KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahOperasional Pelabuhan Simanindo Kembali Dibuka dengan Pengoperasian Kapal Ferry dan Kapal Kayu oleh : Danny Melani Butarbutar
07-Jul-2018, 14:45 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Sejak peristiwa tenggelamnya kapal kayu KM. Sinar Bangun di perairan Tigaras pada Senin (18/6) Pemerintah telah menghentikan operasional transportasi kapal trayek Simanindo (Samosir) - Tigaras (Simalungun). Hal ini sangat berdampak luas kepada roda perekonomian masyarakat.

Namun,
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ruang dan Cinta Penyatu Segalanya 27 Jun 2018 05:55 WIB

Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

LIPI dan Pemkab Samosir Membangun Kawasan Danau Aek Natonang Menjadi Kebun Raya dan Objek Ekowisata.
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 05-Mei-2018, 09:18:49 WIB

KabarIndonesia - Pemerintah kabupaten Samosir bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan mengembangkan kebun danau kecil/tasik Aek Natonang di desa Tanjungan kecamatan Simanindo Samosir, Sumatera Utara. Hal ini disampaikan Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM, melalui pesan seluler WhatsApp kepada kabarindonesia.com, Jumat (5/5).  

Pada pertemuan di kantor LIPI Jakarta tersebut, Bupati Samosir didampingi Asisten Ekbang Saul Situmorang, SE, MSi, Kepala Bappeda Samosir Rudi SM Siahahaan AP, MM, Sekretaris Dinas  PU, dan Kepala bidang Litbang Bappeda Samosir.

"Suatu kerjasama yg akan diwujudkan di Samosir yaitu LIPI dengan Pemkab Samosir akan mengembakan kebun raya samosir Aek Natonang yang ada di desa Tanjunganm kec.Simanindo. Yang berbasis ekowisata, dengan fungsi konservasi dan pusat wisata. Hari ini sdh diputuskan di Gedung Pusat LIPI Jakarta bersama Pemkab Samosir," tulis Rapidin Simbolon menginformasikan dari Jakarta.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa dibangunnya danau Aek Natonang menjadi kebun raya berbasis ekowisata, diharapkan kawasan itu mengemban fungsi konservasi dan menjadi objek dan destinasi wisata tambahan, selain ribuan situs budaya yang ada di kabupaten Samosir.

Bupati berharap adanya dukungan masyarakat dan stakeholders atas kerjasama ini. "Mohon dukungan seluruh elemen masyarakat Samosir, demi terwujudnya Kebun Raya Samosir Aek Natonang, yang nantinya menjadi salah satu objek wisata di kabupaten Samosir," harapnya.

Sementara itu, pewarta kabarindonesia.com mengumpulkan informasi terkait danau kecil Aek Natonang. Danau kecil ini atau boleh juga disebut tasik dengan luas 105 Ha, terletak di punggung atas pulau Samosir, berada pada ketinggian sekitar 1300 m diatas permukaan laut (permukaan danau toba 900 m dpl).

Danau Aek Natonang (air yang tenang) terletak di desa Tanjungan, butuh waktu 30 menit dari kota wisata Tomok (pelabuhan kapal dan ferry) , menempuh jarak sekitar 12 km. Menjangkau danau ini sekitar 600 meter dari jalan raya, dapat diakses menggunakan mobil, sepeda motor, atau jenis kendaraan lainnya. Kondisi jalannya masuk belum mulus. Di sepanjang perjalanan Tomok-Aek Natonang kawasan ini kita dapat menyaksikan banyak pepohonan dan peternakan selama perjalanan.

Danau ini sepanjang tahun berisi air dan pada musim hujan, air bisa menggenangi ratusan hektar lahan sekitar danau dan musim kemarau agar surut. Danau ini merupakan bagian dari kaldera Toba, salah satu dari 3 danau diatas Danau Toba/pulau Samosir.

Sejak lama, danau ini sangat bermanfaat bagi penduduk lokal menjadi sumber air, untuk irigasi persawahan di desa dibawahnya di dekat pantai danau toba dan untuk ternak masyarakat.

Pada tahun 90-an Pemerintah kabupaten Tapanuli Utara telah menginisiasi kawasan danau ini menjadi objek wisata alam dan lingkungan. Demikian juga setelah Samosir menjadi daerah otonom (tahun 2004 hingga sekarang) di kawasan ini telah dibangun menjadi kawasan Arboretum oleh Dinss Kehutanan.

Untuk diketahui bersama, jika kawasan Aek Natonang akan dibangun menjadi kebun raya, maka nantinya Samosir memiliki dua lokasi kebun raya, menambah Kebun Raya Samosir di Pangambatan Tomok yang sudah ditinjau dan ditanam pohon oleh Presiden Jokowi tahun 2017 yang lalu.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  FWD Life Gandeng Special Olympics Indonesia untuk Program Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Intelektual di Semarang – PT FWD Life Indonesia (FWD Life), pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, telah meresmikan kerja sama dengan Special Olympics Indonesia (SOIna) pada 18 April 2018 lalu. Setelah peluncuran kerja sama, FWD Life kemudian menggelar roadshow perdana di Bandung pada
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia