KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
RohaniDualitas Ghaib-Nyata (2): Menemukan Resonansi Ilahi oleh : Tonny Djayalaksana
10-Des-2018, 15:05 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pada tulisan "Dualitas Ghaib-Nyata Bagian 1" telah dipaparkan tentang adanya fenomena manusia yang bisa berbicara dengan flora dan fauna. Temuan kenyataan tersebut serupa dengan yang diceritakan dalam Al Quran tentang Nabi Daud dan Nabi Sulaiman yang diberi keutamaan
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Dinas Kelautan dan Perikanan Bima Bersama SKIPM Bima Kembangkan Budidaya Perikanan

 
DAERAH

Dinas Kelautan dan Perikanan Bima Bersama SKIPM Bima Kembangkan Budidaya Perikanan
Oleh : Fatoni Rahman | 02-Mar-2018, 09:05:39 WIB

KabarIndonesia - Kabupaten Bima memiliki potensi perikanan budidaya yang dapat terus dikembangkan, baik budidaya air laut maupun air tawar. Dengan wilayah perairan laut yang luas mencapai 3.760,33 km2 serta ketersedian lahan tambak dengan luas daratan 438.940 ha sehingga diharapkan mampu memproduksi banyak hasil perikanan.

Hal ini mendorong pemerintah daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kabupaten Bima untuk terus melakukan peningkatan kegiatan budidaya melalui sistem sertifikasi Cara Budidaya Ikan Yang Baik (CBIB). DKP Bima bersama-sama dengan Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bima melakukan kegiatan sosialisasi kepada Unit Usaha Pembudidaya Ikan di wilayah kabupaten Bima untuk penerapan sistem CBIB serta pengendalian Hama Penyakit Ikan (HPI) dan Hama Penyakit Ikan Karantina (HPIK), yang mendukung kelangsungan kegiatan budidaya.

Kepala Seksi Budidaya, Rita Rahmawati Kurnia, S.Pi mewakili Kepala DKP Kab. Bima dalam sambutannya menyampaikan,  "Dalam rangka menghadapi era globalisasi, maka produk perikanan diharapkan aman untuk dikonsumsi sesuai persyaratan yang dibutuhkan pasar sebagai konsekuensi dari kebutuhan pasar global. Produk perikanan budidaya harus mempunyai daya saing, baik dalam mutu produk maupun efisiensi dalam produksi. Hal tersebut akan berpengaruh positif dalam upaya meningkatkan ekspor dan menekan impor serta pertumbuhan ekonomi yang pada gilirannya dapat meningkatkan devisa dan pendapatan masyarakat khususnya pembudidaya ikan di wilayah Kab. Bima. Untuk menjamin dan telah memenuhi persyaratan, maka perlu dilakukan sertifikasi terhadap unit usaha budidaya yang bersangkutan melalui CBIB. Dengan cara penilaian yang obyektif dan transparan, sertifikasi diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan baik produsen maupun konsumen dan pada gilirannya akan meningkatkan daya saing produk perikanan budidaya," jelas Rita.

"Selanjutnya dengan terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini diharapkan para Unit Usaha Pembudidaya Ikan yang belum menerapkan CBIB dapat segera untuk melakukan sertifikasi dengan pendampingan oleh DKP Kab. Bima agar ikan yang dihasilkan mempunyai daya saing sehingga dapat meningkatkan harga jual dan kesejahteraan masyarakat,"tutup Rita.

Fatoni Rahman, selaku Seksi Pengawasan dan Pengendalian Data Dan Informasi Stasiun KIPM Bima dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa, "Hama Penyakit Ikan (HPI) dan Hama Penyakit Ikan Karantina (HPIK) adalah hal yang penting untuk diketahui, dan dipahami oleh para pengguna jasa, karena hal tersebut merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan kegiatan budidaya perikanan", ujar Fatoni.

"Stasiun KIPM Bima siap mendukung kegiatan budidaya di wilayah Kab. Bima melalui pengendalian HPI/HPIK dengan melakukan kegiatan pemantauan HPI/HPIK di farm-farm pembudidaya ikan, yang dilanjutkan dengan kegiatan pemeriksaan di laboratorium yang telah terakreditasi ISO 17025:2008, serta kegiatan investigasi jika terdapat kasus-kasus kematian ikan pada farm-farm budidaya ikan", tegas Fatoni.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia