KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 

Memantau Gerhana Bulan Total dari Kawasan Banda Aceh

 
DAERAH

Memantau Gerhana Bulan Total dari Kawasan Banda Aceh
Oleh : Bang Rachmad | 08-Feb-2018, 06:07:36 WIB

KabarIndonesia - Banda Aceh, Di akhir bulan Januari 2018 kita dapat menyaksikan fenomena alam yang sangat menakjubkan. Peristiwa yang luar biasa telah terjadi yaitu Gerhana Bulan Total. Di kota Banda Aceh ujung Pulau Sumatera telah jauh-jauh hari Kanwil Kemenag Aceh mengedarkan surat pemberitahuan tentang peristiwa alam Gerhana Bulan Total. 

Surat dengan nomor B205/Kw.01.6/BA.03.2/01/2018 tanggal 16 Januari 2018 tentang Edaran Gerhana Bulan Total dan Seruan Shalat Khusuf.  Para pengurus Masjid di kota Banda Aceh telah memberitahukan kepada para jamaahnya tentang akan terjadinya gerhana bulan total dan adanya shalat khusus gerhana bulan/shalat khusuf.

Pada hari yang telah dinantikan Rabu 31 Januari 2018, akhirnya terjadilah peristiwa alam yang sangat luar biasa yaitu gerhana bulan total. Peristiwa ini sangat langka terjadi karena hanya ada dalam 152 tahun sekali. Belum tentu umur kita mencapai angka 152 tahun, karena itu sungguh beruntung sekali kita yang hidup di zaman sekarang dapat menyaksikannya dalam satu fenomena ajaib yaitu fenomena supermoon (bulan besar) dalam satu rangkaian yang disebut Super-Blue-Blood-Moon.

Ternyata hasil analisa pakar astronomi disebutkan bahwa "Supermoon" karena jarak bulan berada pada posisi terdekat dengan bumi. Sedangkan "Blue Moon" karena ini purnama kedua pada bulan Januari pasca bulan purnama pada 1 Januari 2018. Pada hari Rabu sore, 31 Januari 2018 atau 14 Jumadi Awal 1439 H, berdasarkan perhitungan falakiyah telah terjadi fenomena alam yang berkaitan dengan ibadah umat lslam berupa gerhana bulan total di wilayah lndonesia.

Untuk wilayah Provinsi Aceh, gerhana bulan total ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama, yakni selama 5 jam lebih, terjadi pada jam 17:51:15 WIB hingga jam 23:08:27 WIB, puncak gerhana bulan total terjadi pada jam 20:29:59 WIB.

Masyarakat Aceh yang berada di kawasan kota Banda Aceh dapat melihat gerhana bulan total dan shalat khusuf di beberapa masjid pilihan seperti di masjid Raya Baiturrahman, Masjid Jamik Kampus Unsyiah, Masjid Oman, Masjid Baiturahim Ulee Lheu. Ada juga lokasi khusus untuk melaksanakan shalat khusuf di halaman kanwil Kemenag Aceh.  Bagi masyarakat yang hadir di halaman kanwil Kemenag Aceh tentu saja ada kekhususan tersendiri karena tersedia 10 teropong/teleskop untuk masyarakat umum agar bisa melihat gerhana bulan total dan satu teropong/teleskop khusus untuk tim kanwil Kemenag Aceh.

Setelah shalat Isya kemudian dilanjutkan dengan shalat khusuf diimami oleh Ust. Ivan Aulia. Lc, MA yang shalatnya berupa shalat sunat dua rakaat dengan empat kali rukuk serta penyampaian pesan agama oleh Khatib Dr. Saifullah Yunus, Lc. MA; tentang fenomena kebesaran Allah SWT.
 
Pasca shalat gerhana bulan masyarakat dapat menyaksikan gerhana bulan total langsung dan mengabadikannya dengan telepon seluler atau kamera digital lainnya apalagi cuaca di kota Banda Aceh sangat mendukung, langit cerah dan tidak mendung maupun hujan.
 
Awal-awal terjadinya gerhana ini masyarakat Banda Aceh sangat antusias mengambil momen langka ini dengan kamera, baik anak-anak maupun orang dewasa untuk kenang-kenangan serta membagikan foto-foto tersebut di media sosial.  Bagi masyarakat yang berada di kawasan masjid raya Baiturrahman dapat juga menyaksikan langsung dari bawah payung elektrik raksasa bersama teman, keluarga dan kenalan lainnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia