KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
PendidikanMendikbud Nadiem Anwar Makarim Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar” oleh : Danny Melani Butarbutar
12-Des-2019, 16:26 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Siaran Pers Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mengabarkan bahwa untuk menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem
selengkapnya....


 


 
BERITA PROFIL LAINNYA










 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Opera Afeksi 08 Des 2019 14:27 WIB

Perih Paling Parah 26 Nov 2019 19:35 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Yuk Makan Sate 14 Des 2019 06:57 WIB


 

Sang Perancang Mode Batik

 
PROFIL

Sang Perancang Mode Batik
Oleh : Redaksi HOKI | 14-Apr-2018, 18:54:20 WIB

KabarIndonesia - Anthony Bachtiar memang dikenal dengan rancangannya yang mengeksplorasi kain-kain tradisional Indonesia seperti batik dan tenun ikat. Bahkan ia sering sekali merancang batik sebagai gaun pesta. Ini adalah kreativitas di luar pakem, karena batik sebelumnya hanya dimanfatkan sebatas kain untuk kebaya semata.

Ia dikenal karena menghadirkan batik dalam sentuhan modern dan global. Setiap lini kehidupan di zaman kini, sekarang dapat memakai batik, salah satunya atas jasa Anthony Bachtiar. Dia merancang sehelai batik menjadi aneka busana kasual, busana kantor, pakaian perempuan terusan, gaun malam, kebaya, tunik, abaya, sampai gamis. Busana batik untuk lelaki juga dia pikirkan. Kreasi batiknya bahkan bisa dikatakan melewati batas imajinasi para perancang.

Berikut ini kami lampirkan kembali hasil wawancara KabarIndonesia dengan sang disainer batik kelas dunia Anthony Bachtiar beberapa waktu lalu.

"Saya suka menggunakan batik untuk design pakaian saya, karena batik menurut saya adalah karya seni yang tinggi. Pada setiap guratan dan titik-titik mempunyai makna filosofis. Batik yang dibuat secara tulis itu hanya ada satu. Kalau pun mau dibuat serupa namun tidak sama karena guratan tangan tidak bisa persis seperti pada mesin untuk membuat dua atau lebih gambar batik yang sama.

Oleh sebab itu pula hampir dalam setiap pertunjukkan fashion show yang saya selenggarakan atau ikuti, selalu saya tampilkan batik atau setidaknya tenun Indonesia.Kecintaan saya kepada batik sejak saya duduk di bangku SMA. Pada waktu liburan, saya sering mengunjungi Yogya dan Solo serta sentra batik lainnya untuk menikmati keindahan dan keanggunan batik.

Batik tidak lagi dipandang kuno, tetapi menjadi bagian dunia fesyen kaum muda. Bahkan menjadi gaya hidup. Konsep disain Batik saya  menjadi out of the box tetapi juga inside the box. Saya selalu tetap berusaha memberikan kreasi baru dengan batik, namun juga harus menjaga pakem yang ada.

Membuat kain batik sudah dipraktekan lebih dari 1000 tahun yang lalu di dunia dan di Indonesia sudah sejak tahun 1800 Masehi. Melewati ribuan masa tersebut batik hingga kini masih terus bertahan. Batik tidak hanya diperdagangkan di pasar-pasar tradisional, tapi telah masuk di mal-mal modern. Bahkan batik disenangi oleh para pemimpin dunia misalnya Nelson Mandela, Ronald Reagan, dan Bill Clinton.

Namum seni membuat batik itu rupanya tidak berhenti pada suatu jaman atau generasi karena para pembatik selalu meneruskan dan mewariskan karya dan usahanya secara turun temurun. Jadi batik itu tak lekang atau tak pernah mencapai masa akhir karena setiap generasi mempunyai kreasi yang berbeda beda tanpa harus meninggalkan atau melupakan motif-motif klasik.

Dengan demikian setiap generasi mempunyai style dan motif batiknya sendiri. Busana klasik seperti batik dan kebaya sebetulnya mampu bersaing dengan busana modern. Meski begitu, para perancang harus melakukan berbagai kreasi agar batik, kebaya maupun tenun tampil dengan model yang lebih mengikuti perkembangan zaman. 

Saya berharap kaum muda tidak hanya mulai memakai batik, tetapi juga paham filosofi di baliknya. Misalnya, mereka mengerti bahwa kawung adalah motif terlama yang bisa ditemukan di candi-candi. Arti kawung sendiri adalah cahaya di atas cahaya. Mengisahkan cerita tentang hubungan manusia dengan Tuhan.

Saya berhasrat untuk menampilkan batik dalam acara fashion show di Eropa, karena Eropa itu adalah kumpulan Negara yang berkebudayaan tinggi dan sangat menghargai seni klasik. Oleh karena itu saya ingin memperkaya budaya klasik tersebut dengan menghadirkan batik sebagai bagian dari kekayaan budaya dunia yang tinggi khususnya pada bagian fashion.

Agar para pembaca KabarIndonesia bisa lebih menghayati Fashion Show Batik, maka saya tampilkan  beberapa contoh batik yang digelar pada Fashion Network Amerika. Silahkan klik: http://us.fashionnetwork.com/galeries/photos/Anthony-Bachtiar,27799.html." (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utaraoleh : Sesmon Toberius Butarbutar
25-Sep-2019, 15:25 WIB


 
  Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara Camat Nassau Timbul Sipahutar (kiri) meninjau Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (25/09/2019)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pemilu Spanyol Diulang 18 Nov 2019 12:05 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 
LILIN ADVENT-NATAL 08 Des 2019 16:13 WIB

Kesehatan Manusia Dalam Alkitab 05 Des 2019 11:08 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia