KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKemnaker Beri Contoh Ruangan Laktasi dan Daycare Ideal Bagi Perusahaan BUMN dan Swasta oleh : Rohmah Sugiarti
21-Aug-2017, 04:31 WIB


 
 
KabarIndonesia – Tepat sehari setelah hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 (18/8), Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, meresmikan Taman Penitipan Anak dan Ruang Laktasi yang dibangun di lantai M Gedung B, Gedung Kementerian Ketenagakerjaan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta.
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Cindai 19 Aug 2017 19:43 WIB

Lirih Rindu 19 Aug 2017 19:41 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Legislator PAN Lakukan Edukasi tentang BPJS kepada Mahasiswa STIKES

 
DAERAH

Legislator PAN Lakukan Edukasi tentang BPJS kepada Mahasiswa STIKES
Oleh : Muh Nurcholis | 18-Apr-2017, 22:41:45 WIB

KabarIndonesia – Kesempatan bertemu langsung dengan konstituen, dimanfaatkan Suli Da’im, S.Pd, MM Ketua Komisi E DPRD Jawa Timur untuk terus menebar ilmu dan motivasi kepada masyarakat. Kegiatan itulah yang dilakukan politisi Partai Amanat Nasional ini kala bersama mahasiswa STIKES Buana Husada Ponorogo, Sabtu (16/4) lalu, Suli Da’im menjadi narasumber kuliah umum terkait JKN dan BPJS Kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Suli Da’im memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait informasi dan sistem pengelolaan BPJS. “Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2019 menargetkan seluruh penduduk Indonesia menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. JKN tersebut dilaksanakan secara bertahap sejak 2014,” terangnya.

Selain itu dia memaparkan jika di dalam Undang-undang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) di bidang kesehatan bahwa seluruh penduduk wajib menjadi peserta jaminan kesehatan, termasuk Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal lebih dari enam bulan di Indonesia.

Untuk menjadi peserta harus membayar iuran jaminan kesehatan. Bagi yang mempunyai upah atau gaji, besaran iurannya berdasarkan persentase upah atau gaji yang dibayar oleh pekerja dan pemberi kerja. Sedangkan bagi yang tidak mempunyai gaji atau upah, besaran iurannya ditentukan dengan nilai nominal tertentu. Bagi masyarakat miskin serta tidak mampu membayar iuran, maka iurannya ditanggung dan dibayarkan oleh pemerintah.

Mulai tahun 2019 mendatang, masyarakat wajib menjadi anggota BPJS, jika tidak mereka bakal tidak bisa menerima layanan publik. “Problem BPJS itu tingkat kepahaman tidak sepenuhnya sampai masyarakat, bahwa BPJS tahun 2019 wajib-seluruh masyarakat indonesia harus menjadi anggota BPJS, karena kalau tidak maka tidak akan bisa melakukan pelayanan publik,” sebutnya.

Suli juga memotivasi mahasiswa agar bisa memberikan edukasi kepada masyarakat. Lantaran, sebagai mahasiswa yang bergerak di bidang kesehatan mereka harus paham juga terkait mekanisme pengelolaan JKN. “Mahasiswa STIKES Buana Husada tentu harus paham bagaimana JKN dan BPJS sehingga mampu menerapkan ilmu di masyarakat,” tandasnya.

Suli juga menjelaskan Pemprov Jawa Timur memberikan perhatian khusus kepada para gelandangan dan anak terlantar. Mereka yang tidak bisa menerima layanan BPJS maka Pemprov sudah mengcovernya lewat APBD Provinsi Jatim. “BPJS dan PBI itu syaratnya kan KTP atau KSK, sedangkan gelandangan kan tidak punya identitas maka akan dicover oleh APBD provinsi Jatim,” sebutnya.

Sementara itu, selain mengisi kuliah umum, Suli Daim juga menghadiri kegiatan Baitul Arqam MPK PDM Ponorogo di Ngebel. Suli Da’im berbagi dengan penggerak persyarikatan agar menjadi motivasi untuk dakwah amar ma'ruf nahi mungkar di daerahnya.*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Astra Pertahankan Tradisi Upacara di HUT ke-72 Kemerdekaan RI 2017 Upacara pengibaran bendera menjadi tradisi seluruh direksi dan karyawan anak perusahaan dan kantor cabang Astra di seluruh Indonesia. Ini merupakan wujud kecintaan Astra terhadap bangsa dan negara. Nampak Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto bertindak sebagai pembina upacara
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 
Beda Hemat dan Pelit 15 Aug 2017 02:01 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 
Uang Bukanlah Sumber Kebahagiaan 26 Jul 2017 16:09 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia