KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiKapal dan Ratusan Penumpang Tenggelam di Perairan Simanindo-Tigaras, Danau Toba oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Jun-2018, 04:08 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas tenggelamnya kapal penumpang bernama KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba tepatnya 500 meter menuju dermaga Tiga Ras, Simalungun, Senin (18/6) sore sekitar pukul 17.30 wib.
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

Surat Untuk Wakil Rakyat 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

ICMI Minta Waspadai Isu SARA di Pilgub Jateng

 
DAERAH

ICMI Minta Waspadai Isu SARA di Pilgub Jateng
Oleh : Gunoto Saparie | 13-Jan-2018, 04:20:56 WIB

KabarIndonesia - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jawa Tengah mengimbau kepada  masyarakat, terutama umat Islam untuk mewaspadai kampanye yang menjual isu SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018. Sentimen SARA merupakan isu sensitif yang dapat mengganggu ketenteraman dan keamanan masyarakat. Persatuan dan kesatuan yang selama ini terjaga harus tetap kita pelihara.

Fungsionaris ICMI Jateng Gunoto Saparie mengatakan, menguatnya politisasi SARA pada pelaksanaan Pilgub DKI Jakarta 2017 bukan mustahil terjadi di Jawa Tengah. Hal itu tampak dari pernyataan beberapa politisi akhir-akhir ini. Dengan melihat contoh keberhasilannya dalam Pilgub DKI, kemungkinan sentimen SARA dinilai masih efektif untuk memenangkan pertarungan. 

"Sentimen SARA memang bisa menggugah dan menggerakkan pemilih untuk terpolarisasi memenangkan kandidat. Karena itu, masyarakat Jateng harus dewasa dalam menyikapi hal ini. Strategi murahan yang mengabaikan program kandidat tak patut diimpor ke wilayah ini," ujar Gunoto, seraya menambahkan, seharusnya partai politik memiliki tanggung jawab besar untuk mengantisipasi terjadinya penggunaan isu SARA dalam Pilgub.

Memang, lanjut Gunoto, isu SARA dan politik identitas telah lama digunakan dalam pemilu di Indonesia namun selama ini masih bisa diredam. Belajar dari kasus Pilgub DKI, fenomena ini kini makin menguat dan sungguh mencemaskan karena berpotensi memecah belah bangsa.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Indonesia Idol Guncang Tarutungoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
02-Jun-2018, 13:11 WIB


 
  Indonesia Idol Guncang Tarutung Maria Simorangkir juara Indonesia Idol 2018 mengguncang ribuan massa yang menghadiri kampanye akbar pasangan cabup/cawabup Tapanuli Utara JTP Hutabarat/Frengky Simanjuntak Kamis (31/5). Dua pasangan lainnya Nikson Nababan/Sarlandy Hutabarat dan Chrismanto Tobing/Hotman Hutasoit sudah melaksanakan kampanye akbar sesuai urutan yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Peradaban Barat dan Timur 22 Mei 2018 13:51 WIB

 

 

 

 
Jadwal Piala Dunia 2018 13 Jun 2018 04:50 WIB

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia