KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiProgram-Program PMOH untuk Top Reporter HOKI, Pegawai Negeri, dan Swasta oleh : Redaksi-kabarindonesia
11-Feb-2018, 16:42 WIB


 
 
KabarIndonesia - Ikuti Program Istimewa bagi yang pernah menjadi Top Reporter HOKI kapan pun Anda terpilih dan berhasrat memperdalam ilmu menulis dan tertarik mengikuti Pelatihan Menulis Online HOKI (PMOH).

Program Instansi pun diberikan kepada Instansi Pemerintah atau Swasta yang
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Keindahan Khatulistiwa 12 Feb 2018 16:21 WIB

Merakyatlah 12 Feb 2018 16:21 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Hapus Tatto Gratis 27 Jan 2018 12:27 WIB

 

Memantau Gerhana Bulan Total dari Kawasan Banda Aceh

 
DAERAH

Memantau Gerhana Bulan Total dari Kawasan Banda Aceh
Oleh : Bang Rachmad | 08-Feb-2018, 06:07:36 WIB

KabarIndonesia - Banda Aceh, Di akhir bulan Januari 2018 kita dapat menyaksikan fenomena alam yang sangat menakjubkan. Peristiwa yang luar biasa telah terjadi yaitu Gerhana Bulan Total. Di kota Banda Aceh ujung Pulau Sumatera telah jauh-jauh hari Kanwil Kemenag Aceh mengedarkan surat pemberitahuan tentang peristiwa alam Gerhana Bulan Total. 

Surat dengan nomor B205/Kw.01.6/BA.03.2/01/2018 tanggal 16 Januari 2018 tentang Edaran Gerhana Bulan Total dan Seruan Shalat Khusuf.  Para pengurus Masjid di kota Banda Aceh telah memberitahukan kepada para jamaahnya tentang akan terjadinya gerhana bulan total dan adanya shalat khusus gerhana bulan/shalat khusuf.

Pada hari yang telah dinantikan Rabu 31 Januari 2018, akhirnya terjadilah peristiwa alam yang sangat luar biasa yaitu gerhana bulan total. Peristiwa ini sangat langka terjadi karena hanya ada dalam 152 tahun sekali. Belum tentu umur kita mencapai angka 152 tahun, karena itu sungguh beruntung sekali kita yang hidup di zaman sekarang dapat menyaksikannya dalam satu fenomena ajaib yaitu fenomena supermoon (bulan besar) dalam satu rangkaian yang disebut Super-Blue-Blood-Moon.

Ternyata hasil analisa pakar astronomi disebutkan bahwa "Supermoon" karena jarak bulan berada pada posisi terdekat dengan bumi. Sedangkan "Blue Moon" karena ini purnama kedua pada bulan Januari pasca bulan purnama pada 1 Januari 2018. Pada hari Rabu sore, 31 Januari 2018 atau 14 Jumadi Awal 1439 H, berdasarkan perhitungan falakiyah telah terjadi fenomena alam yang berkaitan dengan ibadah umat lslam berupa gerhana bulan total di wilayah lndonesia.

Untuk wilayah Provinsi Aceh, gerhana bulan total ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama, yakni selama 5 jam lebih, terjadi pada jam 17:51:15 WIB hingga jam 23:08:27 WIB, puncak gerhana bulan total terjadi pada jam 20:29:59 WIB.

Masyarakat Aceh yang berada di kawasan kota Banda Aceh dapat melihat gerhana bulan total dan shalat khusuf di beberapa masjid pilihan seperti di masjid Raya Baiturrahman, Masjid Jamik Kampus Unsyiah, Masjid Oman, Masjid Baiturahim Ulee Lheu. Ada juga lokasi khusus untuk melaksanakan shalat khusuf di halaman kanwil Kemenag Aceh.  Bagi masyarakat yang hadir di halaman kanwil Kemenag Aceh tentu saja ada kekhususan tersendiri karena tersedia 10 teropong/teleskop untuk masyarakat umum agar bisa melihat gerhana bulan total dan satu teropong/teleskop khusus untuk tim kanwil Kemenag Aceh.

Setelah shalat Isya kemudian dilanjutkan dengan shalat khusuf diimami oleh Ust. Ivan Aulia. Lc, MA yang shalatnya berupa shalat sunat dua rakaat dengan empat kali rukuk serta penyampaian pesan agama oleh Khatib Dr. Saifullah Yunus, Lc. MA; tentang fenomena kebesaran Allah SWT.
 
Pasca shalat gerhana bulan masyarakat dapat menyaksikan gerhana bulan total langsung dan mengabadikannya dengan telepon seluler atau kamera digital lainnya apalagi cuaca di kota Banda Aceh sangat mendukung, langit cerah dan tidak mendung maupun hujan.
 
Awal-awal terjadinya gerhana ini masyarakat Banda Aceh sangat antusias mengambil momen langka ini dengan kamera, baik anak-anak maupun orang dewasa untuk kenang-kenangan serta membagikan foto-foto tersebut di media sosial.  Bagi masyarakat yang berada di kawasan masjid raya Baiturrahman dapat juga menyaksikan langsung dari bawah payung elektrik raksasa bersama teman, keluarga dan kenalan lainnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEKoleh : Rohmah Sugiarti
12-Feb-2018, 22:21 WIB


 
  Astra International Investasi USD150 Juta di GO-JEK Menteri Komunikasi & Informasi RI Rudiantara (kedua kiri) bersama Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kedua kanan), Chief Executive Officer & Founder Go-Jek Nadiem Makarim (kiri) dan President & Co-Founder Go-Jek Andre Soelistyo berswafoto bersama seusai konferensi pers
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Konsisten Pegang Teguh Netralitas 15 Feb 2018 23:19 WIB


 

 
 

 

 

 

 
Walk to Museum Bahari Yogyakarta 12 Feb 2018 16:23 WIB

 

 

 

 
Nasehat Mengelola Amarah 04 Feb 2018 11:15 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia