KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahBupati Samosir Sampaikan Surat Protes Tentang Annual Fee kepada Gubernur Sumut oleh : Danny Melani Butarbutar
15-Des-2018, 14:30 WIB


 
 
KabarIndonesia - Samosir, Sebagaimana dilansir berbagai media cetak dan online di Sumatera Utara, juga telah diberitakan media ini, dua kepala daerah yakni bupati Samosir dan bupati Tapanuli Utara menyampaikan protes keras kepada Gubernur Sumatera Utara. Protes tersebut terkait SK Gubsu
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Ucup Kecil, Sang Penantang Takdir 15 Des 2018 11:22 WIB

 
 
DAERAH

Bupati Samosir Tabur Bibit untuk Restocking Ikan di Ronggurnihuta
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 01-Jun-2018, 13:31:13 WIB

KabarIndonesia - Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM didampingi Kepala Dinas Pertanian Erkanus Simbolon, melakukan penaburan bibit (restocking) ikan di Pea Aek Tawar (embung air tawar) desa Ronggur Nihuta, kecamatan Ronggur Nihuta, kabupaten Samosir, Kamis (31/5/2018).

Kadis Pertanian Erkanus Simbolon, dalam laporannya menyampaikan bahwa bibit ikan yang akan ditabur berjumlah 30.000 ekor yang terdiri dari ikan Nila 20.000, ikan Tawes 5.000 ekor, dan ikan Nilam 5.000 ekor yang bersumber dari PUSPIK (Pusat Pembenihan Ikan) Ambarita, Kabupaten Samosir binaan Provinsi Sumatera Utara.

Pada kesempatan tersebut, Camat Ronggurnihuta Sitor Silalahi, melaporkan bahwa setelah embung ini diperbaiki, dulu Bupati telah langsung menabur bibit ikan. "Ini adalah yang kedua kalinya dilakukan penaburan ikan di Pea Aek Tawar ini. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada Bupati Samosir atas perhatiannya. Kami bersama warga masyarakat Ronggur Nihuta akan menjaga embung Pea Aek Tawar ini serta bibit ikan ini. Kami telah sepakat untuk memanen pada saatnya nanti, demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat Ronggur Nihuta", sebut Sitor Silalahi.

Sementara itu, tokoh masyarakat Ronggurnihuta Erikson Sitanggang (Op. Elsa) menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pemerintah kabupaten Samosir, khususnya kepada Bupati Samosir karena sudah banyak memberikan perhatian dengan melakukan penaburan ikan di Pea Aek Tawar ini, mudah-mudahan dapat berkembangbiak sehingga bisa dipancing atau dipanen di kemudian hari.

“Masih banyak embung-embung di wilayah kecamatan Ronggur Nihuta yang masih bisa dibenahi. Semoga Bupati Samosir tetap memperhatikannya walaupun secara bertahap”, ujarnya seraya menyampaikan permohonan bibit pertanian lainnya.

"Sebenarnya daerah Ronggur Nihuta adalah pertanian, kami lebih banyak bertani, untuk itu kami juga bermohon agar kami diberikan bibit kopi atau bibit pertanian yang lain yang dapat kami manfaatkan dengan baik. Besar harapan kami bibit tersebut dapat kami terima pada tahun ini." pintanya langsung ke Bupati Samosir.

Selanjutnya, merespon laporan Camat dan permintaan tokoh masyarakat Ronggurnihuta tersebut, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan penaburan bibit ikan ini akan dilakukan minimal setiap 3 bulan sekali, sehingga kedepan diharapkan Pea Aek Tawar menjadi salah satu sumber ikan bagi masyarakat. Karenanya masyarakat diminta untuk menjaga dan memelihara dengan baik bibit ikan yang ditabur.

Namun, Bupati berharap agar para masyarakat sekitar jangan langsung memancing/mengambil ikan tersebut sebelum berkembang biak. Selain itu, Pea Aek Tawar ini juga diharapkan bisa menjadi salah satu tempat rekreasi dan memancing, oleh karena itu diharapkan dukungan dan kerjasama masyarakat sekitar untuk penataan lokasi.

“Saya minta jangan langsung dipancing apalagi menangkap dengan penangkap ikan massal, biarkan dulu berkembang biak. Pea Aek Tawar ini bisa dikembangkan menjadi tempat wisata dan memancing, hasil panennya juga bisa dikelola oleh BUMDes. Hasilnya juga untuk masyarakat, akan dibentuk kelompok untuk mengelola tempat wisata tersebut, kita pagar dan dikarcisi. Ini akan terwujud bila masyarakat peduli.”

Bupati Samosir juga meminta, agar pemilik lahan yang ada disekitar Pea Aek Tawar ini dapat melakukan pembenahan dan pematangan lahan sehingga tidak kelihatan kumuh dan banyak rumput liar dan tinggi. Menurutnya jika lahan sekitar embung ini sudah rapi dan bersih maka masyarakat bisa membuat 'gazebo', pemandangannya akan semakin indah, maka wisatawan pun akan berdatangan untuk memancing.

Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang baru Tombor Simbolon, SH, MM, Kepala Dinas PERA dan KPP Marang Situmorang, Camat Ronggurnihuta Sitor Silalahi serta Kepala Bagian Humas Sekdakab Siswanto Sinambela.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia