KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiBerkat di Balik Wabah Corona oleh : Fida Abbott
09-Apr-2020, 01:17 WIB


 
 
KabarIndonesia - Tahun 2020 ini merupakan tahun bersejarah bagi dunia. Siapa yang tak kenal Covid-19? Makhluk kasat mata ini menjadi populer di mana-mana saat ini. Dia bukan pahlawan dunia yang umumnya dikenang sepanjang masa melainkan sebuah musuh yang dikenal oleh masyarakat
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemunafik 05 Apr 2020 16:00 WIB

Rembulan di Celah Matamu 07 Mar 2020 15:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

Bupati Samosir: Tidak Panik Tetap Tenang Waspada dan Hindari Kontak Fisik
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 17-Mar-2020, 14:18:32 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Dalam rangka mendukung program pemerintah mencegah penularan virus corona, dan mencermati arahan Presiden Jokowi kepada Instansi Pemerintah (Lembaga/Kementerian/Daerah), Bupati Samosir meminta warganya untuk tidak panik, tetap tenang, waspada dan menghindari kontak fisik.

Hal itu disampaikan Bupati melalui Surat Edaran nomor 7 tahun 2020 tertanggal 16 Maret 2020 tentang Kewaspadaan Terhadap Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Selain itu, dalam surat edaran tersebut Bupati juga meminta warga untuk hidup sehat dan bersih serta menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Dan poin penting dimintakan untuk tidak melakukan penyebaran berita yang belum terkonfirmasi.

Sebelumnya, untuk meminimalisasi penyebaran Virus Corona Covid-19 di wilayah Kabupaten Samosir, DPRD Samosir meminta Bupati Samosir untuk menutup dan menunda sementara pusat keramaian yang salah satunya adalah Pasar di seluruh kabupaten Samosir.

"Pada rapat hari ini, bersama Sekda Samosir dan para kadisnya, kita sudah memberikan rekomendasi untuk menunda sementara Onan (red: Onan) seluruh Samosir, itu karena termasuk tempat keramaian juga, seperti misalnya Onan Pangururan, itukan onan seluruh warga Samosir," jelas Ketua DPRD Samosir Saut Martua Tamba ketika dikonfirmasi greenberita pada Senin, 17 Maret 2020 melalui selulernya.

Lebih lanjut dikatakannya, DPRD Samosir juga meminta Dinas Pendidikan untuk meliburkan anak sekolah dan minimal ada kebijakan dan himbauan kepada sekolah-sekolah seperti melakukan cuci tangan ketika masuk dan keluar ruangan sekolah masing-masing.

Terkait adanya kebijakan Kepala Daerah untuk meliburkan sekolah, Bupati Samosir mengaku jika pihaknya masih membahas dengan Forkompimda.

"Surat edaran yang ada di media sosial itu benar adanya, khusus untuk sekolah apakah diliburkan atau tidak masih dibahas bersama Forkopimda, nanti akan diumumkan juga," tegasnya, seraya meminta media untuk menyebarluaskan ke publik.

Selanjutnya untuk disebarluaskan, berikut dikutip isi Surat Edaran Bupati Samosir No. 7 Tahun 2020 tertanggal 16 Maret 2020, tentang kewaspadaan terhadap penularan infeksi Corona virus disease (Covid-19) di Kabupaten Samosir, sebagai berikut:

1. Diminta kepada masyarakat agar tidak panik, tetap tenang, waspada dan menghindari penyebaran berita yang belum ter-konfirmasi.

2. Agar berlaku hidup sehat dan bersih, serta menjaga stamina dan daya tahan tubuh.

3. Sebagai tindakan pencegahan, diminta kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan, sering cuci tangan dengan sabun, gunakan masker bila batuk atau pilek, konsumsi gizi yang seimbang, perbanyak makan sayur dan buah, rajin olahraga dan istirahat yang cukup, hati-hati kontak dengan hewan.

Kemudian, menjaga kebersihan lingkungan, tidak merokok, minum air putih minimal 8 gelas perhari, jangan mengkonsumsi makanan yang tidak masak sempurna.

Menghimbau warga masyarakat dan warga sekolah untuk tidak berbagi makanan dan minuman termasuk peralatannya serta alat musik tiup yang dapat meningkatkan resiko penularan penyakit.

Menghimbau kepada warga masyarakat dan sekolah untuk menghindari kontak fisik secara langsung (bersalaman, cium tangan, berpelukan dan seterusnya). Mengurangi atau menunda menghadiri kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

Selanjutnya, bila harus mengunjungi tempat ramai (pasar/pekan, antrian, stasiun bus/dermaga) agar mengatur kontak tubuh minimal 1 meter. Bila menggunakan fasilitas umum (ATM Bank, warnet dan lain-lain) agar terlebih dahulu melakukan cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

4. Bila ada gejala demam, batuk, sakit tenggorokan serta sesak nafas, pakai masker dan segera ke fasilitas kesehatan terdekat untuk memeriksakan diri.

5. Agar tidak memborong dan menimbun bahan pangan atau kebutuhan lainnya untuk menjaga kestabilan perekonomian masyarakat.

Menutup surat edaran tersebut, dikatakan bila ada hal yang perlu dipertanyakan tentang Corona virus disease (Covid-19) dapat menghubungi call center Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Kesehatan (0821 6071 3177) dan Dinas Komunikasi dan informatika Kabupaten Samosir (0822 7690 1978).(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 
Cara Mudah Mulai Investasi Saham 27 Mar 2020 16:14 WIB


 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia