KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
RohaniDualitas Ghaib-Nyata (2): Menemukan Resonansi Ilahi oleh : Tonny Djayalaksana
10-Des-2018, 15:05 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pada tulisan "Dualitas Ghaib-Nyata Bagian 1" telah dipaparkan tentang adanya fenomena manusia yang bisa berbicara dengan flora dan fauna. Temuan kenyataan tersebut serupa dengan yang diceritakan dalam Al Quran tentang Nabi Daud dan Nabi Sulaiman yang diberi keutamaan
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Kabupaten Toba Samosir Akan Ganti Nama Menjadi Kabupaten Toba
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 01-Mar-2018, 04:55:11 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Pada perayaan hari jadi ke 14 Kabupaten Samosir yang dilaksanakan di lapangan kantor Bupati Samosir, Selasa (27/2), Darwin Siagian, Bupati Toba Samosir (sering disebut Tobasa) didaulat untuk menyampaikan kata sambutan mewakili Bupati tetangga di kawasan Danau Toba.

"Saya mewakili bupati dari Tapanuli Raya mengucapkan selamat hari jadi ke 14 buat kabupaten Samosir. Sebagai kabupaten induk Toba Samosir merasa bangga dengan progress pembangunan di Samosir. Walaupun Samosir merupakan 'anak' kabupaten Toba Samosir, tapi sudah nampak kemajuan, kita bangga atas kerja keras pak bupati dan jajarannya," sebutnya.

Saat menyampaikan sambutan, beberapa pejabat memang sering salah menyebut Samosir sebagai Toba Samosir, termasuk Darwin Siagian yang mengaku dan mengalami kesulitan membedakannya. "Satu hal yang sering terjadi adalah sulit membedakan Toba Samosir dengan Samosir. Terutama dari pihak kementerian sering salah, misalnya ketika ada bantuan Kapal yang seharusnya ke Toba Samosir jadinya ke Samosir, pihak kementerian merasa itu sama," sebutnya bercanda.

Memang demikianlah adanya, karena penamaan sebuah daerah/kabupaten, itu mengikuti undang-undang pembentukannya. Atas dasar ini, Darwin Siagian menginformasikan bahwa mereka sudah mengusulkan perubahan nama kabupatennya dari Toba Samosir menjadi Toba saja. "Jadi sekarang sedang digodok perubahan nama kabupaten Toba Samosir menjadi kabupaten Toba, dan kabupaten Samosir tetap Samosir. Pergantian atau perubahan nama tidak terlalu sulit, prosesnya hanya di Kementerian Dalam Negeri," jelasnya.

Seorang tokoh masyarakat yang kebetulan duduk bersama dengan pewarta kabarindonesia berkomentar sebaiknya nama Toba Samosir dirubah menjadi Tobasa saja, sehingga didalamnya masih terkandung sejarah pemekaran dari induknya Tapanuli Utara.

Melanjutkan sambutannya, Darwin Siagian mengatakan bahwa untuk pembangunan Danau Toba butuh kerja keras dan komitmen, apalagi Presiden Jokowi telah mencanangkannya menjadi KSPN. Dia menceritakan hasil penelitian seorang pakar bahwa danau toba terdalam 520 m di kawasan Tongging-Silalahi. "Begitu luas dan dalamnya Danau Toba, namun hanya pada kedalaman 70 m dari permukaan saja yang ada kehidupan. Selebihnya, tidak ada oksigen bahkan yang ada pencemaran," jelasnya.

Selanjutnya, Darwin Siagian menginformasikan bahwa pada bulan Mei tahun ini Tim Assesor UNESCO akan hadir di kawasan Geopark Nasional Kaldera Toba. "Bulan Mei akan datang Unesco dalam menilai GKT, mudah-mudahan Oktober, GKT tercatat sbg anggota Geopark Unesco" katanya.

Mengakhiri sambutannya Darwin menambahkan bahwa pada bulan April 2018 ini akan dilaksanakan Perayaan Paskah Nasional yang ketua umumnya Ibu Wagubsu. "Pembukaan di Sigulatti Samosir dan penutupan di Toba Samosir, karena itu mari kita kabupaten di kawasan danau toba makin kompak, kita tak perlu saling curiga, maju bersama," pungkasnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia