KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 

Kapolres Jember Terima Penghargaan WBBM dari Kemenpan RB

 
DAERAH

Kapolres Jember Terima Penghargaan WBBM dari Kemenpan RB
Oleh : Wahyu Ari Wicaksono | 16-Des-2017, 21:38:50 WIB

KabarIndonesia – Jakarta,  Setelah sebelumnya berhasil menerima penghargaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK), akhir tahun 2017 ini Polres Jember lagi-lagi berhasil kembali mendapat penghargaan kategori Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Diserahkan secara langsung oleh penghargaan kepada unit kerja pelayanan yang berhasil memperoleh predikat WBK dan WBBM, diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur, Selasa (12/12) lalu di Hotel Bidakara Jakarta.

Tercatat ada sebanyak 6 unit kerja yang memperoleh WBBM, dan 77 unit kerja yang memperoleh WBK. Adapun seremoni penyerahan Penghargaan ini telah secara rutin dilaksanakan oleh MenPAN-RB bersama-sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam rangka meperingati Hari Anti Korupsi Sedunia.

Dalam sambutannya Menteri Asman menyatakan, “Penghargaan ini dimaksudkan agar momentum Hari Anti Korupsi Internasional mampu menjadi pemicu bagi seluruh Instansi Pemerintah untuk melakukan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi secara konkret, sistematis, dan berkelanjutan.”
 
Menurutnya, Reformasi Birokrasi merupakan langkah utama bagi birokrasi untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan menjadi lebih baik, efektif dan efisien. Sasarannya jelas, yaitu agar masyarakat dapat merasakan pelayanan yang lebih cepat, tepat, profesional, serta bersih dari praktek KKN.

Meskipun demikian, dalam prakteknya upaya untuk mewujudkan reformasi birokrasi ini tidaklah mudah serta membutuhkan waktu yang tidak cepat. Hal itu disebabkan oleh luasnya cakupan, kompleksitas, banyaknya permasalahan tumpang tindih (overlapping) antar fungsi-fungsi pemerintahan dan regulasinya, serta perubahan pola pikir dan perilaku negatif birokrasi yang sudah mengakar sejak masa-masa sebelumnya.

Lebih lanjut Menteri Asman menegaskan, “Untuk mempercepat pencapaian, instansi pemerintah wajib membangun pilot project pelaksanaan reformasi birokrasi yang dapat menjadi percontohan bagi seluruh unit-unit kerja pelayanan lainnya, Unit kerja yang menjadi pilot project tersebut disebut dengan unit kerja pelayanan WBK / WBBM.”

“Untuk itu, saya meminta Pimpinan Instansi Pemerintah yang telah memiliki unit kerja WBK/WBBM untuk segera menularkan hal-hal baik yang ada di Unit WBK/WBBM tersebut ke Unit-Unit lain pelayanan sejenis yang ada di lingkungan Instansinya,” tandasnya.

Unit-Unit pelayanan yang lain, bisa belajar ke Unit-unit WBK/WBBM. Seperti yang sudah dilakukan oleh Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Kepolisian RI. Sehingga secara sistematis seluruh unit layanan di Instansi pemerintah dapat memberikan layanan yang berkualitas dan bersih dari KKN.

“Saya mengajak seluruh jajaran Kementerian, Lembaga, Pemda, untuk mengoptimalkan pelaksanaan reformasi birokrasi dengan memprioritaskan pembangunan unit-unit kerja pelayanan menjadi WBK/WBBM,” pungkas Menteri Asman.

Terkait dengan penghargaan yang diterimanya, Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo SH, SIK, MH, menyatakan tekadnya untuk mempertahankan dan meningkatkan penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan tersebut adalah, “Tantangan dan motifasi bagi Polres untuk melayani masyarakat lebih baik dan sebagai motivasi ke depan lebih baik dari sebelumnya,” ujar AKBP Kusworo. (*)



 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia