KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalHumas Indonesia Butuh Dewan Kehumasan oleh : Rohmah Sugiarti
10-Des-2017, 23:29 WIB


 
 
KabarIndonesia – Profesi Hubungan Masyarakat (Humas) atau Public Relations (PR) di Indonesia butuh sebuah lembaga independen yang bertugas membina pertumbuhan dan perkembangan kehumasan nasional. Kebutuhan ini semakin relevan dan mendesak dengan dibukanya keran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang membuka akses
selengkapnya....


 


 
BERITA TOP REPORTER LAINNYA






 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Jatuh Cinta Kepada Telaga 26 Nov 2017 11:31 WIB

Dunia Imitasi 23 Nov 2017 15:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Top Reporter HOKI September 2017: Kapal Induk Karya Jurnalistik yang Terkandaskan Aturan Perusahaan Media

 
TOP REPORTER

Top Reporter HOKI September 2017: Kapal Induk Karya Jurnalistik yang Terkandaskan Aturan Perusahaan Media
Oleh : Redaksi HOKI | 13-Okt-2017, 22:06:58 WIB

KabarIndonesia - Tepat 45 tahun lalu, Argopandoyo Tri Hanggono dilahirkan di Kota Jakarta, sebagai anak ketiga dari pasangan W. Sudaryo dan Martha Beetje.

Ayah dua anak ini memiliki ketertarikan pada dunia jurnalistik sejak mengikuti kegiatan penerbitan Warta Yohanes milik GPIB Jemaat Yahya Jakarta, sebuah gereja yang terletak di bilangan Grogol Jakarta Barat.

Sebagai bagian dari masyarakat, seperti mahasiswa masa itu, pria kelahiran tanggal 14 April ini menerjunkan diri ke dunia Gerakan Mahasiswa tahun 1998 untuk gerakan reformasi sosial Indonesia.

Usai menamatkan pendidikan Komunikasi Jurnalistik di Universitas Mercu Buana Jakarta tahun 2001, ia mencoba menekuni dunia jurnalistik. Mulai dengan menerbitkan Warnes Magazine dan warnesnews.com di tahun 2002-2006, Dan dengan harapan bisa lebih mendalami dunia pemberitaan pada lingkup yang lebih terfokus, lelaki yang disapaa Argo ini menjajaki pendidikan strata dua di Sekolah Tinggi Teologia Jakarta Jurusan Pewartaan program studi magister Ministry. 

Kondisi perekonomian Indonesia yang belum stabil saat itu, memaksa ia dan teman-temannya menutup penerbitan Warnes Magazine-nya. Sedangkan situs warnesnews.com yang menyertai penerbitan pun ikut terbengkalai, lantaran belum popularnya media pemberitaan online pada masa itu, terutama untuk penjangkauan iklan.

Kondisi saat itu juga berdampak pada proses pendidikannya di STT Jakarta, yang ikut terhenti   Hidup tanpa pendapatan tentunya akan menyulitkan kehidupan siapa pun. Dengan keberadaannya, suami dari Selanova Mandagie ini pun mencoba untuk menyertakan dirinya dalam kehidupan dunia radio pada tahun 2006. Dan perusahaan radio yang menerimanya adalah P.T Radio Pelita Kasih Jakarta. Sebuah radio yang saat itu menjalankan kerja sama dengan Radio Singaprua Internasional, radio Deutsche Wele, radio Voice of America, dan Radio Nederland Wereldomroep.  

Dalam kehidupan berjejaring dengan pihak radio-radio tersebut dunia jurnalistik kiat terdengar lebih luas dan terlihat lebih lebar lagi. Seluas penglihatan dan dan selebar pendengaran, kian menyelaraskan perkembangan teknologi bagi dunia jurnalistik.

Dari perkembangan teknologi komunikasi yang perlu dirangkul oleh media-media konvensional, mempertemukan Argo dengan sebuah situs pemberitaan Kabar Indonesia, di tahun 2009, melalui sebuah seminar perkembangan media.  

Format radio informasi yang memiliki berbagai program pemberitaan dengan muatan edukasi masyarakat, ternyata memiliki keharusan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi baru. Dengan kesadaran dan keyakinan, bahwa teknologi baru yaitu jejaring internet bukan untuk diantisipasi, namun dirangkul, maka kemasan media konvensional juga harus memiliki kemasan dalam teknologi baru.  

Audio yang menjadi teks dalam jaringan internet pada kahirnya mengangkat kembali pertemuan di tahun 2009 bersama Kabar Indonesia, yang pada tahun 2012, situsnya telah mengalami penambahan nama menjadi Harian Online Kabar Indonesia.

Kesadaran keterbatasan penuangan karya jurnalistik yang berkonten tidak sesuai dengan harapan perusahaan media, tentunya mempertebal sekat berekspresi dalam kehidupan jurnalistik.  

Karya jurnalistik yang dapat dipertanggung jawabkan itu menjadi karya yang harus terhempas oleh perjalanan waktu. Bila hal ini terus berlangsung akan banyak peristiwa-peristiwa yang perlu diinformasikan akan hilang ditelan waktu. HOKI pada posisi ini adalah kapal induk pilihan bagi hati yang ingin mengabarkan dan memberitahukan karya jurnalistik yang terkandaskan aturan dari sebuah perusahaan media.  

Terlepas sebagai pewarta warga atau pun pewarta profesional, Harian Online Kabar Indonesia kini menjadi tempat bersama untuk mengabarkan setiap peristiwa di Indonesia bagi pembaca yang bukan hanya di negeri Belanda, namun juga di berbagai-bagai tempat di muka bumi ini.

Harian Online Kabar Indonesia yang mempersilahkan kebebasan yang dapat dipertanggung jawabkan dalam sebuah karya jurnalistik, dapat membantu ekspresi seorang penulis bagi masyarakat dari kebutaan informasi. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kemeriahan Konser Akhir Tahun JOOX Festival Hura Ceria 2017oleh : Rohmah Sugiarti
10-Des-2017, 23:02 WIB


 
  Kemeriahan Konser Akhir Tahun JOOX Festival Hura Ceria 2017 Kota Bandung sempat diguyur hujan deras sejak siang, rupanya animo kaum muda dan pecinta musik tidak ikut surut sesudah hujan. Sesuai jadwal, tepat pukul 16.00, panggung “JOOX Live Festival Hura Ceria”, yang diadakan pada Sabtu, 9 Desember 2017 di Lapangan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Mengenang Hari Juang Kartika 13 Des 2017 11:39 WIB

 

 

 
Peta Pilgub Jateng 2018 12 Des 2017 12:44 WIB

 

 

 

 
Hasapi dan Sarune Batak 05 Des 2017 02:46 WIB

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia