KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiKapal dan Ratusan Penumpang Tenggelam di Perairan Simanindo-Tigaras, Danau Toba oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Jun-2018, 04:08 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas tenggelamnya kapal penumpang bernama KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba tepatnya 500 meter menuju dermaga Tiga Ras, Simalungun, Senin (18/6) sore sekitar pukul 17.30 wib.
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

Surat Untuk Wakil Rakyat 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Dinas Kelautan dan Perikanan Bima Bersama SKIPM Bima Kembangkan Budidaya Perikanan

 
DAERAH

Dinas Kelautan dan Perikanan Bima Bersama SKIPM Bima Kembangkan Budidaya Perikanan
Oleh : Fatoni Rahman | 02-Mar-2018, 09:05:39 WIB

KabarIndonesia - Kabupaten Bima memiliki potensi perikanan budidaya yang dapat terus dikembangkan, baik budidaya air laut maupun air tawar. Dengan wilayah perairan laut yang luas mencapai 3.760,33 km2 serta ketersedian lahan tambak dengan luas daratan 438.940 ha sehingga diharapkan mampu memproduksi banyak hasil perikanan.

Hal ini mendorong pemerintah daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kabupaten Bima untuk terus melakukan peningkatan kegiatan budidaya melalui sistem sertifikasi Cara Budidaya Ikan Yang Baik (CBIB). DKP Bima bersama-sama dengan Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bima melakukan kegiatan sosialisasi kepada Unit Usaha Pembudidaya Ikan di wilayah kabupaten Bima untuk penerapan sistem CBIB serta pengendalian Hama Penyakit Ikan (HPI) dan Hama Penyakit Ikan Karantina (HPIK), yang mendukung kelangsungan kegiatan budidaya.

Kepala Seksi Budidaya, Rita Rahmawati Kurnia, S.Pi mewakili Kepala DKP Kab. Bima dalam sambutannya menyampaikan,  "Dalam rangka menghadapi era globalisasi, maka produk perikanan diharapkan aman untuk dikonsumsi sesuai persyaratan yang dibutuhkan pasar sebagai konsekuensi dari kebutuhan pasar global. Produk perikanan budidaya harus mempunyai daya saing, baik dalam mutu produk maupun efisiensi dalam produksi. Hal tersebut akan berpengaruh positif dalam upaya meningkatkan ekspor dan menekan impor serta pertumbuhan ekonomi yang pada gilirannya dapat meningkatkan devisa dan pendapatan masyarakat khususnya pembudidaya ikan di wilayah Kab. Bima. Untuk menjamin dan telah memenuhi persyaratan, maka perlu dilakukan sertifikasi terhadap unit usaha budidaya yang bersangkutan melalui CBIB. Dengan cara penilaian yang obyektif dan transparan, sertifikasi diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan baik produsen maupun konsumen dan pada gilirannya akan meningkatkan daya saing produk perikanan budidaya," jelas Rita.

"Selanjutnya dengan terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini diharapkan para Unit Usaha Pembudidaya Ikan yang belum menerapkan CBIB dapat segera untuk melakukan sertifikasi dengan pendampingan oleh DKP Kab. Bima agar ikan yang dihasilkan mempunyai daya saing sehingga dapat meningkatkan harga jual dan kesejahteraan masyarakat,"tutup Rita.

Fatoni Rahman, selaku Seksi Pengawasan dan Pengendalian Data Dan Informasi Stasiun KIPM Bima dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa, "Hama Penyakit Ikan (HPI) dan Hama Penyakit Ikan Karantina (HPIK) adalah hal yang penting untuk diketahui, dan dipahami oleh para pengguna jasa, karena hal tersebut merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan kegiatan budidaya perikanan", ujar Fatoni.

"Stasiun KIPM Bima siap mendukung kegiatan budidaya di wilayah Kab. Bima melalui pengendalian HPI/HPIK dengan melakukan kegiatan pemantauan HPI/HPIK di farm-farm pembudidaya ikan, yang dilanjutkan dengan kegiatan pemeriksaan di laboratorium yang telah terakreditasi ISO 17025:2008, serta kegiatan investigasi jika terdapat kasus-kasus kematian ikan pada farm-farm budidaya ikan", tegas Fatoni.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Indonesia Idol Guncang Tarutungoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
02-Jun-2018, 13:11 WIB


 
  Indonesia Idol Guncang Tarutung Maria Simorangkir juara Indonesia Idol 2018 mengguncang ribuan massa yang menghadiri kampanye akbar pasangan cabup/cawabup Tapanuli Utara JTP Hutabarat/Frengky Simanjuntak Kamis (31/5). Dua pasangan lainnya Nikson Nababan/Sarlandy Hutabarat dan Chrismanto Tobing/Hotman Hutasoit sudah melaksanakan kampanye akbar sesuai urutan yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Peradaban Barat dan Timur 22 Mei 2018 13:51 WIB

 

 

 

 
Jadwal Piala Dunia 2018 13 Jun 2018 04:50 WIB

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia