KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalRektor Universitas Pendidikan Indonesia Tutup Usia oleh : Barnabas Subagio
23-Apr-2017, 20:52 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bandung, Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Furqon, MA. Ph.D., menghembuskan nafas terakhirnya pada Sabtu (22/4/2017) pukul 10:25 WIB di Rumah Sakit Advent, Jl. Cihampelas No.161, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung.
Menurut informasi yang dihimpun pewarta KabarIndonesia, awalnya beliau sedang
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Dalam Diam... 12 Apr 2017 17:58 WIB

Jiwa-jiwa Penantang Zaman 04 Apr 2017 23:08 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
Ajak Warga Jakarta Bersatu 10 Apr 2017 22:11 WIB


 

 

Bupati Sergai Berikan Semangat Baru kepada Penggiat Seni Melalui Revitalisasi Budaya

 
DAERAH

Bupati Sergai Berikan Semangat Baru kepada Penggiat Seni Melalui Revitalisasi Budaya
Oleh : Agus Suriadi | 17-Apr-2017, 13:55:27 WIB

Kabar Indonesia - Serdang Bedagai, Dalam Upaya menggali sekaligus melestarikan budaya lokal, khususnya budaya Melayu, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Tim Revitalisasi Budaya pada Dinas Kepemudaan, Olah raga, Pariwisata dan Kebudayaan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Bangkinang Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Kunjungan yang beralangsung selama 2 (dua) hari tgl.11 - 12 April 2017 adalah merupakan kunjungan balasan dari pelaku budaya dan legislatif Kabupaten Kampar Provinsi Riau ke Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat tahun 2015 dan 2016 yang lalu. Hal ini juga mengingat kedekatan budaya antara Melayu Riau dengan Melayu di Sergai.

Hal ini dikemukakan oleh Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sergai H. Ikhsan, AP yang disampaikan kepada wartawan di ruang kerjanya Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (12/4).

Rombongan Tim Revitalisasi Budaya Sergai dipimpin langsung Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Kadis  Kepemudaan, Olah raga, Pariwisata dan Kebudayaan Drs. Santun Banjarnahor dan Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM disambut hangat oleh Plt. Sekda Kampar Ir. Nurahmi, MM beserta Kepala OPD, pemangku adat (ninik mamak) serta pelaku seni budaya bertempat di Balai Bupati Kabupaten Kampar, Kecamatan Bangkinang Kota.

Sementara itu Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menanggapi sambutan Plt. Sekda Kampar, merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab Kampar yang telah mempersilahkan para pelaku Budaya Sergai untuk melakukan kunjungan dalam rangka menggali dan melestarikan budaya lokal khususnya budaya Melayu.

Saat berlangsungnya kunjungan, diperoleh informasi bahwa Kabupaten Kampar kaya akan situs budaya sebagai bukti kejayaan nusantara di zaman lampau dan cerita legenda nasehat yang dapat memberikan contoh baik untuk  keturunan kita kelak. Terdapat juga wisata religi sebagai serambi Mekkah-nya Provinsi Riau yang memikat pengunjung. "Pelestarian budaya seperti ini agar semakin terus digalakkan guna menghindari efek negatif perkembangan teknologi serta penyalahgunaan narkotika yang semakin mengkhawatirkan," kata Soekirman.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, kunjungan seperti ini sudah ke-5 kalinya dilaksanakan oleh Tim Revitalisasi Budaya Sergai yakni kunjungan pertama muhibah ke Jawa Tengah, lalu ke Tanjung Pinang melihat Gurindam Duabelas, kemudian tahun berikutnya melihat kebudayaan dan kekayaan seni di Kepahiang Bengkulu, tahun 2016 lalu melakukan kunjungan ke Aceh Tamiang dan Banda Aceh, serta tahun 2017 ini Kabupaten Kampar, Riau.

Soekirman ingin memberi semangat baru kepada penggiat kesenian yang terdiri dari berbagai suku. Menurut Bupati, membagun fisik saja baik, tetapi membangun budaya dan kearifan lokal jauh lebih penting. Kendatipun demikian harus dimaklumi bahwa tidak semuanya pelaku seni dan budaya dapat dibawa serentak karena keterbatasan anggaran dan lainnya.

Saat kunjungan, Tim Revitalisasi Budaya Sergai melakukan pertunjukan seni Jawa, Batak, Melayu dan etnis lainnya yang cukup mewarnai Bhineka Tunggal Ika di Kabupaten Sergai.  "Kami beruntung karena Sergai mempunyai ibu kota Perbaungan sebagai pusat pemerintahan Raja Melayu Deli zaman dahulu. Di Sergai ini juga terlahir pencipta tari Serampang Duabelas yang menjadi salah satu seni yang dilindungi dan dilestarikan sebagai warisan budaya bukan benda oleh Kemendikbud  RI" jelas Soekirman.

Mengingat Sergai diproyeksikan melalui RPJMD 2021 memiliki target kunjungan wisatawan hingga 1 juta orang, maka pengembangan Seni dan Budaya memiliki peran penting menarik kunjungan wisatawan datang ke Sergai melalui konsep pertunjukan-pertunjukan seni budaya yang berkualitas, tambah Bupati.

Kunker tersebut juga dimeriahkan dengan kolaborasi pertunjukan-pertunjukan seni dan budaya khas kedua daerah seperti Tari Pasombahan, kesenian khas Kampar Calempong Ogoung dan Komposisi serta Pencak Silat dirangkai pementasan Tari Serampang Duabelas asli Sergai, Tari Zapin Siti Payung, Tatak Mannabi Page, Tagale, Gondang Simalungun serta Wayang Orang dari Tim Kesenian dan Budayawan Sergai dan Kabupaten Kampar, demikian jelas Kadis Kominfo Sergai, H.Ikhsan. *)

Teks Photo :
Bupati Sergai Ir. H. Soekirman sedang memberikan cenderamata kepada Plt. Sekda Kampar Ir. Nurahmi, MM pada Kunker Tim Revitalisasi Budaya Lokal di Kabupaten Kampar Provinsi Riau bertempat di Balai Bupati Kabupaten Kampar, Kecamatan Bangkinang Kota.(Photo :HOKI /Agus)  

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Koreografi Tari Kontemporeroleh : Zulkarnaen Syri Lokesywara
04-Apr-2017, 01:32 WIB


 
  Koreografi Tari Kontemporer Mahasiswa jurusan Seni Tari Semester IV ISI Surakarta melaksanakan ujian koreografi tari kontemporer menggunakan media benda keras di Teater Kecil ISI Surakarta, Senin, 3 April 2017. Berbagai benda keras digunakan sebagai media para mahasiswa mengeksplorasi gerak, mulai dari payung, kurungan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
MAKASSAR: Kota Plural dan Nyaman 19 Apr 2017 22:12 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia