KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahPemprov Jateng Keliru Tafsirkan UU Kebudayaan oleh : Gunoto Saparie
16-Jan-2018, 22:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dinilai keliru dalam menafsirkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Undang-undang tersebut mengamanatkan pembentukan Lembaga Wali Amanat (LWA), namun pemprov justru memfasilitasi pendirian Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN).  
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sekeping hati 06 Jan 2018 16:05 WIB

 

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Kenduri Jamu Sawah di Kampung Ibus Desa Sei Rampah

 
DAERAH

Kenduri Jamu Sawah di Kampung Ibus Desa Sei Rampah
Oleh : Agus Suriadi | 17-Apr-2017, 13:39:24 WIB

KabarIndonesia - Serdang Bedagai, Untuk menjaga agar sawah tidak mendapat bencana dan memberikan hasil yang bagus, maka diadakanlah kenduri jamu sawah. Kenduri jamu sawah merupakan budaya yang harus dijaga dan dipertahankan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa.  Demikian disampaikan Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman, saat menghadiri acara kenduri jamu sawah di Dusun IX Kampung Ibus Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, (12/4).

Hadir dalam acara tersebut Kadis Pertanian Sefrial Budi, SP, MP, Kadis PMD Drs Dimas Kurnianto, Kaban PBD Henri Suharto, SH, Camat Sei Rampah, Kapolsek Firdaus Kecamatan Sei Rampah Camat Teluk Mengkudu, Camat Dolok Masihul, Camat Dolok Merawan, Kepala Desa Sei Rampah dan masyarakat Dusun IX Desa Sei Rampah.

Pada sambutannnya Bupati Sergai mengatakan, seperti halnya lebih kurang 100 bahasa yang ada di Indonesia dikuatirkan akan punah karena tidak dipergunakan lagi dalam kehidupan sehari-hari. "Karena itu, tradisi jamu sawah atau tepung tawar bibit harus tetap dilaksanakan ketika akan turun sawah supaya budaya jamu sawah tetap lestari" sebut Soekirman.

Didampingi Kadis Pertanian Sergai Sefrial Budi, SP, MP, Camat Sei Rampah Drs Haparuddin Saragih, Kapolsek Firdaus Kecamatan Sei Rampah  dan Kepala Desa Sei Rampah, Bupati Sergai menepung-tawari bibit padi yang akan ditanam. Tepung tawar ini sebagai permulaan dari rangkaian kenduri jamu sawah. Nantinya, setelah 7 (tujuh) hari dari acara kenduri ini,  barulah kemudian bibit padi boleh ditanam.*)

Teks Photo :
Bupati Sergai Ir. Soekirman Di Dampingi Kadis Pertanian Syafrial Budi, SP, MP, Camat Sei rampah Drs. Haparuddin Saragih, Kapolsek Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Kades Sei Rampah tepung tawar Bibit  pada kegiatan Jamu sawah dan Tepung Tawar Bibit di Dusun IX Kampung Ibus Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah .(Photo : HOKI /Agus) 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Belajar Menjadi Orang Kaya 16 Jan 2018 08:56 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 
 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia