KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahPemprov Jateng Keliru Tafsirkan UU Kebudayaan oleh : Gunoto Saparie
16-Jan-2018, 22:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dinilai keliru dalam menafsirkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Undang-undang tersebut mengamanatkan pembentukan Lembaga Wali Amanat (LWA), namun pemprov justru memfasilitasi pendirian Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN).  
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
 
Sekeping hati 06 Jan 2018 16:05 WIB

 

 
BERITA LAINNYA
 
 

 

ICMI Minta Waspadai Isu SARA di Pilgub Jateng

 
DAERAH

ICMI Minta Waspadai Isu SARA di Pilgub Jateng
Oleh : Gunoto Saparie | 13-Jan-2018, 04:20:56 WIB

KabarIndonesia - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jawa Tengah mengimbau kepada  masyarakat, terutama umat Islam untuk mewaspadai kampanye yang menjual isu SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018. Sentimen SARA merupakan isu sensitif yang dapat mengganggu ketenteraman dan keamanan masyarakat. Persatuan dan kesatuan yang selama ini terjaga harus tetap kita pelihara.

Fungsionaris ICMI Jateng Gunoto Saparie mengatakan, menguatnya politisasi SARA pada pelaksanaan Pilgub DKI Jakarta 2017 bukan mustahil terjadi di Jawa Tengah. Hal itu tampak dari pernyataan beberapa politisi akhir-akhir ini. Dengan melihat contoh keberhasilannya dalam Pilgub DKI, kemungkinan sentimen SARA dinilai masih efektif untuk memenangkan pertarungan. 

"Sentimen SARA memang bisa menggugah dan menggerakkan pemilih untuk terpolarisasi memenangkan kandidat. Karena itu, masyarakat Jateng harus dewasa dalam menyikapi hal ini. Strategi murahan yang mengabaikan program kandidat tak patut diimpor ke wilayah ini," ujar Gunoto, seraya menambahkan, seharusnya partai politik memiliki tanggung jawab besar untuk mengantisipasi terjadinya penggunaan isu SARA dalam Pilgub.

Memang, lanjut Gunoto, isu SARA dan politik identitas telah lama digunakan dalam pemilu di Indonesia namun selama ini masih bisa diredam. Belajar dari kasus Pilgub DKI, fenomena ini kini makin menguat dan sungguh mencemaskan karena berpotensi memecah belah bangsa.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Belajar Menjadi Orang Kaya 16 Jan 2018 08:56 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 
 

 

 
Kereta Kehidupan 03 Jan 2018 03:08 WIB

Kemarin Hari Ini dan Esok 03 Jan 2018 02:04 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia