KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKementerian Ketenagakerjaan Berikan Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja tahun 2017 oleh : Rohmah Sugiarti
20-Jul-2017, 05:23 WIB


 
 
KabarIndonesia – Jakarta,  Kementerian Ketenagakerjaan (19/7) kembali memberikan penganugerahan Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk tahun 2017 di Hotel Bidakara Jakarta.  Adapun penghargaan yang diberikan meliputi penghargaan kecelakaan nihil, SMK3, program pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS) di tempat kerja, Pembina
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Perumpamaan 17 Jul 2017 13:12 WIB

Why Should I Go Through?. 30 Jun 2017 11:05 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Kolaborasi Pemkab Sergai-Forum OMS Tingkatkan Pelayanan Publik dan Penanggulangan Kemiskinan

 
DAERAH

Kolaborasi Pemkab Sergai-Forum OMS Tingkatkan Pelayanan Publik dan Penanggulangan Kemiskinan
Oleh : Agus Suriadi | 12-Mei-2017, 20:01:46 WIB

Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar acara sosialisasi pengelolaan transfer ke Daerah dan dana Desa Tahun 2017. Sosialisasi dirangkai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) antara Forum Organisasi Masyarakat Sipil (Forum OMS) dengan Bupati Sergai, bertempat di aula Sultan Serdang, Rabu (10/5).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman hadir langsung dalam acara tersebut didampingi Asisten Administrasi Umum H. Karno, SH, M.AP, Kepala Kantor Perbendaharaan Negara (BPPN) Wilayah Tebing Tinggi Edy Purwanto, Koordinator Formasi Sergai Wahyudi, S.Sos, Kadis PMD Drs. Dimas Kurnianto, SH, Kabag Organisasi Sofian, M.Pd, Camat dan Kades se-Sergai serta  para peserta sosialisasi.

Mengawali sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan bahwa Pemkab Sergai dan Forum OMS sepakat untuk melaksanakan kegiatan program reformasi birokrasi yang berbasiskan partisipasi masyarakat Sergai. Secara umum tujuannya adalah mewujudkan agenda reformasi birokrasi berbasis partisipasi masyarakat, Sedangkan tujuan khususnya adalah pertama, melaksanakan ruang dialog antara pemerintah daerah dan OMS untuk reformasi birokrasi secara rutin dan berkelanjutan. Kedua, meningkatkan kapasitas OMS dan tim RB Pemkab Sergai. Ketiga mengambil bagian dalam peninjauan kembali (review) terhadap road map reformasi birokrasi dan keempat memperkuat aksesibilitas pelayanan publik di desa sebagai salah satu upaya penanggulangan kemiskinan.

"Kerjasama antara Pemkab Sergai dan Forum OMS diharapkan dapat memberikan rekomendasi perbaikan pelayanan publik untuk penanggulangan kemiskinan dan mendorong pengembangan sistem manajemen data Pemkab Sergai dami terwujudnya kabupaten yang unggul, inovatif dan berkelanjutan," kata Soekirman.

Seperti diketahui bersama bahwa sejak tahun 2014 desa menjadi ujung tombak dan buah bibir pembangunan di Indonesia. Hal ini karena dahulu Undang-undang dan Menteri khusus yang mengurusi desa belum ada, akan tetapi di Sergai ada Dinas PMD. Oleh karenanya, Bupati Sergai berpesan kepada para Kades agar menerapkan perencanaan yang matang, pengorganisasian yang baik, dan pelaksanaan yang sesuai peraturan serta monitoring-evaluasi pembangunan desa itu sendiri.

Kegiatan sosialisasi pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa ini merupakan transfer pengetahuan dasar dan bersifat aplikatif. Bertujuan untuk memberi pemahaman dasar sebelum melaksanakan tugas penggunaan dan pengelolaan dana desa.
"Kebijakan dana desa memerlukan kesiapan seluruh unsur yang terlibat termasuk Kades dan perangkatnya," papar Bupati Soekirman.

Sementara itu, Koordinator Formasi Sergai Wahyudi, S.Sos memberikan apresiasi atas keinginan dan antusiasme Pemkab Sergai dalam hal MoU yang telah ditandatangani pada medio 2016 lalu. Penandatangan MoU dalam acara ini juga dalam rangka melanjutkan kerjasama dalam hal pengawasan guna peningkatan pelayanan publik.

Menurut data dari Ombudsman, bahwa ada perbaikan pelayanan publik yang dilaksanakan instansi kerja di lingkungan Pemkab Sergai. "Hal tersebut walau belum terlalu signifikan, akan tetapi cukup menggambarkan kuatnya komitmen semua pihak untuk perbaikan pelayanan kepada masyarakat," ungkap Wahyudi. Dalam halnya desa, lanjut Wahyudi bahwa isu kuat yang berkembang terkait pelayanan publik saat ini ada di pedesaan.

Dikabarkan bahwa Formasi dan Pemkab Sergai telah saling bahu membahu dalam hal pembangunan di desa. Amanat Undang-undang desa memberikan pembahasan strategis tentang proses pelayanan publik di tingkat desa.  "Yang terpenting lagi bahwa Kemendagri telah mengeluarkan Permendagri No 2 tahun 2017 yang didalamnya terdapat poin-poin tentang standar pelayanan minimal desa agar nantinya ditindaklanjuti dan dibuat standar legalnya seperti Perdes," sebut Wahyudi.

Dia berharap, upaya dan sinergisitas antara Pemkab Sergai dan Formasi agar kiranya dapat terus terjalin dengan baik agar nantinya membantu pencapaian visi Kabupaten Sergai."Kolaborasi selama ini dapat terus ditingkatkan, dan MoU ini dapat menjadi rujukan bersama guna memunculkan gagasan dan inovasi-inovasi pelayanan terbaik kepada masyarakat," tutup Wahyudi.

Sebelumnya di awal acara, Kadis PMD Drs. Dimas Kurnianto, SH melaporkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud agar para Kades memahami aturan tentang pengelolaan dana desa dan proses penyalurannya. Sedangkan tujuannya agar Kades mampu mengelola dana desa sehingga tidak ada lagi Kades yang menyalahgunakan dana desa dan pelaksanaanya lebih tepat sasaran. (*)

Teks Photo :
MoU : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Asisten Administrasi Umum H. Karno, SH, M.AP, Kadis PMD Drs. Dimas Kurnianto, SH dan Kabag Organisasi Sofian, M.Pd sedang menunjukkan dokumen MoU bersama Koordinator Formasi Sergai Wahyudi, S.Sos yang sudah ditandatangani disela-sela acara Sosialisasi Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2017 dirangkai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) antara Forum Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dengan Bupati  Sergai bertempat di aula Sultan Serdang, Rabu (10/5). (Photo: HOKI /Agus) 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
17 Gubernur Raih Pembina K3 Award 2017oleh : Rohmah Sugiarti
20-Jul-2017, 14:57 WIB


 
  17 Gubernur Raih Pembina K3 Award 2017 Penghargaan Pembina K3 di tingkat provinsi diberikan kepada 17 Gubernur, yakni Jawa Timur, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Jambi, Kalimantan Tengah, Bali, Lampung, Riau, Nangroe Aceh Darussalam
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 
Ramadhan 15 Jun 2017 05:55 WIB

 
Awas Anemia! 17 Jul 2017 13:12 WIB


 

 
Hari Media Social 2017 11 Jun 2017 04:40 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia