KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiKapal dan Ratusan Penumpang Tenggelam di Perairan Simanindo-Tigaras, Danau Toba oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Jun-2018, 04:08 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas tenggelamnya kapal penumpang bernama KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba tepatnya 500 meter menuju dermaga Tiga Ras, Simalungun, Senin (18/6) sore sekitar pukul 17.30 wib.
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

Surat Untuk Wakil Rakyat 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Bupati Samosir Diapresiasi Cepat Tanggapi Bencana Banjir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 03-Mar-2018, 13:41:03 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Tingginya curah hujan pada minggu terakhir Februari 2018 menyebabkan bencana banjir bandang yang merendam perkampungan, merusak areal sawah dan tanaman padi, juga menerjang fasilitas jalan dan jembatan serta terjadi tanah longsor di beberapa beberapa desa di kabupaten Samosir.

Diberitakan, pada hari Rabu (21/02) malam sekira pukul 20.00 WIB, telah terjadi banjir bandang yang merendam sawah penduduk dan perkampungan penduduk. Pada kejadian ini tidak ada korban jiwa dan beberapa bidang sawah pertanian padi yang mengalami kerusakan. Beberapa hari kemudian para petani baru bisa menanam kembali areal sawah padi yang mengalami kerusakan setelah banjir surut.

Diterimanya informasi dari masyakat tentang terjadinya banjir bandang dan kerusakan yang timbul, langsung mendapat perhatian serius Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon yang dengan sesegera mungkin melakukan peninjauan dan tindakan penanganan.

Sehari setelah terjadinya banjir bandang tersebut, tepatnya hari Kamis (22/02), Bupati Samosir didampingi anggota DPRD Samosir, Kadis PU-PR, Kadis PERA-KPP, Kadis Lingkungan Hidup, Kepala Bappeda, Kabag Humas, Kabag Umleng, Sekretaris Kominfo serta Camat Nainggolan dan Camat Onan Runggu, meninjau lokasi banjir bandang di desa Sinaga Uruk Pandiangan dan desa Sibonor Oppuratus kecamatan Nainggolan serta di Desa Sitinjak Pakpahan kecamatan Onan Runggu.

Selanjutnya, Bupati Samosir kembali menerima informasi bahwa telah terjadi bencana banjir mengakibatkan ambruknya jembatan yang menghubungkan dusun Lumban Siantar dengan dusun Huta Huru dan dusun Parmonangan kecamatan Nainggolan, juga pinggiran persawahan padi longsor.

Ditambahkan, curah hujan yang tinggi pada hari Selasa (27/02) malam telah menimbulkan air sungai meluap menggerus dyik jembatan dan menerjang pinggiran areal persawahan padi. Dan akibatnya mobilitas antar dusun terputus dan rusaknya areal persawahan penduduk.

Besoknya Rabu (28/02), Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM didampingi Kepala BPBD, Kepala Bappeda, Kabag Humas dan Camat Nainggolan, sambil meninjau lokasi ambruknya jembatan dan rusaknya areal sawah di kecamatan Nainggolan. Saat peninjauan tersebut, Bupati Samosir langsung memerintahkan Kepala BPBD dan Dinas terkait untuk mengatasi dan melakukan langkah-langkah penanganan yang cepat.

Sebagai wujud respon cepat dan perhatian Bupati Samosir terhadap masalah yang dialami masyarakat, selain meninjau langsung ke lapangan dilakukan juga penyerahan bantuan sembako.

Pada hari Jumat (02/03), Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Sosial menyerahkan bantuan paket sembako kepada 52 Kepala Keluarga yang mengalami banjir akibat meluapnya sungai Siliot di desa Sibonor Oppuratus kecamatan Nainggolan yang terjadi pada hari Rabu (21/2) yang lalu. Bantuan tersebut langsung diserahkan Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, Jumat (02/03). Turut mendampingi bupati, Plt. Kadis Sosial, Kadis PUPR, Kadis PERA-KPP, Kadis Kesehatan, Kadis Pertanian, Kepala Bappeda, Kabag Humas serta Camat Nainggolan.

Menanggapi kinerja Bupati Samosir yang dengan sigap, cepat mengambil langkah untuk mengatasi persoalan yang dihadapi masyarakat, para awak media yang sehari-hari bermitra dan menerima informasi langsung menyampaikan apresiasi kepada Rapidin Simbolon dan jajarannya.

"Mantap Pemkab Samosir dengan sigap dan cepat reaksinya tanggap bencana akibat terus-menerus curah hujan berlebihan. Masyarakat yang terkena dampaknya, semoga tabah dalam segala hal terjadi. Semoga Tuhan tetap melindungi Masyarakat karena tidak ada korban jiwa..Amin Tuhan." tulis awak media Mikronesia Sinaga.

Hal ini diakui juga oleh pewarta kabarindonesia yang selalu menerima langsung informasi kegiatan Pemkab dari Rapidin Simbolon, melalui akun WAnya. Memang demikianlah adanya, Bupati Samosir ini sambil bekerja dan berdoa, tidak pernah lupa membangun komunikasi.

"Ya..Tuhan lindungilah kami dan jauhkan segala bencana yg akan menimpa kami...itulah untaian Doa dari masyarakat yg terkena bencana yg kami kunjungi. Beberapa hari belakangan ini curah hujan cukup tinggi di Samosir mengakibatkan.. Ada 4 titik bencana alam di Samosir. 3 di kec Nainggolan desa Janji Marapot, tanah longsor 4 dapur rumah tergerus; Sibonor Ompuratus..banjir, Nainggolan Jembatan Putus dan Kec. Palipi Desa Pamutaran Longsor akses jln Putus, dan O.Runggu jln putus.. Semuanya sdh ditangani dgn baik...mohon doaNya." tulis Rapidin kepada pewarta kabarindonesia.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Indonesia Idol Guncang Tarutungoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
02-Jun-2018, 13:11 WIB


 
  Indonesia Idol Guncang Tarutung Maria Simorangkir juara Indonesia Idol 2018 mengguncang ribuan massa yang menghadiri kampanye akbar pasangan cabup/cawabup Tapanuli Utara JTP Hutabarat/Frengky Simanjuntak Kamis (31/5). Dua pasangan lainnya Nikson Nababan/Sarlandy Hutabarat dan Chrismanto Tobing/Hotman Hutasoit sudah melaksanakan kampanye akbar sesuai urutan yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Peradaban Barat dan Timur 22 Mei 2018 13:51 WIB

 

 

 

 
Jadwal Piala Dunia 2018 13 Jun 2018 04:50 WIB

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia