:32 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Mengenal Sejak Dini dan Lebih Dekat Penyakit Thalasemia

 
DAERAH

Mengenal Sejak Dini dan Lebih Dekat Penyakit Thalasemia
Oleh : Herdian Armandhani | 11-Sep-2017, 09:59:21 WIB

KabarIndonesia - Denpasar (Bali), Banyak masyarakat di Indonesia yang sangat awam dengan penyakit Thalasemia. Padahal penyakit Thalasemia kategori Mayor menduduki peringkat No 2 untuk tingginya  biaya yang dijamin pemerintah (Pusat Pembiayaan dan Penjamin Kesehatan/P2JK) tahun 2012. Hal ini terungkap dalam Seminar Pencanangan dan Sosialisasi Cegah Thalasemia yang diadakan oleh Rotary District 3420 Indonesia di aula Cita Kelangen lantai 3, kampus Institut Seni Indonesia Jalan Nusa Indah Denpasar pada Sabtu (9/9) 2017. 

Kegiatan ini merupakan  Project Rotary Global Grant Area Bali yang mengundang ribuan peserta dari kalangan akademisi, praktisi kesehatan, mahasiswa, dan anak muda. Acara ini dibuka langsung oleh Ibu Wakil Gubernur Bali, Ida Ayu Ketut Sri Sumiatini. 

 

Melalui kegiatan ini diharapkan anak muda Bali bisa mengetahui lebih dini, penyebaran thalasemia dan dapat melahirkan generasi bebas thalasemia kedepannya, seperti yang diungkapkan  IDDG Nyoman Nilawati S selaku Ketua Panitia Pencanangan dan Sosialisasi Cegah Thalasemia dan Blood Screening Area Bali. "Melalui kegiatan Seminar ini diharapkan pemuda dan mahasiswa di Bali dapat lebih mendeteksi gejala Thalasemia dan dapat hidup dengan normal, thalasemia dapat dicegah dengan melakukan screening darah sebelum menikah" ungkapnya.

 

Seminar ini juga menghadirkan Praktisi Kesehatan dr Ni Nyoman Suci untuk membedah lebih jauh penyakit thalasemia.Dokter Ni Nyoman Suci mengatakan bahwa penyakit Thalasemia adalah penyakit bawaan yang diturunkan oleh kedua orang tua ke anaknya.

 

Penyakit ini disebabkan oleh berkurangnya atau tidak terbentuknya protein pembentuk Hemoglobin. Akibatnya Eritrosit mudah pecah dan penderita sering mengalami anemia. Penyakit Thalasemia bukanlah penyakit menular dan dapat dicegah melalui screening darah. Penderita Thalasemia membutuhkan biaya 300-400 juta tiap tahunnya, bahkan sampai 2 milyar rupiah apabila ingin cangkok sumsum tulang. Hingga saat ini penyakit thalasemia belum ditemukan obatnya. 

 

Bila pasangan calon Ayah maupun calon Ibu masing-masing membawa gen pembawa sifat penyakit thalasemia maka anak yang akan dilahirkan secara berturut-turut akan nada yang normal 100%, pembawa gen thalasemia mayor 100%, pembawa gen thalasemia 50%, dan seterusnya. "Untuk mengantisipasi terjadinya adanya keturunan yang menghasilkan pembawa thalasemia mayor, ada baiknya pasangan yang ingin menikah cek darah di labolatorium. Tidak disarankan menikah bila pasangan yang sama-sama membawa gen thalasemia" jelasnya.

 

Rotary District 3420 Indonesia juga memberikan fasilitas screening darah gratis bagi peserta Seminar yang membawa surat keterangan tidak mampu. Satu kali cek darah dapat mengetahui seseorang membawa thalasemia atau tidak. Rika Antari, salah seorang peserta Seminar Pencanangan dan Sosialisasi  Cegah Thalasemia yang diadakan Rotary District 3420 mengatakan bahwa dirinya baru tahu tentang penyakit thalasemia.

 

Melalui seminar tersebut ia akan melakukan screening darah apabila nanti akan menikah, sehingga nantinya anak yang akan dilahirkan tidak terkena kelainan darah thalasemia. "Seminar ini sangat bermanfaat sekali, ternyata thalasemia itu bisa dicegah dengan melakukan screening darah sebelum menikah dengan calon pasangan. Dengan screening darah bisa mengantisipasi anak yang dilahirkan terkena thalasemia mayor" tuturnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Mendes PDTT Ajak Astra Lanjutkan Membangun Indonesia dari Wilayah Terluar Mendes PDTT Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo melakukan pemeriksaan darah di booth pengobatan gratis yang disediakan dalam acara Festival Kesehatan Inspirasi 60 Tahun Astra di Hotel Rinra Makassar hari ini (18/11). Acara Festival Kesehatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Menjadi Guru Yang Baik 15 Nov 2017 07:00 WIB


 
Memahami Inflasi Lebih Dalam 21 Nov 2017 03:39 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Beriman dan Bijaksana 12 Nov 2017 06:45 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia